batak itu keren

Perkenalkan : Komunitas TobaLover….

Posted on: 23 Agustus, 2009

Logo Komunitas TobaLover

Logo Komunitas TobaLover

Oleh : Robert Manurung

Horas.

Apa kabar sahabat-sahabatku ? Aku sangat menghargai kesetiaan teman-teman yang tetap mengunjungi blog ini, meski sudah sangat jarang ada postingan baru. Mudah-mudahan saja setelah ini aku dapat mengupdate blog kita ini secara teratur.

Mungkin di antara teman-teman masih ada yang ingat, tahun lalu aku sudah berniat menutup blog ini. Bahkan, pada waktu itu, aku sudah siapkan domain penggantinya, yaitu tobalover.com. Namun kenyataannya, terutama berkat saran Anda semua, aku tetap mempertahankan keberadaan blog ini, Sementara itu situs tobalover pun tetap belum kuluncurkan.

Memang, dalam delapan bulan terakhir, waktuku banyak tersita oleh keasyikan baru di jejaring sosial Facebook. Salah satu hasil dari eksplorasiku di sana adalah terbentuknya Komunitas TobaLover.

Inilah gambaran singkat tentang TobaLover :

Visi
Penyelamatan/pelestarian Danau Toba dan lingkungan sekitarnya hanya akan berhasil jika penduduk setempat berperan sebagai aktor, bukan hanya figuran, penonton atau malahan ikut merusak. Untuk itu masyarakat setempat perlu diedukasi dan diberdayakan, dengan pendekatan sosio-kultural yang tepat dan kegiatan-kegiatan yang memberikan insentif ekonomi.

Misi
Mengadakan kampanye melalui media massa, melakukan penyuluhan-penyuluhan, memberikan edukasi dan percontohan, serta bertindak sebagai fasilitator demi mendorong masyarakat menjadi pelaku utama penyelamatan Danau Toba dan sekaligus melestarikan/merevitalisasi budaya setempat.

Sifat Organisasi

TobaLover bersifat independen, inklusif, dan multikultur. Siapa saja pecinta lingkungan, khususnya pecinta Danau Toba dan budaya Batak, silakan bergabung.

Saat ini, Komunitas TobaLover belum berbadan hukum, namun demi keleluasaan geraknya dalam urusan-urusan bersifat resmi,  komunitas ini  segera dilengkapi formalitas-formalitas yang sesuai dengan ketentuan.  Kendati begitu, TobaLover akan tetap mempertahankan sifat dan karakternya sebagai “paguyuban”.

Keanggotaan

Hingga saat ini, keanggotaan TobaLover baru berupa membership pada Group TobaLover yang terdapat di Facebook. Jumlah membernya hampir 5.000 orang. Namun, keanggotaan ini tidak mencerminkan komitmen dan loyalitas pada komunitas, karena anggota FB bisa saja “mengkonfirm” jadi anggota sebuah group tanpa pernah mengunjunginya.

Oleh karena itu keanggotaan TobaLover akan segera ditata, dan sangat diharapkan inisiatif serta partisipasi dari kalangan muda–utamanya para pelajar dan mahasiswa–yaitu dengan membentuk unit-unit TobaLover di sekolah dan kampus masing-masing. Hal yang sama bisa juga dilakukan oleh para pekerja, naposo bulung atau para perantau di kota tertentu. Misalnya saja di Jerman, sangat mungkin untuk membentuk unit TobaLover di Frankfurt, Bonn dan kota-kota lain.

Bagaimana caranya ? Gampang. Ajukan saja usulan untuk membentuk unit TobaLover di tempat Anda, kirimkan ke tobalovers@yahoo.com.

Program

Pada saat ini Komunitas TobaLover sedang mengadakan Lomba Karya Tulis (LKT) bagi pelajar SMP dan SMA di 7 kabupaten yang bersinggungan dengan Danau Toba. Lomba bertema “Danau Toba Yang Kucinta”, dengan hadiah total Rp 25 juta ini, bertujuan menanamkan secara dini kepedulian di kalangan remaja dan pemuda setempat mengenai krisis lingkungan di Danau Toba dan sekitarnya.

Bersama dengan lomba ini, akan diadakan pelatihan singkat untuk membekali para penggiat dan relawan lingkungan di Tapanuli mengenai pengetahuan dan strategi mengedukasi masyarakat. Pelatihan akan diberikan oleh Yuyun Ismawati, aktivis lingkungan yang tinggal di Bali, dan baru-baru ini mendapat penghargaan internasional Goldman Environmental Prize 2009. Penghargaan yang sering juga disebut Nobel Lingkungan ini diterima oleh Yuyun langsung dari tangan mantan Wapres AS,  Al Gore, dalam sebuah acara di San Fransisco beberapa bulan lalu.

Seusai LKT, yang penyerahan hadiahnya bakal dilaksanakan pada perayaan Hari Pahlawan 28 Oktober 2009, TobaLover sudah siap dengan program-program lanjutan. Tetap konsisten dengan misi utamanya di bidang edukasi masyarakat–demi penyelamatan Danau Toba dan lingkungan sekitarnya–, TobaLover akan mengadakan pendekatan ke sekolah-sekolah di Tapanuli agar program ekstrakurikuler diarahkan berorientasi lingkungan. Selanjutnya TobaLover akan merintis pilot project pengelolaan sampah terpadu di salah satu Sekolah Dasar yang berlokasi di tepi Danau Toba.

Itulah sekilas tentang Komunitas TobaLover. Sekiranya Anda tertarik untuk bergabung, memberikan donasi ataupun untuk mengetahui lebih jelas mengenai komunitas ini, silakan kirim pengajuan, usulan atau pertanyaan ke emailku : tobalovers@yahoo.com.

Terima kasih. Horas.

Catatan : logo TobaLover yang ditanpilkan di atas adalah hasil kreasi Imelda Hutapea.

10 Tanggapan to "Perkenalkan : Komunitas TobaLover…."

Ini salah satu Batak Keren.
Mencantumkan namanya dibelakang marganya, silahkan diintip link berikut:

saya sangat mendukung seoenuhnya kehadiran web tobalover, bung robert. kalau memang sudah siap, kenapa ndak segera diluncurkan. saya yakin, di bawah pengelolaan bung robert, kehadiran web ini bisa menjadi kekuatan kontrol agar keberadaan danau toba dan lingkungan sekitarnya bisa menjadi lebih diperhatikan.

@ Charlie M Sianipar

Lae. tung bangga do iba mamereng boru hita halak Batak i tampil di Pentas World Miss Universe, alai pakaianna dang gabe cormin tu Boru ni Raja i, aut sugari ma nian i pake ito an ni ulos Batak i , tung maccai uli ate?

Dilematis memang molo mangihuton ajang acara na songoni bah

@Charlie M Sianipar

Terima kasih lae kirimannya, link video acara Mis Universe, dimana Zizi Siregar sedang ikut berkompetisi. Semoga dia menang untuk mengenalkan pada dunia : Batak Itu Keren.

Mauliate
Horas

@Sawali TUhusetya

Web itu sudah stand by lebih dari setengah tahun, mas. Sudah siap dipublish. Masalahnya adalah kesibukan para pengasuhnya, sehingga ada kekuatiran kontibuitas updating tidak terjaga.

Terima kasih mas Sawali atas dukungannya.
Merdeka!
Horas.

Tetep semangat ya pak untuk Toba Lover
(malu nih gue… gak pernah aktif di FB Toba lover hehehe)

yup.. maju terus Toba Lover

Pencipta A-lam Semesta memberikan telenta yang indah kepada manusia, sekecil apapun telenta yang diberikan mau memberikan yang terbaik buat orang banyak sangat berguna. membangun kesadaran sangat diperlukan untuk membuat hal yang terbaik, agar sedikit demi sedikit dapat mencintai Budaya dan Lingkungan hidup. andai semua Bangso Batak mau melakukan kemungkinan Batak akan Indah di masyarakat dan didunia. Semoga Pencipta A-lam semesta memberkati dan diberikan kekuatan dalam berkarya.
Tobalover berjaya terus

horas
Batak Center

horas………
setuju hian ma iba di visi misi tobalover on laeQ,
baen hamu attong kegiatan real na, asa boi iba dohot di kegiatan pelestarian na lae, sahali sataon sude pengnjung blok on marpungu pahiason tao tobai kan mantav, sekalian ajang marsitandaan hita :D:D hehehe

alaii molo boi.. marbahsa batak ma baen hamu isi ni blok muna on laeQ, asa boi sambil marsiajar iba :D:D hagahgahg
sukses selalu laeQ

aku cinta danau toba…
tapi bang ini cuma saran, kenapa logo tobalover..tidak mencermikan budaya di daerah danau toba, yang banyak dikenal sebagai temapatnya orang batak. bang kunjungi blog aku ya siapa tau kita dapat berdiskusi..

http://de8lapan.wordpress.com

Horaass….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 454,535 hits

Arsip

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: