batak itu keren

Menjawab “Protes” Anda Semua…

Posted on: 9 Desember, 2008

Oleh : Raja Huta

TADI pagi, aku mendapat SMS dari sahabatku Suhunan Situmorang.Boasa dang di-update lae blogni lae (kenapa blogmu tidak pernah diupdate lagi) ?.”

Entah mengapa, aku merasakan protes terselubung di balik pertanyaan bernada datar itu. Makanya, selang beberapa menit kemudian, di sebuah ruang kantor yang hening di Jakarta Selatan, aku sengaja mendahulukan membuka blog ini sebelum mengerjakan tugas-tugas yang sudah ngantri seperti iring-iringan semut. Seperti biasa, aku langsung memoderasi komentar-komentar yang masuk, dan kali ini aku benar-benar tertohok oleh komentar lae Togar Silaban di postingan Danau Toba Tanpa Narasi :

“Sepertinya agak lama “Raja Huta”, tidak muncul. Mudah-mudahan karena banyak kesibukan dan sehat.

Sebab biasanya kalaupun tidak updating postingan, paling tidak updating komentar. Tapi ini sejak 17 Nopember tak ada postingan baru….

Kenapa saya tulis begitu, karna kawan kita RapMengkel, absen posting hampir 2 minggu, taunya karena opname di RS.

Mudah-mudahan lae RM alias RH tetap sehat.

Sebelumnya, tepatnya pada 1 Desember yang lalu, sebenarnya aku sudah merasa tercubit oleh sindiran lembut lae G.Meha. Pada postingan Danau Toba Tanpa Narasi, dia berkomentar, “Mulakbe hamu pangaranto i ; lae michael, boy, mega sinaga, ai so adongbe narator, nga tanpa narasi. Dipaima haroro muna.”

* * *

BLOG ini telah “menyambungkan” aku dengan sekitar 800 orang di seluruh dunia, lantaran mereka sering mengunjungi blog ini; dan seiring dengan berjalannya waktu sebagian besar di antaranya kemudian merasa sepaham dan mendukung misi blog ini. Sebaliknya, ada pula sekitar 50 orang yang jelas-jelas tak sepaham dengan misi blog ini, namun mereka menjadi pengunjung setia justru karena pertentangan misinya dengan blog ini sudah sangat jelas.

Angka tersebut di atas aku peroleh dari data statistik pengunjung, ditambah kuantitas komunikasi melalui email—dan diperkuat dengan interaksi di Facebook dalam dua bulan terakhir. Maka, tidaklah mengherankan, jika dalam tiga pekan terakhir pengunjung blog ini stabil pada kisaran 400-500 orang per hari, kendati tidak ada postingan baru..

Kesadaran mengenai hal tersebut telah menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam diriku, dan lantaran itulah aku membuat postingan apologi ini.

* * *

TIGA minggu tanpa memposting artikel baru adalah rekor baru yang negatif buat diriku dan blog ini. Hal yang sama terjadi pula pada blogku yang satu lagi, yaitu AyomerdekA. Dalam kurun waktu tersebut, aku masih lumayan sering online di Facebook, kendati lebih banyak melakukan networking, alias tidak menulis artikel seperti sebelumnya.

Aktivitasku di Facebook dalam tiga pekan terakhir boleh dibilang “terpaksa” juga.

Alasan pertama karena rasa bertanggung jawab, soalnya group TOBAlover yang aku prakarsai ternyata mendapat respon yang bagus. Hanya dalam dua minggu anggotanya sudah lebih dari 1.000 orang. Alasan kedua karena di Facebook aku mendapat kenalan-kenalan baru, yang kuharapkan menjadi pendukung penting demi penyelamatan Danau Toba, antara lain Pemimpin Redaksi Koran Tempo Malela Mahergasari. Dia sering nimbrung memberikan komentar-komentar berbobot, dan dukungan simpatik, dalam beberapa artikelku mengenai kerusakan Danau Toba.

Kalau bukan karena dua alasan itu, meski sedang keranjingan dengan Facebook, keadaanku sebenarnya sedang tidak memungkinkan beraktivitas di dunia maya.

* * *

SEJAK tiga minggu yang lewat, aku bekerja di sebuah lembaga kajian dan pendidikan, di bawah bendera Yayasan Jati Diri Bangsa (YJDB) di Jakarta. Ini benar-benar sebuah belokan yang mendebarkan, mengingat usiaku sudah 45 tahun; dan dalam sepuluh tahun terakhir aku sangat menikmati kehidupan yang bebas merdeka alias tidak diperintah oleh siapapun. Dalam enam tahun terakhir, aku menjadi bos sekaligus kacung di sebuah usaha kecil-kecilan milik sendiri di daerah Tangerang, Banten.

Hal lain yang membuat pekerjaan baru ini sangat menantang adalah lantaran YJDB digerakkan oleh para jenderal purnawirawan dan sejumlah pakar ternama di tingkat nasional. Beberapa jenderal yang aktif di sana : Surjadi Sudirdja, Kiki Syahnakri, Mutoyib, dan Soemarno Soedarsono. Yang disebut terakhir ini menjabat Ketua Umum, dan di bawahnyalah aku bekerja dengan kewajiban harus berkoordinasi dengan tokoh-tokoh yang lain.

Adapun para pakar yang cukup aktif di YJDB antara lain Komaruddin Hidayat, Franz Magnis Suseno, Sulastomo, dan Quraish Shihab. Bayangkan bagaimana seorang blogger, yang dalam enam tahun terakhir mengakrabi onderdil mobil, harus bekerja dengan orang-orang besar itu. Dan, bayangkanlah betapa ganjilnya, seorang yang terobsesi menjadi manusia merdeka seperti aku ini harus bekerja dengan para jenderal itu…

Aku sendiri tidak sempat membayangkannya, lantaran ketika diminta bergabung dengan lembaga itu aku langsung menerima, setelah mencapai beberapa kesepakatan yang memungkinkan aku tetap sebagai provokator di blog AyomerdekA, dan admin group TOBAlover. Selanjutnya aku langsung tenggelam dalam proses orientasi kerja yang menguras pikiran, dan memaksaku bangun pagi agar tiba on time pukul 8.30 di kantor, dari Senin sampai Jumat.

Cakupan tugasku sangat luas dan bahkan meliputi seluruh bagian yang ada di YJDB. Saat ini ada sejumlah tugas yang sangat menyita pikiran, tenaga, dan waktuku; yaitu pembuatan situs YJDB, membantu tim Pilot Project yang sedang mempersiapkan proyek percontohan pengembangan karakter dan jati diri lewat proses pendidikan formal mulai dari TK sampai perguruan tinggi, di samping ikut memikirkan konsep acara talk show di televisi.

Pekan lalu, tepatnya pada 4 Desember, aku ikut duduk di depan mendampingi Pak Marno (sapaan akrab Soemarno Soedarsono) saat memberikan pembekalan mengenai karakter dan jati diri bangsa kepada 1.030 calon perwira pertama di Secapa Bandung. Sungguh pengalaman yang luar biasa, duduk di hadapan calon perwira dengan jumlah sebanyak itu. Dan seusai acara, aku menjadi “moderator” dialog antara Komandan Secapa Brigjen Agus Pribadi dan sejumlah mahasiswa ITB serta beberapa mahasiswa dari Jakarta.

Semua ini aku tuturkan adalah sebagai satu cara untuk mohon maklum dari Anda semua, pengunjung setia blog ini. Aku tidak kehilangan rasa tanggung jawab dan konsistensi dalam mengelola blog ini, namun proses orientasi selama tiga pekan terakhir memang sangat melelahkan, sehingga sering sekali aku sudah duduk di depan laptop namun tak berhasil menulis satu artikelpun yang layak aku posting di blog ini.

Mohon Anda semua doakan agar pekerjaanku berjalan lancar, dan mudah-mudahan mulai minggu depan aku sudah bisa mengupdate blog ini seperti sebelumnya. Rasanya akan lebih banyak yang bisa kita bangun melalui komunikasi dan interaksi di blog ini. Yang bersifat segera ialah menggalang dukungan riil bagi calon-calon legislatif yang peduli lingkungan di Sumatera Utara, antara lain Monang Naipospos yang sudah resmi menjadi caleg DPRD Tobasa.

Sebaliknya, mari kita manfaatkan blog ini untuk mempengaruhi pemilih di Sumut agar jangan memilih para politisi busuk; dengan cara mempublikasikan kebusukan para caleg yang nyata-nyata ikut terlibat merusak lingkungan di sana.

17 Tanggapan to "Menjawab “Protes” Anda Semua…"

Bah… ternyata sedang sibuk sekali Laeku yang keren ini… tetapi salut saya atas rasa tanggung jawab Lae kepada kami kami ini… saya Doakan semoga Karir Lae yang Baru selalu sukses …..

ah..sesibuk itu masih ngajak kopdar pulak!😛

@ michaelsiregar

Sebenarnya laeku, diam-diam masih kusempatkan juga beberapa kali mengunjungi blogmu yang keren itu. Aku merasa adrenalinku mengglegak karena kisah-kisah personal di blog lae cukup berhasil merefleksikan persoalan sosial Bangso Batak.

Kalau lae perhatikan, aku sempat juga ikut meramaikan bagi-bagi jabatan sebagai staf lae Monang Naipospos, dalam artikel lae di blog partungkoan tanobatak.

@ jephman

Itulah laeku, akhirnya aku jadi terbebani oleh sikapku yang impulsif. Tanyalah lae Charly Silaban, dia tahu bahwa sudah lama betul aku ingin kopdar dengan lae, lantaran tersengat oleh energi kuat yang memancar dari blog lae (Kartun Batak) yang ngetop dan menjadi trend setter itu. Tapi apa boleh buat, mudah-mudahan minggu depan keadaanku sudah normal, supaya kita reskedul rencana untuk kopdar. Setuju kan lae ?

Selamat berlayar, Lae…
(kan ada saatnya berlabuh di TobaDreams hehehe)

Jangan lupa vit.C nya Lae…untuk jaga2 badan aja
Horas!

Dengan adanya “protes” semacam ini menunjukkan ketertarikan yang tinggi dari pengunjung blog ini. Semoga hal ini bisa menambah semangat dan energi baru bagi Lae Manurung untuk tetap eksis.

Jaga kondisi ya Lae, begitu banyak yang harus dikerjakan.

Ternyata ada pekerjaan dan aktivitas yang baru. pantasen AyomerdekA, gak update… dari berapa minggu yang lalu..juga Tobalover yang ada rencana mau Kopdar tp sampai sekarang gak ada perkembangannya, sempat berpikir jgn2 gak berkelanjutan..

radja Nadeak

@Syahrul Hanafi Simanjuntak S.15

Mauliate lae. Kurasa, memang, aku sangat membutuhkan Vitamin C.

@ Hermatov Purba
@ Charlie M.Sianipar
@ batuhapur

Perhatian, nasehat, dan dukungan dari lae semua sangat berarti buatku. Mauliate ma di hamu sasudena.

Horas

ooh..akhirnya diupdate juga…semoga sukses sama karirnya juga yah

Bah, ternyata punya kesibukan baru. Horas jala gabe,, semoga berbuah berkat bagi kita semua.

Berarti akan ada cerita baru yang bisa di share untuk kita.

ya ito..jangan pernah berhenti menulis posting,,,krn semua suka blog ini…

Yang penting tulang sehat-sehat ….
Lanjutkan perjuangan tulang, semoga tercapai ” Toba Dreams ”
Salam !

Chayoooooo bang…tetap semangat!!!!walaupun banyak kerjaan di depan bang!!!
Abang pasti bisssssaaaaaa!!!GBU

horas ma,

nataboan dabo mambaca blog munu on….
mambaen tarbuka pikiratta

horas sakali nai

wah…hebat ya laek ini…
salut awak bah

http://sirajaoloan.org

Aktifitas yang padat emang sering kali membuat sisi kreatif diri jadi macet cet cet… Duduk di depan laptop, tapi gak ada kata yang mengalir keluar dari otak… Yaaa. pasrah lah yaa
Mudah2an aktifitas Iban bisa memberi warna yang indah buat kita semua.. Terutama dgn aktifitas di “Jati Diri Anak Bangsa”..

Tapi tetap lah jaga kesehatan ya Iban…

@ boy

Mauliate

@ togar silaban

sabar ya lae kandung. nanti aku akan share pengalaman-pengalamanku yang baru.

Selamat menyambut Natal.

@ cutemom cantik

Olo itoku naburju. Aku akan menulis lagi. Promise!

@ RItool

Terima kasih lae.

@ Lalan Sinaga

Aku akan bisa dek, berkat doamu. GBU.

@ sirajaoloan

Debata do nahebat, laeku. Aku beruntung karena segala yang pernah kupelajari dianggap berguna, lalu aku diberi kepercayaan.

@ tatianak2

apa kabar iban ?

aku akan sangat senang kalau ibanku yang baik ini mau menyumbang tulisan yang keren di blog ini, terutama mengenai perayaan Natal di Sipirok dan Tapanuli Selatan pada umumnya.

Horas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 602,124 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: