batak itu keren

Gerakan Penyelamatan Hutan Lindung Dairi

Posted on: 13 Juni, 2008

Horas,

Saat ini kawasan Hutan Lindung Register 66 di Batu Ardan, Dusun Sopokomil, Desa Longkotan, Kecamatan Silima Pungga-pungga, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara sedang terancam dialih fungsikan. PT Dairi Prima Mineral sudah memasukkan pengajuan untuk mendapatkan izin dari Menteri Kehutanan untuk mengeksplorasinya.

Kawasan hutan lindung tersebut adalah habitat harimau Sumatera dan 20 jenis tanaman langka. Menurut Walhi Sumatera Utara, saat ini harimau di kawasan itu tinggal sekitar 15 ekor. Sebagian besar sudah “mengungsi” ke Aceh Selatan, karena terusik oleh aktivitas penambangan seng dan timah hitam yang dilakukan PT Dairi Prima Mineral di perbatasan hutan lindung tersebut.

Selain sebagai “rumah” hewan dan tanaman langka, hutan lindung tersebut adalah bagian dari sistem ciptaan Tuhan yang menjaga keseimbangan ekologi Danau Toba dan sekitarnya.

Oleh karena itu kami merasa tergerak untuk mengajak semua warga negara Indonesia yang peduli kelestarian alam dan lingkungan hidup, terutama orang Batak di mana saja : mari kita selamatkan kawasan Hutan Lindung Register 66 di Batu Ardan, Desa Sopokomil, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Mari kita lakukan dengan segala cara yang mungkin dan sah untuk menekan Menteri Kehutanan, agar jangan mengeluarkan izin eksplorasi hutan lindung tersebut. Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih meridhoi dan memberkati perjuangan kita.

Jakarta, 13 Juni 2008

Raja Huta & Suhunan Situmorang

————————-

Berikut ini adalah daftar tanda dukungan, kalau memang Anda bersedia mendukung gerakan ini dengan berbagai cara yang mungkin, yang nantinya akan kita koordinasikan.

Pendukung Gerakan Penyelamatan Hutan Lindung Dairi :

1. Raja Huta (Jakarta)

2. Suhunan Situmorang (Jakarta)

3. Desy Hutabarat (Jakarta)

4. Poltak Simanjuntak (Medan)

5. Ucok Lubis (Jerman)

6.Ahmad Maulana Agung/Gelandangan (Makassar)

7.S.Hutabarat/Tappang (Jakarta)

8. Marudut Pasaribu (Jakarta)

9.Halida Srikandini br Simanjuntak (Tangerang)

10.Johnson Panjaitan (Jakarta)

11. Riska Rajagukguk

12. Charlie M.Sianipar (Jakarta)

13. Harriansyah/siHarri (Jakarta)

14………………(silakan isi nama Anda)

* Untuk memudahkan komunikasi selanjutnya, mohon disertakan alamat email Anda, dan sebutkan daerah/kota/negara tempat domisili Anda.

===============================================================

http://www.tobadreams.wordpress.com

26 Tanggapan to "Gerakan Penyelamatan Hutan Lindung Dairi"

Au ito
Desy Hutabarat

Pengalaman advokasi hutan di Sumut tidak terlalu menggembirakan. Salah satu isu yang hampir berhasil diperjuangkan, tahun 1995 – 1999 adalah perlawanan terhadap upaya perusakan hutan oleh PT. Inti Indorayon Utama yang sekarang ganti kulit menjadi PT. Toba Pulp Lestari (TPL).

Belajar dari pengalaman ini, saya usul agar advokasi terhadap Hutan Register 66 Batu Ardan dilakukan secara sistimatik, bersama-sama sebab ini merupakan kasus struktural yang melibatkan “pengambil keputusan”, sang Menteri Kehutanan.

Antara gerekan nasional, harus bersamaan juga dengan upaya pengorganisasian masyarakat di dekitar hutan. Tentu harus melalui upaya sosialisasi Dampak, pembukaan hutan bagi masyrakat dan ekologi.

Tentu perlu ada pembicaraan, Siapa Melakukan Apa???

Saya, setuju ada gerakan melawan upaya pengalihfungsian Hutan Register 66, apalagi untuk kepentingan pertambangan yang lebih banyak mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Horas, N.juah-juah.

Aku bersedia turut mendukung gerakan penyelamatan hutan lindung di Dairi tersebut.

wahhh saya ikut juga selamatkan HUTAN kasian kekayaan alam kita rusak oleh tangan-tangan jahil.

Hutan dikalimantan yang sangat perlu di Pantau karena itu adalah aset masa depan Negara

Pak Poltak Simanjuntak bukan di Bandung, Tapi di Medan kalau saya di Bandung amang…🙂

Horas

Saya setuju dengan usul lae Poltak Simanjuntak. Karena secara administratif, upaya perusakan hutan lindung seperti di dairi ini sudah dilegalkan melalui Peraturan Pemerintah no. 2 Tahun 2008.

Jadi, perlawanan harus sistematis, harus juga didukung oleh masyarakat Dairi (terutama) dan pihak-pihak lain.

Lihat juga:
http://www.togarsilaban.com/2008/03/10/menyewakan-hutan-untuk-menuai-bencana/

Perlu gerakan besar untuk menghambat pembalakan hutan itu.

Demi penyelamatan ekosistem yang makin rusak oleh keserakahan para kapitalis, saya juga ikut mendukung agar Departemen Kehutanan tidak memberi izin untuk eksplorasi hutan lindung di Dairi.

Aku juga tidak setuju hutan dihajar. Amerika Serikat saja belum mau menandatangani perjanjian konpensasi terhadap eksploitasi hutan, masak kita harus setuju hutan kita dirusak.

Semoga penguasa negeri ini sadar dan berbuat sesuatu yang nyata untuk melestarikan hutan dan danau dan lingkungan.

mendukung penuh, hutan pinus di wilayah dairi, sidikalang indah sekali sangat disayangkan kl dihiraukan begitu saja. meski kmrn kesana ak setup kantor perwakilan buat di kantor yg disebut2 diatas😀

save our forest !!!

ito…. masukkan namaku yahhh

HALIDA SRIKANDINI br SIMANJUNTAK

aku tak mengerti…. ntah apa yg ada di utok2 para petinggi negeri ini… yg hutan lah mo di habisi dgn berbagai dalih… tak adanya rasa takut mereka pada amukan alam yg terus silih berganti… atau malah ini dianggap peluang ‘proyek’ untuk menambah harta??????

rasanya semakin lama rakyat negeri ini makin tak butuh ma pemimpin negara seperti itu… rakyat justru makin tau apa yg harus dilakukan tanpa para pemimpin rongsokan seperti mereka!

apa mereka ngk pernah merasakan kalinya segarnya udara yg bersih di gunung/pantai yg juga bersih… mereka buta dgn indahnya alam yg menghijau segar dan tuli akan merdunya kicau buruang di pepohonan….

Hutan memang harus dilestarikan, Amang. Tapi tindakan nyata lebih penting dalam konteks Indonesia ini. Ilmuwan gak kurang, dana dan anggaran reboisasi gak kurang juga, kegiatan -program-proyek gak kurang juga, tindakan hukum pun gak kurang juga.
tapi sayangnya, pelanggaran pun gak kurang juga, malah berlebih!
Karenanya, gerakan nyata lebih penting. Dan kudukung itu, Amang. Kita kerjakan bersama pelestariannya, sedih aku melihat Indonesia ini. Lebih sedih lagi lihat tano batak yang jadi gak uli lagi sekarang.
Kabari aja tindakan kita selanjutnya apa. Dalam kapasitasku yang terbatas, mungkin aku bisa bantu semampuku.

hayo demo trus. sampe titik penghabisan

Mereka menyebutnya Tambang tertutup.
Tetap saja akan menimbulkan kerusakan ekosistem.

Pemerintah Daerah akan mendapatkan pendapatan dari usaha tambang ini.
Kalau ini dikelola dengan baik tentu bermanfaat.
Bila itu jadi sumber dana yang akan dikorupsi ?

Penduduk memang mendapat lapangan pekerjaan, tapi itu hanya sementara, hanya beberapa tahun.

Untuk jangka panjang, bencanalah yang akan ditinggalkan proyek pertambangan ini. Apakah penduduk Dairi sudah melihat ini.

Harus dilawan, sudah telalu banyak pengrusakan alam di Sumatra, terutama di Tano Batak.

Aku setuju hutan lindung tetap lestari bahkan ditambah. Ingat konvensi Global Warning. Tapi aku kwatir jika ada banyak warga setempat justru nafsu gak tahan menunggu agar hutannya segera “dirusak.” oleh investor itu, dengan harapan merubah kehidupan ke yang lebih baik. Ini perlu solusi !!! . Adu domba mengintai setiap saat “perusak” lingkungan menanam giginya di lokasi.( Aek Siguragura ?, Freeport ? apa itu?) Mari menjaga Bona pasogit utk selamanya.

bah…bah…nga marseor seor hutanta…
aidia dei, apala saotik annon ndang adong teba be..

songon on do amang inang, saluhutna halak hita.

ehm…ehmm……

kalau mau menyadarkan para pelaku perusak ini, saya kira ga bisa lagi karna moral nya udah rusak banget. Mereka udah ngliat hutan tu seperti duit segepok-gepok dan sudah pasti untuk dikantongi. Jadi Kalau bisa semua pihak yang punya otoritas untuk mengamankannya langsung tegas aja, kalau ga tembak kaki di tempat ato jatuhi hukuman 20 tahun penjara.
Kalo ini udah di wujudkan, hasil prakteknya dilapangan harus benar-benar di siarkan di semua media masa, sehingga para pelaku yang tadinya mau jd suruhan para bos bos buncit tak bermoral itu jadi berpikir dua kali.

Segitu dulu masukan ku, kalo terlalu banyak nanti jadi terlalu membuka aib para pelaku…he he he..
Soalnya aku punya kenalan anak-anak walhi….

Sahat sahat ni solu sahatma tu bontean
sai leleng hita mangolu sahat tu panggabean

(ima tutu)
botima sian besli situngkir par lumban bolak, parbaba
Horas

Kami dari Mapala Justitia Fak. Hukum Unlam Banjarmasin Kal-Sel, mendukung dengan segenap hati gerakan penyelamatan Hutan lindung dairi………….
Semoga Tuhan membalas tindakan terkutuk para penguasa kita………………………..
salam lestari!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
BRAVO GERAKAN PENYELAMAT HUTAN…………….
http://justitia.wordpress.com

Ya..ya..!! Yang teriak2 sebagai penyelamat hutan coba ngasi contoh dulu.. nanam pohon kek.. ajak juga keluarga, teman2nya ma tetangganya.. jangan cuma ngomong aja

Njuah juah banta karina

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam di Tanah air.

Kepada Yth : para pembaca yang budiman dan para Komentator yang berbahagia.

Selamat kepada saudara Patar,Manik mengenai komentar yang di tayangkan Pro dan Kontra, walawpun itu hanya sebuah kata yang sangat ringkas tapi pengertiannya cukup dalam sekali bisa menusuk sampai lubuk hati, tetapi tak sampai Lubuk Linggau.

Terus terang saudara P.Manik kami tidak mencari-cari permusuhan dalam perjuangan untuk pembangunan Proyek yang ada di kampung kami Sopokomil / Parongil Kec. Silima Pungga-Pungga. Cuma hanya menggali para pemikir pemikir yang berkualitas saja sauadara agar semua tahu bagaimana caranya yang terbaik dalam pembangunan ter sebut, bukan memberikan komentar yang tidak jelas hanya ikut2an/latah. Tapi cobalah baca tulisan2 Saudara Damaris Purba dan Saudara Robinson Samosir yang begitu mantap penjelasannya dibidang pertambangan seperti inilah orang yang berkualitas dan Professional dalam memberikan pengarahan untuk kemajuan Nusa dan Bangsa.
Saya sendiri hanya ingin menghimbau bagi saudara2kita yang lain dapat menyumbangkan pikiran seperti saudara kita tersebut agar Negara kita dapat bertumbuh dengan baik.
Sebagaimana kita tahu Tuhan juga sangat memperhatikan Kualitas dari pada Kuantitas..
Kita dapat lihat di Amsal 22: 1 Nama baik lebih berharga daripada kekayaan besar’

Sedikit ada cuplikan dari Firman Tuhan yang ter dapat di Alkitab sebagai agama yang menjadi suatu kepercayaan bagi kita umatnya.
Kita bukan mau cari kekayaan hanya ingin membantu masyarakat disana karena mereka banyak mendengarkan issu yang tak baik melalui Internet, maupun berita lain membuat mereka jadi bimbang dan ketakutan.
Bagi komentator jangan segan-segan untuk memberikan ide-idenya karena itu adalah sebagai cermin bagi diri kita sendiri untuk memilih mana yang terbaik, kita sudah memberikan hasil pemikiran kita kepada Public. Ada pepatah mengatakan salah itu bisa, tetapi kesalahan yang sama jangan kita ulangi
Terima kasih saya haturkan kepada semua yang berpartisipasi dalam mendukung Proyek di Sopokomil
dan juga semua para panampung informasi melalui Internet ini, semoga semua dapat bejalan dengan sukses dan tetap berjaya.

Stephen Lupin Bako
10567 Ohio st Loma Linda
Califonia 92354 U.S.A.
September, 14. 2008
E-mail ( pakbako@Hotmail.com )
Friendster : Boa-Boa ( youtube: tulis Bakopakpak clik Bako Lupin Stephen )
Cellphone ( 909 ) 5200-337.

Tutup PT DPM.

Maju terus .Knapa ?
1. Secara legalitas DPM tidak akan mendapatkan ijin dari Menhut kecuali jika melalui Keppres, itupun kalau presiden sudah berani menggadaikan negara da hak ulayat Rakyat.
2. Bahwa DPM secara nyata membangun gerakan penjinakan manusia di sekitar sama seperti PT IIU jaman dulu.
3. Taktik menjalankan CSRnya sangat aneh, karena Tambang belum mendapatkan untuk kok sudah memberikan / menjalankan program CD kan ini namanya pembohongan dan penogokan kepada kaum tertentu.
4. Bahwa Ekplorasi yang sudah berjalan sudah menampakkan kerusakan tutupan hutan Lindung padahal mereka belum ada ijin.
5. DPM tidak menghargai hak ulayat marga pembuka Tanah dan marga pemili tanah yang ada di kawasan .
6. Usulan ijin Kawasan tambang selalu berobah dari ribuan hektar menjadi puluhan hektar, nah ini ada apa ?
7. Amdal DPM selalu tidak jelas dan melanggar ketentuan, sebab Amdal dari setiap tahapan perijinannya sering Copy paste dan delat , ralat.
8. DPM berada di kawasan Hutan lindung Reg 66 yang luasnya 25,000 ha, dan merupakan hulu berbagai DAS dan sumber anak sungai / irigasi bagi masyarakat di sekitar tambang DPM.

Untuk itu :
1. kepada Masyarakat seluruhnya ( Cerdik pandai, Cendekiawan, tokoh adat, tokoh agama , tokoh pemuda,) jangan hianati Imanmu , mari bangun gerakan tolak tambang DPM dan tutup.
2, kepada para Cendikiawan Batak dimanapun berada janganlah Gadaikan Tanah leluhur saudaramu dengan menjadi Tanaga ahli atau konsultan hanya Gara gara uang.
3, kepada Bupati, DPR, Tokoh masyarakat Kab Dairi sadarlah bahwa tambang akan merusak tatanan Masyarakat Batak di Kab Dairi, Lonte akan masuk ke Kab Dairi , Judi akan marak, preman akan menjadi-jadi. Kalau anda sebagai Bupati pandai tolong didik dan manfaatkan kawasan Kab Dairi menjadi kawasan agropolitan yang mandiri, sebab negara kita ini egara agraris

jangan ada lg kerusakan hutan di kampung orang batak(sumut)semua alasan ttg pembangunan,perkebunan dan macam2 hentikan segera

Lanjutkan…Lebih cepat lebih baik..Hidup Dairi…!
33 lokasi pertambangan di indonesia tak satu pun yang menguntungkan masyarakat,justru yang ada malah malapetaka.seperti yang kita ketahui petaka yang melanda sidoarjo (lumpur Lapindo) dan kasus freport dan yang lain- lainnya..Apakah kita mau jadi urutan yang ke 34 di dairi..?
Hal ini tidak tertutup kemungkinan terjadi apabila kita perhatikan site plan yang dibuat oleh PT DPM,yang mana disana akan dibangun kolam penampungan limbah hasil produksi timah hitam yang luasnya sangat terbatas untuk penampungan.Hal yang dapat kita prediksi bakal terjadi adalah :
1. Apabila dimusim penghujan tiba,maka kolam penampungan limmbah akan meluber dan akan mencemari sumber sumber air minum warga sekitar.
2. Menurut para ilmuan (siboto surat) bahwa lae renun yang alirannya sampai kelokasi DPM merupakan jalur patahan..oleh karena itu dapat diprediksi,apabila terjadi gempa maka tidak tertutup kemungkinan kolam tersebut akan mengalami keretakan dan akibatnya limbah tersebut akan meresap kesumber-sumber air minum warga.
3. Berdasarkan hasil penelitian para siboto surat juga (ilmuan), bahwa limbah hasil pengolahan timah hitam tergolong jenis yang sangat beracun dan berbahaya (gol.B),yang mana dapat mengakibatkan gangguan kehamilan dan janin,dan berpotensi mengakibatkan kemandulan yang berkepanjangan.Kenapa..? Karena apabila sumber-sumber air minum sudah tercemar maka akan sangat sulit menghilngkan racun limbah dimaksud,mengingat racun tersebut bisa bertahan didaerah yang tercemar selama berpuluh puluh tahun..
Apakah kita mau menerima resiko tersebut…?
Itulah tanggapan saya dari dari hasil pengamatan yang telah kami lakukan dari sisi lingkungan dan kesehatan..dan selanjutnya kami akan lakukan study analisis/visibility study untuk mengakurasi kajian diatas.
Lantas bagaimana dengan sisi kelestarian hutan dan keanekaragaman hayatinya..? juga harus kita selamatkan,demi terciptanya simbiosisme mutualism..karena Dairi kedepan ditentukan hari ini..
Sebagai pesan terkhir,”Berbuatlah Sekecil Apapun” untuk selamatkan Dairi…

By.Aktivis Aliansi Rakyat Membangun Daerah ( ARMADA )

yuhuuuuu, setuju, setuju… selamatkan hutan kita. Satu catatan kecil, hutan tidak akan “lestari” hanya dengan “berorasi” di blog. buat lae maruli purba, “visibility study” sedikit berbeda dengan “feasibility study” … yuhuuuuu … selamatkan hutan kita, tadi pagi aku menanam 28 pohon meranti di bekas kebun jagungku yang dua puluh tahun lalu adalah hutan meranti yang ditebang kakekku untu membangun pondok kami….

aQ sAngAt siAp uTk mEndUkuNg perLindUNgAn huTAn…..!!

dAn tiDAk hAnyA d’bIbIr sAjA……

kMi bErsAmA deNGan tEmAn-teMAn siAp unTuK tErjUn lAngsUng kE lApaNgAn meMbElA mAsyArAkAt uTk mEndApAtkAn hAk nYa AtAs kEkAyAaN bUmI kItA yG terCintA ini….!!

ApAbIlA AdA kAwAn2 yG iNgIn iKut bErpErAn sekAligUs bErpErAn dAlAm gErAkAn iNi,

sILAh tULiS tAngGApAn AndA,
sErtA inDeNtItAs AndA….!!

kitA AkAn mElAwAn pErUsAhAaN yG AkAn mEmbOdoHi kItA….!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 602,124 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: