batak itu keren

Facebook Menautkan Kembali Persahabatan Lama

Posted on: 21 Oktober, 2008

Yang sungguh tak terlupakan, ketika aku dan Ibu Yolanda sama-sama menjadi social worker, mendampingi 52 anak-anak penyandang cacat mental dalam event Special Olympic di Connecticut, Amerika Serikat, dan mengikuti seminar tentang mental retarded di PBB di New York, pada 1995.

Di sana, aku sempat makan siang dengan Ted Kennedy, dan berbincang dengan Eunice Shriver (kakak kandung Presiden Jhon Fitzgerald Kennedy, dan juga mertua aktor laga Arnod Schwarzenegger). Aku juga sempat piknik ke menara kembar World Trade Centre di New York, yang beberapa tahun kemudian runtuh akibat serangan teroris.

Oleh : Robert Manurung

BARU SEMINGGU ini aku menjadi warga Facebook, tapi jumlah kenalan baruku sudah mencapai 529 orang! Aku sempat chatting dengan “calon presiden independen” Fadjroel Rahman dan artis monolog Butet Kertaredjasa.

Namun, yang paling mengesankan adalah, ketika pada suatu malam, aku melihat nama Tanya Soemarno-Nielsen di dashboardku, di antara beberapa nama yang “melamar” jadi temanku (add friend). Benar-benar surprise, setelah 10 tahun tak bertemu, tidak pernah kontak sama sekali, dan ternyata dia sudah menikah serta dikarunia Tuhan anak-anak yang manis.

Nama Tanya Soemarno cukup terkenal di kalangan penggemar olahraga tenis di Tanah Air, meski sudah gantung raket pada akhir tahun 90-an. Prestasinya memang tidak secemerlang ibunya, Yolanda Soemarno, juara nasional pada awal tahun 80-an. Namun, Tanya telah mempersembahkan medali perunggu bagi Indonesia di arena SEA Games.

Tanya sudah kuanggap sebagai adikku, a sister that I never have. Kami sangat akrab selama kurun waktu 10 tahun, sejak akhir tahun 80-an hingga akhir 90-an. Kami tak pernah bertemu lagi dan kehilangan kontak sama sekali sejak tahun 1998, meski sama-sama tinggal di Jakarta.

Aku memang “mengasingkan diri secara total” , termasuk dari teman-teman di dunia pers, setelah merampungkan “tugas” sebagai manajer petenis kelas dunia Yayuk Basuki pada 1998.

* * *

AKU sungguh senang dan bersyukur “ditemukan” oleh Tanya di jagat Facebook, dan kemudian merembet ke “anak-anak” tenis yang lain : Aga Soemarno, Agustina Wibisono, Lamsriati Moerid, Vinca Rampen, Yoke Virliana, Marieke Gunawan, Januar Mangitung, Wynne Prakusya.

Nia, panggian akrab Tanya, pasti tidak tahu, dia telah menolongku untuk “berdamai” dan reuni dengan masa laluku; yang merupakan golden years dalam perjalanan hidupku. Dulu, aku meninggalkan Nia dan komunitas tenis yang sudah seperti keluargaku, karena kecewa pada diri sendiri, lantaran tidak berhasil membantu Yayuk menjadi petenis “10 terbaik dunia”.

Dunia tenis pada dekade 80 sampai 90-an adalah panggung penting di Indonesia, yang melibatkan orang-orang politik dan para konglomerat. Di sanalah aku bergaul akrab dan bahkan bersahabat dengan “musuh-musuh politikku” ( karena aku anti Soeharto dan rezim Orde Barunya), yaitu Moerdiono, Aburizal Bakrie, Ponco Sutowo, Arifin Panigoro, Rachmat Witoelar, Soemitro Djojohadikusumo, Soeparjo Rustam, Ginandjar Kartasasmita, Sarwono Kusumaatmadja, Cosmas Batubara, Tanri Abeng, Akbar Tanjung, Fadel Muhammad, Soemarno Soedarsono.

Di lingkungan itu pula aku berkenalan dan kemudian menjadi sahabat dengan Wimar Witoelar, serta sejumlah wartawan yang kini sedang di puncak karir, antara lain Suryopratomo (mantan Pemred Kompas), Arbain Rambey (fotografer Kompas), Jimmy S Haryanto (Kompas), Ian Situmorang (Pemred Tabloid Bola), Hendry Ch Bangun (Wapemred Warta Kota).

* * *

SOEMARNO Soedarsono, ayahnya Tanya, adalah satu-satunya perwira tinggi Aangkatan Darat yang kukenal secara pribadi dengan sangat akrab, pada masa itu. Sebenarnya, waktu bekerja sebagai wartawan di harian Merdeka, sering juga aku ditugaskan meliput acara-acara di lingkungan ABRI atau mewawancarai para pejabat militer. Namun, semuanya itu kukerjakan karena terpaksa, sebab sesungguhnya aku alergi dengan hal-hal yang berkaitan dengan militer, ketika itu.

Pak Marno, demikian aku biasa memanggilnya, seorang tentara dan nasionalis yang bangga dengan panggilan tugasnya sebagai penjaga republik ini. Tubuhnya tinggi besar, suaranya pun besar, dan bicara blak-blakan persis seperti orang Batak. Saat itu pangkatnya Brigjen, dan menjabat Wakil Gubernur Lemhanas.

Jika dibandingkan dengan para jenderal TNI AD lainnya waktu itu, yang umumnya arogan dan sangar, Pak Marno jauh lebih manusiawi. Tidak bersikap mentang-mentang tentara! Sikap moderatnya itulah yang membuat kami bisa bersahabat, meski dia tahu persis aku ini anti Dwifungsi ABRI, dan pandangan kami sangat bertolak belakang mengenai rezim Soeharto.

“Bangsa ini mengalami kebangkrutan intelektual dan kreativitas adalah lantaran Dwifungsi ABRI. Karena kalian tentara itu mendominasi kehidupan sipil. Dan, Soeharto terlalu paranoid, sehingga berusaha melanggengkan situasi darurat, yang membuat bangsa ini kehilangan momentum untuk mandiri,”ujarku ketika itu. Pak Marno menangkis dengan argumentasi yang cerdas, runtut, dan dengan wawasan strategis yang mumpuni.

Kami sering berdebat berjam-jam di rumahnya, sampai kemudian istrinya, Yolanda, menengahi “pertengkaran” itu dengan lelucon gaya Menado, yang memang ampuh mencairkan ketegangan. Aku dan Pak Marno diajaknya berkaraoke, lalu ditertawakannya habis-habisan : karena suara kami berdua sama-sama fals.

* * *

RUMAH pasangan Soemarno-Yolanda sudah seperti rumah kedua bagiku. Aku akrab dengan ketiga anak mereka, Vita, Aga, dan Tanya. Vita menikah dengan lelaki Batak semargaku : Batara Manurung. Dan di rumah itulah, di daerah Cipete, Jakarta Selatan, kami menjalin persahabatan, dan merancang acara-acara kecil untuk kepentingan masyarakat.

Yang sungguh tak terlupakan, ketika aku dan Ibu Yolanda sama-sama menjadi social worker, mendampingi 52 anak-anak penyandang cacat mental dalam event Special Olympic di Connecticut, Amerika Serikat, dan mengikuti seminar tentang mental retarded di PBB di New York, pada 1995.

Di sana, aku sempat makan siang dengan Ted Kennedy, dan berbincang dengan Eunice Shriver (kakak kandung Presiden Jhon Fitzgerald Kennedy, dan juga mertua aktor laga Arnod Schwarzenegger). Aku juga sempat piknik ke menara kembar World Trade Centre di New York, yang beberapa tahun kemudian runtuh akibat serangan teroris.

Tahun-tahun yang manis dan penuh warna itu rasanya tidak akan kembali lagi, karena kami semua sudah berubah, dan pasangan Soemarno-Yolanda sudah sepuh. Tapi, rasa terima kasihku kepada mereka masih tetap sama; karena keluarga itu mau menerima seorang wartawan muda yang kucel, bokek, rada eksentrik, resah dan ultra kritis; menjadi sahabat mereka.

Sekarang, masih dalam suasana surprise dan senang karena bertemu kembali dengan Nia, aku sedang mengecek waktu luangku untuk menjenguk Pak Marno dan Ibu Yolanda. Kalau dengan Nia dan Aga rasanya lebih gampang bertemunya, karena mereka lebih dinamis dan oke-oke saja bertemu di kedai kopi semacam Starbucks.

Terima kasih Facebook.

10 Tanggapan to "Facebook Menautkan Kembali Persahabatan Lama"

memang benar…
senang banget bisa ketemu tmn lama yg sudah putus kontak sama sekali. apalagi dipertemukan di situs pertemanan sekelas Facebook.
What a surprise!

Terima Kasih Facebook???
gak berterima kasih sama yang ngenalin Fezbuk?
*hehehe.kidding bro’*

Hebat kalilah pengalaman Laeku ini bah, temannyapun Jenderal…tetapi tidak pernah dianggarkannya, selalu merendah diri meningkatkan mutu….Salut dan Hormat saya dari Amerika, tetap pertahankan idealismenya Lae.
http://michaelsiregar.wordpress.com/

@ Lidya Hutagaol

Benar-benar surprise, dan menimbulkan perasaan senang.

Semalam aku chatting dengan Nia. Dia bilang,”Waktu Nia mau menikah, Nia cari abang ke mana-mana, Nia tanyain semua orang yang kenal abang. Nia sangat mengharapkan abang hadir di hari pernikahanku. Tapi, nggak ada yang tahu di mana abang…”

Sedih, terharu, dan bahagia! Begitulah indahnya persahabatan, Lidya.

Btw aku harus mengaku silap, tak menyampaikan ucapan terima kasih kepada sahabat-sahabatku, yang telah memanduku ke jagat Facebook. Tapi, tak ada kata terlambat ya kan ?

Terima kasih kepada Lidya Hutagaol dan Desy Hutabarat, yang telah mendesak-desak aku pada malam itu di Dome cafe, supaya segera mendaftar di Facebook.

Terima kasih pula kepada lae Charlie M Sianipar yang begitu cekatan dan lancar mendaftarkan aku di Facebook, bahkan sekalian memasukkan koleksi foto-foto jepretannya yang keren.

Ucapan terima kasih kusampaikan juga kepada lae merangkap apparaku, Suhunan Situmorang, yang telah memberikan contoh bagaimana bersikap rendah hati menghadapi generasi muda yang “nekat” meledeknya intelektual yang gaptek hehehe….

horas

Robert Manurung

Bukan main perjalanan hidup tulangku ini. Hebat. Terlibat dalam hal-hal yg bagiku sulit kali. Bagus untuk dibagi disini. Agar yang lain bisa meniru semangat tulang.
Horas.

hahahah.
gak pa2 lagi Ito.
walau tak tertuliskan terima kasih itu disini,
aku yakinnn banget banget… Ito takkan melupakan kami ;-)yg penting Itoku senang lah… dapat maenan baru

^_^

@ michael siregar
@ Johan

Merendah untuk meningkatkan mutu ? Hahaha…itu ajaran Arswendo. Sahabatku Charly Silaban bilang, dengan tulisan ini aku tumben-tumbenan narsis. Aku bilang, emang benar lae, gue lagi narsis hehehe…

Aku nggak pernah merasa bangga bergaul dengan para jenderal, menteri dan konglomerat itu, tapi aku memang menghargai pribadi mereka masing-masing–meski dalam keadaan lain aku bisa memaki mereka sebagai komprador, parasit, dan penghianat rakyat.

Anehnya, kedekatanku dengan mereka sebenarnya bertentangan dengan keinginan dan pendirianku waktu itu. Tidak sombong lae : teman-teman wartawan di Jakarta tahu betul Robert Manurung itu anti Soeharto dengan jargon-jargon tipu dayanya : Orde Baru, Dwifungsi ABRI, Golkar, trickle down theory di bidang ekonomi, bersih lingkungan, sensor pers, normalisasi kampus, SARA, repelita, tinggal landas, kelompencapir, manusia indonesia seutuhnya, stabilitas….

Aku menjauh dari mereka karena posisi kami sangat berbeda dan bahkan berlawanan : aku prihatin melihat proses kehancuran bangsa ini tapi sebaliknya mereka seperti sengaja menambah rasa prihatinku terus-menerus…

Bisa lae bayangkan, bertahun-tahun aku aku dikecam sebagai orang tolol oleh teman-teman dan sebagian keluargaku, karena tidak memanfaatkan hubungan dengan para jenderal, menteri dan konglomerat itu. Sangat kumaklumi kekesalan mereka, tapi aku tetap nggak bisa menipu nuraniku : kalau aku manfaatkan koneksi itu untuk memperkaya diri, sama saja menambah jumlah orang miskin dan menderita di negeri ini. Aku tak sanggup melakukan itu. Lebih gampang bagiku tetap hidup miskin, tapi tanpa rasa bersalah…

Ah, jadi narsis lagi. Intinya sederhana saja sebenarnya : aku berusaha menjadi diri sendiri, berusaha tidak terkooptasi oleh orang-orang besar itu, namun tidak menolak uluran persahabatan yang tulus sebagai sesama manusia–meski dari “musuh politikku”.

Horas

Robert Manurung

ito…
ternyata selain alm. mama ku yg boru regar itu masih ada manusia ‘gila’ yang sangat idealis di sekeliling ku…

ku pikir… cm mama ku manusia yg dgn gagah mempertahankan idealism dibelantara manusia penjilat di masa rezim soeharto…

menyaksikan kalian berdua di dalam hidupku… adalah anugerah Tuhan buatku…

ito ku ini memang batak (paling) keren … setelah MAMA ku tentunya🙂

@ srikandini

Mauliate ito. Jujur, aku merasa terharu dan sangat tersanjung. Tak pernah terpikir oleh bahwa pilihan sikap yang kutempuh akan begitu pentingnya bagi orang lain.

Doakan aku ya ito agar tetap dengan pendirianku. Soalnya menjelang Pemilu 2009 banyak kali tawaran menggiurkan dari para politisi busuk. Salah seorang saudaraku sudah hampir berhasil membujukku dengan argumentasi : kerjakan aja yang mereka minta seperti seorang tukang jahit mengerjakan pesanan.

Sahali nai, mauliate godang ma di ito.

terbacakah postingan ini leh stephen lupin bako?

Sangat menarik… kisah Lae ini… inspiratif…. Horas Lae

Tinggalkan Balasan

Blog Stats

  • 602,498 hits

Arsip

