batak itu keren

Kapal Restoran Terapung Berkeliling Danau Toba

Posted on: 14 Mei, 2008

“Informasi kita dengar, tahun-tahun lalu jumlah wisatawan ke Sumut rata-rata 500 ribu per tahun. Sekarang turun jadi rata-rata 150 ribu orang per tahun. Tapi itu pun masih di atas Jogjakarta. Tapi kenapa Sumut tidak masuk dalam lima kota destinasi pariwisata. Masalah ini akan dibicarakan pak TB khusus dengan Menteri Pariwisata,”

MEDAN (SIB) – Rombongan tour operator dari biro-biro perjalanan wisata ternama dan para wartawan Singapura berkunjung ke TB Silalahi (TBS) Center, Balige hari Selasa (13/5). Menumpang pesawat Silk Air jenis Boeing 737, mereka mendarat langsung di Bandara Silangit, Siborong-borong. Ini momentum untuk menghidupkan kembali pariwisata Sumut, khususnya kawasan Danau Toba

Selain mengunjungi museum Batak dan perkampungan Batak di TBS Center, para tour operator itu juga direncanakan berkeliling melihat obyek-obyek wisata di sekitarnya seperti Hutaginjang sebagai salah satu pemandangan terindah di dunia, Pulau Samosir hingga objek wisata Salib Kasih dan tempat pemandian air belerang yang ada di Tarutung.

Hal itu disampaikan Robert Njo, staf khusus anggota Dewan Pertimbangan Presiden Letjend (Purn) DR TB Silalahi kepada wartawan di Medan, Sabtu (10/5). Seperti diketahui, pendirian TBS Center adalah bentuk perhatian TB Silalahi melestarikan warisan budaya atau heritage Batak Toba agar tidak hilang ditelan jaman

“Sejalan dengan itu, pak TB Silalahi berpikir menjadikannya TBS Center sebagai obyek wisata agar dikunjungi masyarakat lokal dan turis-turis mancanegara. Hal ini supaya pembiayaan program pelestarian budaya dan perawatan TBS Center itu bisa mandiri. Soalnya pak TB juga tetap menganggarkan subsidi besar untuk anak-anak SMU Yayasan Soposurung dan untuk pengembangan dan penelitian pertanian di bona pasogit,” ujar Robert.

Menyadari kondisi kepariwisataan di kawasan Danau Toba yang kian sepi, TBS Center bekerjasama dengan Pemkab di dataran tinggi Tapanuli, Badan Pariwisata Sumatera Utara (Bawisda) dan ASITA atau assosiasi biro perjalanan wisata Sumut memikirkan program bersama untuk menghidupkan kembali industri pariwisata Danau Toba.

Para tour operator diharapkan segera membuat paket wisata untuk dijual ke masyarakat Singapura maupun negara-negara tetangga, bekerjasama dengan para biro perjalanan wisata Sumut. Para jurnalis Singapura itu pun diharapkan membantu mempromosikannya.

“Sebagaimana diketahui, Singapura merupakan kota transit paling ramai dikunjungi berbagai Negara di dunia. Para tour operator itu nantinya akan mengalihkan turis mancanegara yang berkunjung ke Singapura untuk terbang ke Sumut,” ujarnya.

Kapal restoran terapung

Dalam waktu dekat, TBS Centre akan mengoperasikan kapal mewah yang disulap jadi restoran terapung. Kapal itu, kata Robert, nantinya akan membawa para turis mancanegara maupun domestik; termasuk para pejabat asal Jakarta; mengitari kawasan Danau Toba sambil menikmati jamuan makan di atas kapal.

TB Silalahi mengharapkan, seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah daerah mendukung. Karena sektor pariwisata memberi dampak luas (multiplier effects) bagi perekonomian masyarakat.

“Contoh, pendapatan Kota Las Vegas di Amerika Serikat, Singapura dan Malaysia dari kompleks perjudian sebenarnya hanya menyumbang 20 persen sebagai devisa negara yang dirasakan masyarakat. Yang lebih banyak adalah pariwisata sebesar 80 persen. Kalau turis ramai, jasa taksi, angkot, tingkat hunian hotel, restoran, para pedagang, seniman dan lain-lain akan bergeliat. Belum lagi komoditi pertanian daerahnya akan bergairah dengan meningkatnya pasokan makanan ke hotel dan restoran,” paparnya.

Jumlah wisatawan merosot tajam

Untuk itu, di kawasan Danau Toba, harus tersedia akomodasi yang bersih. Sarana jalan diperbaiki. Dan Bandara Silangit akan dikembangkan lagi, terutama terminal penumpangnya. “Prinsip pariwisata itu jangan susah ditempuh dan sebaiknya dekat dengan Bandara,” katanya.

TB Silalahi akan membicarakan masalah pariwisata Sumut dengan Menteri Pariwisata dan Kebudayaan. Apalagi menurut informasi dari masyarakat pariwisata Sumut, provinsi ini tidak lagi masuk dalam lima kota tujuan atau destinasi pariwisata di Indonesia. Padahal, sebelumnya, Sumut merupakan daerah paling ramai dikunjungi turis di Indonesia setelah Bali.

“Informasi kita dengar, tahun-tahun lalu jumlah wisatawan ke Sumut rata-rata 500 ribu per tahun. Sekarang turun jadi rata-rata 150 ribu orang per tahun. Tapi itu pun masih di atas Jogjakarta. Tapi kenapa Sumut tidak masuk dalam lima kota destinasi pariwisata. Masalah ini akan dibicarakan pak TB khusus dengan Menteri Pariwisata,” ujarnya.

====================================================================

Dikutip dari hariansib.online

====================================================================

http://www.tobadreams.wordpress.com

16 Tanggapan to "Kapal Restoran Terapung Berkeliling Danau Toba"

jauh sih om dari jakarta, lagian jalan nya gronjalan..

Sumut tidak termasuk salah satu tujuan visit Indonesia 2009, ini sangat menyedihkan kalau kita melihat betapa besar potensi yang ada di sumut ini. semoga rencana ini terwujud dan Sumut khususnya Danau Toba bergairah kembali…

Tidak masuknya Sumatera Utara khususnya Danau Toba dalam list tujuan visit Indonesia Year 2008, mari kita jadikan sebagai pembelajaran yang berharga untuk kita. Kita kalah selangkah dengan saudara kita, Sumatera Barat, mereka masuk dalam list tujuan wisata Visit Indonesia Year 2008, karena pemerintah daerah serius dengan objek wisata yang ada disana, dan menyediakan anggaran khusus untuk itu (informasi yang disampaikan oleh Bapak Cosmas Batubara, dalam Toba Dream Dialogue, yang mengangkat tema Save Lake Toba).Jadi, sudah saatnya kita berbenah, untuk tahun-tahun kunjungan selanjutnya, supaya Danau Toba yang tersohor itu, bisa kembali menunjukkan kemegahannya.Semoga….
Horas

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!http://www.infogue.com

hi this is my link feel free to add me up and lemme know t.c

hoy sudena….martukar link hita

Jangan bermimpi , dalam TOBA DREAM, mau Danau Toba menjadi D.T . WISATA ? hanya perlu 3 kata. 1. LINGKUNGAN BERSIH, 2 W.C. UMUM BERSIH 3 . LINGKUNGAN ASRI, HIJAU. Dengan tiga kata itu. perilaku masyrakat setempat menjadi bersih tidak kotor lagi. kemudian akan ditambahkan AKKA ONDENG TU HAMU. AMEN

coba tingkatkan pelayanan yang baik untuk menarik perhatian touris manca negara untuk lebih lama tinggal di danau toba dan kekayaan adat istiadat nya jangan harus ditampilkan,jangan disimpan

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://pariwisata.infogue.com
http://pariwisata.infogue.com/kapal_restoran_terapung_berkeliling_danau_toba

Terimakasih Pak TB.Silalahi.. Semoga bapak-bapak yang lain Peduli.. Danau TOba bukan hanya milik warga Batak… Tapi Milik Tuhan dan dititipkan Buat kita untuk menjaganya.. Dan menikmatinya…
Salam……dari Banda Aceh

Salut utk Oppung TB.
Siapa lagi menyusul putra2 Batak lain yg perduli seperti Oppung TB.
Yg paling utama menurut saya adalah lapangan terbangnya.
Bisa langsung terbang dari SIN, JKT, AMS ke Silangit .
Oleh karena itu Lapangan terbang Silangit di buat utk dapat didarati oleh pesawat paling tidak B-737-400.
Kalau kita berusaha pasti bisa, semoga.

mauliate ma ompung TB….
ala kepedilan ni ompung tu bona pasogitta on…..
mauliate ma ompung sahali nai…
TUHAN memberkati
jaya terus dau toba…..

songonimanian kan jago2 ma halak hita

By.jln damai no 32 sbb

Bulan kemarin saya jalan2 ke Danau Toba (Parapat, Balige, TB Silalahi center, Hutaginjang). Hanya ada satu kata : menakjubkan! Usulan saya : tingkatkan kebersihan dan perbanyak penerbangan murah (dan tepat waktu) ke Silangit karena kalau dari Medan harus lewat darat, malas deh!

Saya Dukung Oppung ku tercinta untuk memajukan pariwista di danau toba, kebetulan saya adalah pengusaha promosi dibidang wisata di Jakarta, so pasti saya akan memberikan kontribusi yang baik bagi tanah kelahiranku. yang saya tunggu-tunggu adalah adanya penerbangan langsung dari kota besar dan negara tetangga ke bandara silangit.

Tuhan telah memberikan Danau Toba yang bisa menghidupi penduduk disana dan sekitarnya. Tinggal melakukan pengolahannya terutama di bidang Pariwisata. Kapal Restoran terapung – baik, Gondola untuk pasangan yang romantice seperti di Venice/ Italia juga akan menambah tenaga kerja (solu kita sudah terkenal). Yang paling penting transport dari bandara ketujuan kemudian kebersihan. Untuk semua Halak Hita pikirkanlah BonPas kita ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 602,498 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: