batak itu keren

Sekilas Tentang TobaDream Vocal Contest 2008

Posted on: 8 Agustus, 2008

“Kami bukan cari juara, namun mencari bintang.” tutur Viky Sianipar pada workshop finalis kamis lalu di VSMC, “Dan bintang itu belum tentu sang juara. Menurut “catatan rahasia” saya, sejauh ini sudah ada 5 bintang di TDVC 2008 yang kalau “diolah” dapat bersinar terang jadi artis nasional. Kriteria itu antara lain dari karakter suara, teknik suara, aura di panggung, outter dan inner beauty

TOBADREAM Vocal Contest 2008 berlangsung sejak awal Juni lalu. Diawali dengan babak audisi yang meloloskan 80 dari 81 peserta. Berbeda dengan tahun lalu, jumlah peserta yang lolos 75 dari 105 calon. Hal ini menunjukan bahwa publik sudah mengetahui kualitas dan tingkat kesulitas TDVC, sehingga tidak sembarangan orang mendaftar kecuali yang merasa dirinya sudah siap untuk “digembleng” di TDVC.

Tahap-tahap TDVC di bagi menjadi babak penyisihan I, II, III, semi final (20 peserta), dan final (10 peserta). Babak final akan digelar 9 Agustus 2008.

Keunikan dari TDVC : di antara setiap babak diadakan workshop bagi para kontestan. Mereka dibimbing untuk menjadi penyanyi yang baik dan profesional oleh para pembina TDVC. Adrian Warraou dan Dipo Pardede untuk teknik vokal, Viky Sianipar untuk musikalitas dan performa panggung, dan Ramona Purba untuk pengucapan bahasa (Toba, Karo, Simalungun).

Di dalam workshop inilah sebenarnya TobaDream menjalankan misinya “Save The Music” dengan terlebih dahulu menyelamatkan potensi para penyanyinya (“Save the Singer”), dengan harapan akan lahir kembali bintang-bintang baru di industri musik Batak yang bertaraf internasional.

Untuk menghasilkan penilaian yang adil, semua kontestan bernyanyi diiringi oleh musik tanpa vokal (minus one) yang dibuat terlebih dahulu oleh music director, Viky Sianipar. Para kontestan juga diharuskan hadir setengah jam sebelum kontes berlangsung untuk melakukan sound check dan memastikan mereka merasa nyaman dengan kondisi panggung dan sistem monitoring suara.

Komunitas TobaDream mempercayakan tim juri yang beranggotakan Dipo Pardede, Adrian Warrouw, dan Monang Sianipar untuk menyeleksi calon-calon bintang ini. 10 perserta terbaik akan direkam suaranya dalam bentuk satu album kompilasi yang langsung di produseri oleh Viky Sianipar.

“Kami bukan cari juara, namun mencari bintang.” tutur Viky Sianipar pada workshop finalis kamis lalu di VSMC, “Dan bintang itu belum tentu sang juara. Menurut “catatan rahasia” saya, sejauh ini sudah ada 5 bintang di TDVC 2008 yang kalau “diolah” dapat bersinar terang jadi artis nasional. Kriteria itu antara lain dari karakter suara, teknik suara, aura di panggung, outter dan inner beauty

Acara final TDVC diadakan pada tanggal 9 Agustus 2008 di MS hall, Viky Sianipar Music Center, Jl. Minangkabau Timur 43, Jakarta, jam 19.00 malam dan akan dikemas selayaknya Music Concert. Robet Simanjuntak selaku show director telah menyiapakan sajian menarik di acara tersebut seperti desain panggung, lighting, video opening, dan video profil dari masing-masing peserta. Acara itu juga akan diramaikan dengan penampilan Viky Sianipar Band dengan para semi-finalis TDVC yang tidak lolos ke babak final.

Sumber : surat elektronik (email) dari Viky Sianipar

====================================================================

http://www.tobadreams.wordpress.com

3 Tanggapan to "Sekilas Tentang TobaDream Vocal Contest 2008"

Ini di Juaranya, Monica , dia senang dipanggil dengan QQ
Masih muda, mahasiswi dan berdarah Batak-Manado.

gimana ya cararanya mempublikasikan lagu-lagu ciptaan sendiri? soalnya aku punya beberapa materi lagu2 ciptaan ku sendiri. tolong ya dibantu!!! mana tau bisa jadi top hits batak. thank’s.

aku pengen bgt jd penyanyi….
kpn lg c diadain audisinya????
hub aku dunk…. coz 2 thn kmrin aku ikutan…. dan sekarang pngen ikut lg…
sapa tau salah satu kategorinya bang viky…. iya kan??? hehehehe
sukses terus y toba dreams
semangat!! yesus memberkati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 602,124 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: