batak itu keren

Menjelaskan Perubahan Blog Ini & Sosok Asli Raja Huta

Posted on: 28 September, 2008

TIM, Jakarta

Raja Huta. Karya foto : Charlie M. Sianipar**

Sejak dua minggu lalu, header blog ini berubah. Logo TobaDream yang sudah menjadi semacam trade mark blog ini selama sembilan bulan terakhir, sekarang tak terlihat lagi. Juga ikut hilang tagline batak itu keren, yang telah “meracuni” banyak orang Batak di seluruh dunia; dan membuat enek orang-orang yang tidak suka Batak . Ada apa ini ?

Yang pertama kali menanyakan lewat komentar di blog ini, adalah itoku Srikandini boru Pohan. Kemudian kawan-kawan batak keren lainnya juga menanyakan melalui email japri, SMS, dan handphone. Sebaliknya, sejumlah kawan tobadreamer aku beritahu lewat SMS dan bicara langsung lewat HP. Reaksi mereka umumnya,”Lho, kenapa logo TobaDream diturunkan?”

Sebelum perubahan header ini, sudah banyak pertanyaan dari pembaca dan juga salah sangka di antara pembaca, yang selama ini belum aku jawab dan luruskan. Lae Togar Silaban, blogger yang hobi bekerja di pemerintahan itu, cukup berhasil menikam nuraniku dengan komentarnya : kalau memang tulus berbuat demi kemajuan Bangso Batak, kenapa pakai nama samaran ? .

Selain itu, ada sejumlah pengunjung yang mengira blog ini milik Viky Sianipar, atau blognya institusi bisnis TobaDream milik Monang Sianipar.

Sekarang, pada hari yang berbahagia di bulan baik ini, aku akan menjelaskan semua yang mungkin ingin Anda ketahui mengenai blog ini, dan hubungannya dengan Komunitas TobaDream, sebagai berikut :

1.Blog dengan URL tobadreams.wordpress.com ini bukan milik Viky Sianipar, bukan blog perusahaan TobaDream yang bergerak di bidang hiburan dan kuliner milik Monang Sianipar; dan juga bukan corong Komunitas TobaDream.

2. Hal ini perlu dijelaskan demi melindungi kepentingan bisnis TobaDream milik Monang Sianipar, termasuk karya-karya komersil Viky Sianipar, agar jangan sampai terganggu atau dirugikan karena mereka diduga atau dianggap punya otoritas dan bertanggung jawab atas blog ini.

3.Blog tobadreams ini adalah personal blog yang sepenuhnya independen, baik kebijakan redaksionalnya maupun pembiayaannya. Sampai detik ini, pembiayaan blog ini seratus persen ditanggung oleh Raja Huta. Tanpa mendapat kemudahan dalam bentuk apapun dari pihak lain, termasuk biaya untuk mencari informasi mengenai bonapasogit, masalah lingkungan, aktivitas Viky Sianipar dan Komunitas TobaDream (KTD).

Dipasangnya logo TobaDream sebagai header blog ini atas permintaan pribadi sahabatku Viky Sianipar, yang kupenuhi dengan senang hati karena desain logonya keren. Selain itu, secara pribadi aku juga bahagia jika blog ini bermanfaat mempromosikan merek dagang TobaDream.

4. Semua artikel, foto dan karya grafis di blog ini adalah tanggung jawab Raja Huta sepenuhnya. Sekiranya ada pihak-pihak yang merasa dirugikan oleh isi blog ini, silakan mengajukan hak jawab, sanggahan ataupun gugatan terhadap Raja Huta. Identitas pribadi di balik nick name ini bisa Anda lihat pada poin nomor 7.

5. Perlu diklarifikasi sekiranya ada anggapan seolah-olah Raja Huta dan tobadreamer lainnya telah bertindak melampaui kewenangan sebagai anggota Komunitas TobaDream; yaitu dengan mempublikasikan tulisan dan komentar-komentar kritis terhadap pengusaha, pejabat, politisi dan komprador yang melakukan perusakan lingkungan di Tano Batak.

KTD adalah organisasi informal dan kedudukan semua anggotanya setara. Pak Monang Sianipar ditampilkan sebagai Chairman adalah didorong semangat primus interpares, yang ditinggikan di antara yang setara.

KTD belum pernah menunjuk seseorang untuk menjadi juru bicara komunitas ini. Jadi, sah-sah saja jika para anggota Komunitas TobaDream mempublikasikan pandangan-pandangan KTD dari perspektif pribadi masing-masing.

Namun. supaya tidak membingungkan, jika Anda mencari informasi resmi mengenai KTD sebaiknya masuklah ke situs tobadream.org.

6. Para tobadreamer Suhunan Situmorang, Charlie M. Sianipar, Marudut Pasaribu, Robert Manurung, Charly Silaban, Desy Hutabarat, Tasya Siahaan, Zulkarnaen Siregar, Suprapto Perangin-angin adalah volunteer murni, yang dengan tulus dan tanpa dibayar sepeser pun, telah mendedikasikan pemikiran, materi, waktu dan passion masing-masing demi kemajuan Bangso Batak, melalui KTD.

Keterlibatan kami di KTD selama ini tidak menghasilkan imbalan, keuntungan atau benefit dalam bentuk apa pun, dan hal itu memang sesuai dengan sikap dan pendirian kami masing-masing. Dan yang paling aku suka dari kawan-kawanku itu, mereka semua tidak mendewakan materi; tapi altruistik, setia kawan, egaliter, humanis, dan tulus.

Selain sebagai relawan di Komunitas TobaDream, para tobadreamer seperti Suhunan Situmorang dan Marudut Pasaribu secara rutin memberikan bantuan demi menolong anak-anak Batak yang terancam putus sekolah, juga keluarga-keluarga Batak yang sedang ditimpa musibah; terutama di Samosir, Balige dan Jakarta.

7. Terhadap pertanyaan mengenai identitas pemilik blog ini, yang bersembunyi di balik nama samaran Raja Huta, sebenarnya bukan aku tidak ingin atau takut membukanya. Sudah banyak pengunjung blog ini yang aku beritahukan melalui email japri. Selama ini, aku belum membuka identitasku yang sebenarnya hanya karena nama Raja Huta kurasakan keren dan batak banget. Dan, Raja Huta itu gelar ompungku.

Nah, inilah dia yang paling banyak ditanyakan oleh para pengunjung, yaitu mengenai identitas pemilik blog ini. Oknum di balik gelar Raja Huta adalah Robert Manurung, berasal dari Porsea, Kabupaten Toba Samosir. Aku pernah bekerja sebagai wartawan di harian Merdeka, Suara Merdeka, Berita Yudha, dan kontributor di harian Kompas.

RM, demikian inisial populerku di kalangan teman-teman wartawan. Aku tinggal di Jakarta, menikah dengan boru Nababan dari Tipang, Kabupaten Humbang Hasundutan. Tuhan menitipkan pada kami satu anak yang masih balita yang lincah, serba ingin tahu dan cerdas.

Mengenai tagline BATAK ITU KEREN, jangan kuatir, aku akan mempertahankannya sebagai “ruh” blog ini. Bahkan ada keinginanku, masih sebatas rancangan dalam pikiran, untuk menyebarluaskannya dalam berbagai bentuk media yang mungkin—antara lain stiker, kaos, dan buku.

Akhir kata, bagi yang ingin berkenalan atau sekadar tukar pikiran denganku, silakan kirim SMS ke 0815 8657 0123. Maaf, bagi yang belum kenalan aku hanya melayani SMS, karena sudah menjadi kebiasaanku tidak menjawab panggilan dari nomor yang tidak terdaftar di HPku.

Alamat emailku : robertmanurung@yahoo.com dan merdekanews@gmail.com.

Salam persahabatan dalam damai buat Anda semua.

Horasma di hita saluhut Bangso Batak.

Raja Huta

———————————————

**Untuk melihat karya-karya foto Charlie M. Sianipar, kunjungi situsnya yang keren Gorga Art Photography

44 Tanggapan to "Menjelaskan Perubahan Blog Ini & Sosok Asli Raja Huta"

selamat membuka identitas bos. Salam kenal

ito…. ganteng kali photo mu itu bah….

😀

Bah.. akhirnya buka kartu juga laekku ini.. Well, selamat membuka lembaran baru lae.. walaupun lae tetap menulis di tempat yang sama, topik yang sma, gaya penulisan yang sama, tapi dengan identitas yang asli pastilah rasanya beda. But, no matter what, batak keren is batak keren.. ribak lae dan teruslah menulis..

btw, jei boha nama hape nasib ni tobalover i hehehe…

halo Ito Robert Manurung,
salam kenal ya😉

Saya Lidya Hutagaol, sering mampir ke blog ini*hihihi.kaburrr*

Horas Ampara
Wah ternyata baru tau Raja Huta ini masih ampara gue, Manurung apa nih?

Smoga Tobadreams menjadi berkat bagi kita semua

Keep The Good Works !!!

@ Raja Huta.

Aku suka Tag Line yang begini: Batak Keren
Saya mengindentifikasikan
Batak Keren: Bisa bahasa Batak dan fasih berbahasa Asing.

Kalau hanya menguasai bahasa Indonesia dan bahasa asing saja itu bukan Batak Keren, banyak suku di Indonesia ini yang pasti mampu berbahasa Indonesia dan menguasai bahasa asing.

@ Bhongky

terima kasih, pren. salam kenal juga. aku segera berkunjung ke blogmu, siapkanlah secangkir persahabatan hehehe…

@ halida srikandini

lebih ganteng dari aslinya hehehe…

itulah hebatnya Lae Charlie M Sianipar. Entah cem mana cara laeku itu membidik sisi yang mendingan pada diriku, sehingga kelihatan lebih bagus dari yang sebenarnya.

Oh ya, Ito, foto ini dijepret Lae Charlie di teras Galeri Cafe Taman Ismail Marzuki, Jakarta, saat acara diskusi Gordang Sambilan yang Ito adakan bersama ale-ale kita di Sa-Roha Foundation. Masih ingat kan ?

Dengan pakai identitas nama Lae sendiri, semoga tambah keren blog Lae yang udah keren ini ya!

Ternyata iban-ku guanteennnngggg juga.. Beneran batak keren ternyata… Huahahaha…

Horas lae Raja Huta.
Kelihatannya perobahan Blog lae ini tidak tanggung2, membuat orang semua terkesimak apalagi milahat penampilan Raja Huta yang begitu gagah. Penjelasan yang begitu tegas dan siportive, adalah sosok seorang yang disiplin

Charly Sianipar memang keturunan kali ya? soalnuya ompungnya dulu suka main Kodak di Longkotan tempat Poryek tambang Emas sekarang.

Hanya ingin tahu lagi, apakah untuk hari selanjutnya masih berkenan memakai Toba Dream di Blog lae.

Untuk hari mendatang kita doakan blog lae ini semakin sukses dan berjaya, Tuhan selalu memberkatinya

Stephen Lupin Bako

Horas Lae…
Dengan penampilan baru tentunya semangat juga baru…ditunggu informasi informasi berharga berikutnya….

@ Charly Silaban

Mauliate lae. Membaca kata “ribak” itu, entah kenapa, aku jadi teringat lagu “Boasa” yang dinyanyikan Dipo Pardede : nunga malala…malala rohaki…malala ate-ateki…

Lagu ciptaan Tongam Sirait itu sebenarnya sedih, tapi yang terasa justru tendensi memaafkan…itulah Batak keren.

@ Lidya Hutagaol

salam kenal itoku nauli lagu. apa kabar halak hita ?

@ Partomuan Manurung

Horas poang (itulah dulu sebelum jelas hirarkinya hehehe…)

Aku Manurung Hutagurgur, keturunan Patubamban. Apakah aku panggil abang atau adik ?

salam persaudaraan Manurung Sipolin-polin

@ Charlie M Sianipar

Mauliate Lae atas apresiasinya. Kalau masih mungkin kita tambah lagi cem mana batak keren itu, tambahkanlah Lae, biar kita bukukan nanti.

Foto bidikan Lae sudah kupasang di sini. Karena kualitas fotonya yang keren itulah, aku berani memasangnya hehehe…

Terus terang, aku surprise betul, bercampur bangga, waktu lae tawarkan bergaya macam pragawan waktu di TIM itu. Mauliate Lae, aku merasa senang dan bangga pernah dipotret oleh Siantar-man yang baik hati seperti Lae.

@ Ucok Lubis

Mudah-mudahan demikian Lae, tentunya berkat dukungan Lae dan batak keren lainnya.

Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin untuk Lae sekeluarga. Horas.

Aku sudah menduga laeku ini ganteng😀 Raja Huta, rencanaku ke Dolok Nagodang menyaksikan apakah Raja intensif merawat huta. Indikator batak keren kan lae?😉

@ tatianak2

tak ada yang lebih sodap daripada dipuji oleh pariban. biar potongan awak pas-pasan, tapi kalau ibanku sendiri sudah bilang guanteng, habis perkara hehehe…

cem mana kabarmu iban ? makin mantafff kutengok blognya iban itu, makanya aku sering-sering martandang ke sana.

Sorry ya iban aku belum sempat menanggapi mengenai setori lae Syahrul itu, soalnya sibuk bikin lomang hehehe…

@ Stephen Lupin Bako

HORAS Lae, lengkap do data muna Bah.
Las roha molo boi hita pajumpang, marnonang rap tu kode kopi.
Adong do kopi na sian Lintong ni Huta, Sumbul i
di Ambasador.

Salut deh buat bang Charlie Sianipar..

@ Charlie M Sianipar

Haloo GORGA art photography
kalau kau Charly Sianipar

musti kau panggil abang sama aku tanya bapak,abangmu Rovinus dan Yan Wiridman boru ni lae Raja Huta, rupanya kau selama ini mimpi baca tulisan2 saya ya? kau balas surat saya karena kubilang ompung tukang kodak ya?

Sattabe lae Raja Huta aku kasih penjelasan dulu sama adekku ini supaya jangan salah kaprah.

setelah kau baca surat ini cepat kau telephon abangmu semua ke Bekasi Ya?

Buka friendster supaya kau kenal abangmu.

Stephen Lupin Bako
10567 Ohio St Loma Linda
Califonia 92354 U.S.A.
October, 04. 2008
E-mail ( pakbako@Hotmail.com )

Boaboa’s friensdter.com
( sedikit ada perobahan di friendster )
( youtube: tulis Bakopakpak clik Bako Lupin Stephen )
Cellphone ( 909 ) 5200-337.

@ robert manurung

ingat kali lah aku to…

hm… cm kapan yah ito charly mo poto awak juga… biar jadi santik lah awak sikit,,, :-))

Bagiku RM or Raja Huta sama azza…sama2 keren pisan euy!kata Emakku dulu semua laki2 batak itu ganteng2 makanya dibilang Anak Ni Raja hehehe
Oya Lae, tak usahlah ditanggapi setori ku itu namanya juga angan-angan,aku kasih komentar gitu karena rasa bangganya dan akrabnya aku sama tulisan2 kalian kok, ditambah dengan kak Srikandini juga, ga lebih. Aku sangat menghargai KATA HATI MATA HATI.
Ok Lae, aku akan mendoakan lae RM or RH semoga SEHAT-SEHAT selalu…Amen.
Mauli ate da lae,

Bah, kek mana pula itu, kok aku disebut-sebut yang jadi gara-gara mempertanyakan identitas Raja Huta.

Maksudku sebenarnya supaya jelas partuturan nya.
Lewat japri, aku sebenarnya sudah dikasi tau. Malahan Raja Huta pernah pula keceplos kasi komen di blog ku dengan identitas asli, trus dikoreksi menjadi Raja Huta.

Raja Huta, ya tetap Raja Huta, cuma sekarang lebih jelas partuturannya.

Biar makin mantap aja Toba Dream ini. Maju terus.

Horas.

salam kenal lah Raja huta or RM, blog yang bagus,,,
batak itu emang harus keren,,,

Tak disangka tak dinyana.. mangida profil ni Amang Raja Huta i Tersirat ketegasan dengan luasnya cara pandang.. alahh..!
Bang, pernah aku tanya sama Lae ku yang di Sidikalang tentang perkembangan di daerah sana.. Heran orang tu..
ai sian dia i boto lae?
Ku bilang aja sama lae ku itu..
adong do torus informasi na ni dapot sian internet, alana adong halak hita na margoar Raja Huta, na torus mangupdate barita i.. ditanya lagi..
ise Raja Huta i..
(Bah.. tak bisa pula ku jawab)
tapi kalau sekarang ditanya aku sama laeku, sudah bisa ku jawab
ROBERT MANURUNG goarna..!

Horas Amang Raja Huta,
Semoga blog Abang ini terus menjadi saluran informasi dengan terus mempertahankan integritas.
Boti ma!

salam kenal lae.

semoga blog ini semakin meningkatkan apresiasi semua orang terhadap budaya batak dan sifat-sidat asli orang batak sangat positif.

Par pasar opat tebing

@ Stephen Lupin Bako

Horas laeku,

Terima kasih yang tulus aku sampaikan atas perhatian dan apresiasi lae terhadap perubahan blog ini. Sedangkan mengenai diriku, sebenarnya biasa-biasa saja lae. Aku berusaha tidak menjadi manusia yang inferior dan begitu juga sebaliknya tidak merasa superior. Keseimbangan, itu kata kuncinya.

Mengenai apakah dalam kesempatan yang akan datang masih berkenan memakai Toba Dream di blog ini, tentu saja masih bersedia laeku, sepanjang alasan-alasanku menurunkan logo itu seperti kuuraikan di atas sudah bukan masalah bagi pihak Toba Dream sendiri.

Terima kasih sekali lagi lae sudah ikut mewarnai blog ini. Akan lebih bagus dan bermanfaat buat batak-batak keren kalau lae mau bercerita mengenai pengalaman lae merantau di Amerika, dengan segala suka dukanya. Aku dengar orang-orang Cina di sana sangat gemar rempah-rempah sejenis andaliman. cerita dong lae,

Mauliate
Horas

@ nirwan panggabean

yang sudah pasti lae, dengan perubahan ini aku bisa meyakinkan diri masih newable; masih mau dan mampu berubah.

mengenai informasi-informasi berharga, kuusahakan semampuku, lae. sebenarnya lae pun bisa ikut berpartisipasi. tulis sajalah apa yang ada di pikiran lae. anggap saja sedang menulis komentar, cuma lebih rinci dan panjang tentunya.

mauliate laeku

@ tano batak

Zadi malu aku bah membassa komen laeku yang keren ini. Wah, betul lae harus berkunjung ke Dolok Nagodang, dan jangan lupa minum di MUAL di kampung hula-hulamu itu hehehe…

Dolok Nagodang lumayan terawat baik lae. Cuma sayang, penghuninya sekarang kebanyakan manula karena generasi muda merantau semua.

Kalau sempat naiklah ke perbukitan di atas desa itu, lae, di sana ada yang namanya PARPATIHAN, hanya tumbuh sebatang pohon BINTATAR. Itu tanda kesepakatan para raja ketika merumuskan hukum, di masa lalu.

Tapi sebelum ke Parpatihan, lae akan melihat sebuah tambak yang cantik, itulah kompleks makam keluarga besar kami. Ada relief di dindingnya, yang menggambarkan sejarah keluarga besar PANGARAJA MANURUNG.

Dan sambil jalan bersiul-siul, lae boleh memetik buah ARAMONTING yang banyak tumbuh sebagai semak liar di perbukitan itu. Di sanalah dulu RAJA HUTA (ompungku) mencari tanaman untuk bahan ramuan obat. Dia memang seorang PANGOBATI yang tersohor di masanya.

Mauliate lae.
Horas

Raja Huta

Horas ma di lae Raja Huta

Hula-hulai do hamu hape .

Ia hami Samosir Rumabolon pamoruon muna do . Jala sonduk hela do ompu nami di Lumban Samosir Janji Matogu Porsea ( di topi tao nadi toru-toru i ) , jala disi do tugu Parsadaan nami Samosir Rumabolon na di Pestahon taon 1995 ( kebetulan dohot do iba tingki na marpestai ) .
Mansai las do roha lae adong media komunikasi songon on di hita , gabe boi hita marpollung tubu songon angka ompunta najolo di angka PARTUNGKOAN .
Mansai bahat do angka topik naboi si bahas onta di forum on.sai anggiat adong dapot hita angka solusi dohot hasadaan ni pingkiran mangeahi angka nadumenggan di hita saluhutna.
Ah lae gabe malungun do roha di ARAMONTING dohot tabo ni dali ni horbo nadi onan tombis Porsea i .

Horas ma di lae , unang mar nabias lae laho MEWUJUDKAN BATAK KEREN i ate lae.

R.Samosir
SHE Superintendent EMP Malacca Strait

@ Els Angely

Betul, lae Charlie M Sianipar memang batak keren yang pantas jadi kebanggaan kita bersama. Laeku ini adalah kombinasi sejumlah kontras yang entah bagaimana caranya bisa dia padukan.

Siantar-man ini punya perawakan yang “keras”, namun tutur katanya lembut, persuasif, dan sering disertai senyum yang hangat. Dia seorang peniaga, namun fotografer pula; dan kebanyakan hasil jepretannya kental sekali dengan nuansa keheningan. Dan yang tak kalah “anehnya”, dia sangat getol mengkampanyekan agar para ortu mengajarkan anak-anaknya berbahasa Batak.

Keren kan ?

@ srikandini

sogok dulu dengan lomang ito, supaya difotonya ito, dan pasti sattik sekali hehehe…

titip salam buat gabe, boru Batak yang keren, sambil tetap jadi anak gaul yang berprestasi.

@ Syahrul Hanafi Simanjuntak

Mauliate lae. Aku baca berbagai komentar lae di blog ini, dan di blogku yang satu lagi, serasa aku mendapat suntikan multivitamin dosis 750 gram hehehe…

salam kenal laeku, dan mauliate sekali lagi atas dorongan semangat yang lae berikan. Oh ya, kalau lae tak keberatan, tetaplah memanggilku Raja Huta di blog ini meskipun identitasku sudah kubuka. Oke ?

Horas Lae… selalu ada plus minus dalam berkarya bila memakai nama samaran atau nama asli. Semua tergantung persepsi setiap orang. Tetapi yang pasti, tulisan Lae bagi saya banyak memberi pengetahuan… Kapan lagi kita ketemu ya Lae seperti yang di TobaDream Cafe Juni lalu?? Horas ma Lae… Godang tabe tu sude akka dongan di KTD….

@ Togar Silaban

bah protesnya laeku ini padahal awak bermaksud memujinya hehehe…sejujurnya aku memang merasa tersengat membaca komentar lae waktu itu; justru karena aku sependapat dengan lae.

Mauliate

Horas

Raja HUta

@ Raja Huta

Horas
salam persaudaraan Manurung Sipolin-polin juga, panggil aku adek aja aku Manurung SImanoroni pungguan Raja Palubis asal muasalnya sih kata Bokap dari Lumbanbinanga SIubakubak Porsea

aku ada usul:
Gimana kalo diganti namanya dari TObadream menjadi Batakdreams or Batak 4ever biar beda dgn KTD dan juga biar jelas mengayomi seluruh subetnis Batak (usul aja sich Bang) hehehehe

VIVA BATAKS

alah…. cuma batak face aja neko neko.
gue kira ada apa. ternyata cuma disuruh lihatin batak face.

@ Stephen Lupin Bako

HORAS Haha Doli,
Las roha nunga sahat hamu di tano ni Raja Huta on.

Tongtong do iba manat mangalangka, tarlumobi ma di huta ni si maya na so martopi on. Sotung sala manghatai iba tu angka Raja na ro, maila iba annon molo pajolo hu iba manghatai, na nisise ndang halak na tingkos nitodo.

GORGA art photography goar ni photo gallery do i na hubahen
di son

@ Ratu Adil Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu

Orang Batak tidak mengenal suku kata “Neko Neko”
Saya tidak tau anda datang dari daerah mana yang mengenal kosa kata tersebut. Bila kamu diajarkan dengan istilah tersebut, itu warisan dari leluhurmu yang diserap bangsa ini.

Saya melihat anda, rasial. Bila anda tidak suka wajah Batak, lewat saja kenapa? Kebetulan anda lewat dan meninggalkan sampah disini. Carilah blog dimana kamu bisa “Neko Neko” dan buat sendiri blog mu. Jangan buang sampah ditempat orang lain.

Horas lae RH,
Akhirnya terbuka juga nih.. he he he.
Okay lae, maju terus!

@Ratu Adil Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu
Komentarmu kalah panjang sama Idmu. Idmu bagus(?), tidak dengan komentarmu.

@ semuanya

mohon maaf bagi pren-pren yang telah memberikan komen pada postingan ini namun belum aku tanggapi. selain karena aku agak sibuk belakangan ini–dan lebih memprioritaskan moderasi diskusi yang sangat berbobot dalam artikel ito Srikandini mengenai ikrar raja-raja Mandailing; juga karena aku berkeinginan menanggapi secara personal semua komentar pada postingan ini.

terima kasih atas pengertiannya.
mauliate,
horas

Raja Huta

@ Ratu Adil Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu

Hehehehe…aku jadi ingat waktu kuliah dulu di jakarta, banyak lho cewek2 kampus yang jatuh hati padaku……..sering kutanya mereka ‘kenapa’ suka aku, jawab mereka KARENA AKU ORANG BATAK, sungguh itu jawaban mereka.
Jadi face batakku ini ternyata laku keras juga di batavia sana ya hehehehe

horas..

horas tulang…horas di hamu tulang MANURUNG,horas tu dongan dohot ale-ale
sian ahu dongan naburju

Ratu Adil Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu
(RAJA NASIAKBAGI PANDITA NABADIA NASUMURUNG)

sai adong ma nian hata2 nabadia di blog on dohot sejarah ompung2 manang natua2 nalambas maroha jala naburju diulas tulang manurung…asa boi nian hami naposo on mamboto dohot marsiajar sian ni.
mauliate

(masa kita kalah ma sejarah bangsa jahudi)

horas..
holong do na uli di portibion

@ kala senja

terima kasih kawan.

memang…batak itu keren!

@ arif sipayung

apa kabar laeku ? cukup lama juga aku merasa kehilangan komentar-komentar lae yang hangat bersahabat, dan rendah hati.

cerita lae mengenai dialog dengan teman dari sidikalang itu menarik sekali. tapi, harus kuakui, keunggulan blog ini dalam konteks itu hanyah kecepatannya mencomot informasi dari sumber-sumber yang layak dipercaya dan menyiarkannya kembali.

aku janji laeku, integritas blog ini akan terus kupertahankan, karena menurutku itulah nilai terpenting dari blog gratisan ini.

mauliate laeku,
horas

Raja Huta

Horas Lae Charlie Sianipar.

Mungkin tersinggung kali lae Charlie Sianipar karena saya bilang saya adalah abangnya, okey maaf lae ini adalah salah satu panggilan yang baik buat lae Charlie Sianipar makanya tak di balas lagi tulisan aku.,bye bye !!!!!

Hallloooo Raja Huta

Okey laeku Raja Huta kalau ada waktu lae harus usahakan datang di America untuk menambah segala-galanyalah saya katakana karena di sini semuanya serba ada.

Terus terang saya bilang lae pola pikir kita di Indonesia menilai America itu sangat jauh ber beda kalau kita sudah mengetahui tentang sikon di Negara Paman sam ini.

Boleh saya katakana bahwa Negara America ini adalah salah satu Negara yang di berkati Tuhan, kenapa saya bilang begitu hampir semua mahluk hidup dapat perlindungan sama dengan manusia.

Kalau kita mengendarai kendaraan takkan pernah mendengar klekson mobil terkecuali si pengendara itu sudah marah baru terdengar suara klekson

Kalau kita berkunjung ke America adalah factor nasib, banyak orang yang punya uang di Indonesia yang ingin ke America belum tentu dapat terkabul karena visa di Kedutaan U.S.A.yang menentukan.

.Soal mengenai rempah2 Cina memang banyak, sama dengan di Pasar Glodok juga termasuk andaliman dan aramonting tak ketinggalan masuk kenegara adi daya ini apalagi ikan tori dari Bagan Si-api2 menghadirkan diri mengunjungi America tanpa visa boleh dia masuk, di ajaknyapula Joring& palia buat tambul makanya makin sodap di Negara ini karena hasolomanpun bisa. di peroleh seperti naniura,natinombur,naniarsik, nainigotaan terkecuali naimalvinas.

Okey lae mudah2an bisa mendapat kesempatan datang di America, saya siap menjemput di bandara, juga siap tinggal di rumah gubuk saya asal kuat menderita dengan saya.
Terima kasih bu semoga sukses segalanya .

Stephen Lupin Bako
10567 Ohio St Loma Linda
Califonia 92354 U.S.A.
October, 16. 2008

E-mail ( pakbako@Hotmail.com )
Boaboa’s friendster.com ( sedikit ada perobahan dari friendster yg lama)

( youtube: tulis Bakopakpak clik Bako Lupin Stephen )

Cellphone ( 909 ) 5200-337

@ par pasar opat tebing

Mauliate lae. Aku harap lae pun ikut berperan, misalnya dengan menulis artikel seperti dilakukan ito Srikandini br Pohan, dan lae Nirwan Panggabean.

Aku akan menjadikan blog ini sebagai media citizen journalism atau pewarta warga.

Mudah-mudahan saja para petani di bonapasogit dapat berperan juga, misalnya menulis tentang hasil panen yang bagus, krisis air, atau hilangnya pupuk dari pasaran.

btw lae berasal dari tebing ya ? marga aha do laeku, manang appara do ulaning ?

@ R Samosir

Horas lae kandung. Ba parjanji matogu do hape lae ate. Huta nami i dolok nagodang do laeku. Jonok dopei. Sampe sonari tu janji matogu do parhutanami singkola smp.

Molo tarsor mulak lae tu bonapasogit, sangahon lae ate asa pajumpang hita jala masitandaan i jakarta.

Las do roha mananda angka bere naburju songon hamu laeku. Ai lae monang naipospos pe (blog partungkoan tanobatak) nahormatan siala mangalap boru nami nasida. Sipata gabe segan roha, ai tungido sodapma nasida manggora iba “Among”…

horas

@ santrov

bagaimana kabarmu laeku ? biar cuma sebentar kita marmitu waktu kopdar itu, memang sangat berkesan, soalnya sudah lama “saling kenal” di dunia maya.

sukses selalu lae.

horas,

Raja Huta

teman gw ada yang nanya ( dia chinese ) .. Toba Dream apaan sih?

ternyata ada di sini jawabannya🙂

salam kenal Lae🙂

@ Partomuan Manurung

Baiklah adinda, Bah, bangga aku kali aku poang manggil adik kepada intelektual muda yang brilian, namun santun ini. Hebat kau adinda Partomuan, aku senang membaca komentar-komentarmu.

Kapan-kapan kita aturlah bertemu. Kontak dulu ke emailku : robertmanurung@yahoo.com. oke ?

@ Ratu Adil Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu

Piye to Mas ? Sampeyan ngerti apa ora unggah-ungguh ?

Mbok yo ojo ngenyek gitu karo sing punya umah. Yen sampeyan ora seneng ngeliat batak face-ku sing ganteng kuwi, yo wis minggat sono. Dadi wong ojo sombong!

matur nuwun sederek.
Horas,

Raja HUta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 602,498 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: