batak itu keren

Hutan Lindung di Dairi Tetap Akan Digarap Oleh DPM

Posted on: 28 Juli, 2008

INI kabar gembira buat pendukung perusakan lingkungan hidup di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Hutan lindung seluas 37 hektar di Kecamatan Silimapungga-pungga, Kabupaten Dairi ; yang merupakan daerah tangkapan air dan habitat harimau Sumatera; dipastikan bakal dapat izin dari Departemen Kehutanan untuk diubah jadi lokasi penambangan timah hitam dan seng oleh PT Dairi Prima Mineral (DPM).

Kepastian itu disampaikan dengan begitu antusiasnya oleh anggota DPR-RI, Maruahal Silalahi, sehingga menimbulkan kesan seolah-olah alih fungsi hutan lindung tersebut akan otomatis mengubah nasib masyarakat Dairi mendadak makmur. Selain itu, cara Maruahal menyampaikan “kabar gembira” itu kepada wartawan, tidak ada bedanya dengan gaya humas DPM.

Berikut ini kutipan pernyataan Maruahal, yang aku comot dari Waspada Online :

Izin pinjam pakai hutan lindung pasti keluar

SIDIKALANG – Izin pinjam pakai hutan lindung yang dibutuhkan PT Dairi Prima Mineral (DPM) yang berlokasi di Kecamatan Silimapunggapungga Kab.Dairi, pasti keluar. Hal itu dijelaskan anggota DPR RI,Maruahal Silalahi,SH kepada Waspada, Sabtu (19/7) di Sidikalang.

Menurut Maruahal, izin yang dibutuhkan DPM dari Menteri Kehutanan (Menhut) itu pasti keluar. Sebab DPR RI sudah setuju. Kini prosesnya sudah di tangan Mensesneg. Namun Maruahal tidak dapat memastikan, apakah surat izin yang dibutuhkan PT DPM bisa keluar tahun ini. (ron/c08)

17 Tanggapan to "Hutan Lindung di Dairi Tetap Akan Digarap Oleh DPM"

“Yang pinjem harap ngisi bensin”, bunyi stiker yang di tempel di kendaraan oleh pemiliknya. Berharap tapi pasti, tidak boleh tidak. Harus isi. Sekalipun stiker hanya berbunyi ttg ngisi bensin, bila terjadi kerusakan pada kendaraan saat di pinjam, peminjam wajib memperbaikinya.

Apakah PT DPM kelak akan mengembalikan hutan lindung (register…) secara utuh, lengkap dengan hutan dan harimaunya beserta ekosistemnya?

Turut berduka cita !!!!!!

Dasar Dewan Perwakilan Perusahaan bukan DPR, jangan-jangan sudah dapat banyak setoran kayak Al-Amin dan yang lainnya yang terlibat kasus alih Fungsi Hutan.

Usul saya kita buat surat penolakan beramai-ramai kepada Menteri Kehutanan supaya ijin tetap tidak dikeluarkan. Dan bagi saudara-saudaraku perantau dari Sidikalang kita bersama-sama menolaknya. Kita sadarkan juga saudara-saudara kita yang di kampung, bahwa kesejahteraaan yang akan diberikan proyek itu hanya mimpi. Mari kita hidup di dunia nyata. Sudah berapa banyak proyek besar yang justru menyengsarakan masyarakat lokal. Jika terjadi bencana yang menderita kita di kampung, mereka yang datang ke sana bisa dengan sekejap terbang kedaerahnya. Belajarlah dari Freeport dan Lapindo.

Salam kasih
Delima

@ delima

Mauliate ma di Debata. Terima kasih Tuhan.

Akhirnya… ada juga putra Dairi yang berani bersikap, punya integritas dan visioner. Tidak ikut-ikutan terbius oleh ilusi kemakmuran instan. Tidak mau dibodohi seperti kuda kelaparan yang terus berlari mengejar rumput yang diikat di depan matanya…

Ito delima, kebetulan aku dan segelintir kawan sudah merencanakan mengirim surat ke Menteri Kehutanan supaya alih fungsi hutan lindung di Dairi jangan diterbitkan izinnya. Mari bergabung seperti sapi lidi.

Kirimkan SMS ke HP 0815 8657 0123, dengan menyebutkan nama dan dukungan terhadap gerakan penyelamatan hutan lindung Dairi. Nantinya aku akan hubungi ito untuk mengatur rencana rapat gerakan tersebut. Undangan ini berlaku bagi siapa saja yang mendukung gerakan penyelamatan hutan lindung Dairi, dengan prosedur yang sama yaitu lebih dulu mengirimkan SMS. Mohon maaf jika ada yang menelpon tanpa kirim SMS dulu, pasti tidak diangkat, karena aku memang tidak pernah melayani panggilan telepon tanpa identitas.

Mauliate.
Raja Huta

Masih lumayan kuda yang kelaparan yang ngejar rumput daripada kuda liar yang matanya ditutup…ga jelas kemana arah larinya.. nabrak2… Ngomong2 udah pernah ke lokasi pertambangan itu belum?

horas

masyarakat di sana itu pro kontra lae..
adakah solusi yg baik untuk anda ajukan,demi berjalan seiringan kedua belah pihak yg pro kontra?

tambang tetap buka,dgn hutan tidak rusak dan meminimaliskannya pencemaran lingkungan.
itulah yg di inginkan oleh sumua pihak.

atau anda tidak menginginkan dairi maju lae….
holan songon i torus,

nga bosan be hami songon on torus.

HORAS MA

horas untuk smua,

Dimana-mana pro kontra itu ada dan itu wajar, skarang kita hanya milih mana yang terbaik aja,
Memang suatu daerah yg tidak memiliki sumber daya alam boleh dikatakan perekonomiannya jalan ditempat seperti yg dikatakan lae sidabariba “holan songoni torus”

Memang jika proyek ini jalan dipastikan akan terjadi kerusakan dan ini yg perlu dipertanyakan terhadap pihak pengelola i.e PT.Dairi prima Mineral apakah mereka mau mereboisasi lahan yang digarap untuk meminimalisasi kerusakan?????

Jika kita sedikit melancong ke Kalimantan, Didaerah ini juga udah rusak parah, setiap kabupaten bahkan kecamatan pasti ada tambang batubara, memang masyarakatnya boleh dikatakan makmur tapi itu sekarang, kita tidak tau apa yang terjadi dikemudian hari.

Saya tidak tau pasti apakah PT.Dairi Prima Mineral berasal dari Australia atau Chinese karena setau saya kalau perusahaan dari Australia boleh dikatakan Bagus dibanding China karena mereka mempunyai Standard operational Procedure yg bagus juga kesejahteraan karyawan mereka masih jauh legih unggul.

Note:
(1)Jika proyek ini jalan diharapkan Karyawannya diutamakan masyarakat dari daerah dairi/sekitanrya biar benar kesejahteraan terlihat bagi masyarakatnya tapi kalau tenaga ahli tetap harus dari pihak management itu sendiri.

(2)Diharapkan jangan sampai terjadi persoala-persoalan yang megarah pada kekerasan disana.

Horas

Tamrin Simamora

Kepada semua orang Batak dan pakpak, marei tolak dan tutup PT DPM, karena :
1. Berada di kawasan lindung yang nota bene ada 57 pemukiman di kawasan tersebut berada di kab pakap Bharat dan Kab Dairi.
2. Banyak persawahan rakyat, yang airnya bersumber dari Hutan Lindung Reg 66.
3. Ketika eksplorasi berjalan, bahawan Satwa yang berlarian bahkan ada yang masuk ke perkampungan danmenggangu masyarakat.
4, PT DPM melakukan politik pecah belah dengan memberikan CSR terlebih dahulu , walaupun DPM belum mendapatkan keuntungan ( CSR tutup mulut rakyat itu namanya ).
5. Pola penjinakan manusia yang terjad di kawasan DPM sama dan sebangun dengan pola yang di lakukan oleh PT IIU pada jaman dulu.
6. DPM akan menimbulkan pola perobahan sosial masyarakat, sebuah bukti dilapangan bahwa banyak kaum ibi yang lebih baik membantu kerja mocok-mocok mengangkut barang-barang DPM dari pada ke Ladang.
7. Perobahan iklim sudah sangat terasa di kawadan DPM ( parongil sekitarnya ).
8. Banyak keluhan masyarakat bahwa air untuk irigasi sudah mulai surut, sejak adanya kegiatan ekplorasi di beberapa titik.
9. Hutan lindung Reg 66 adalah kawasan Home range Hariamau sumatra, hingga ke TNGL.
10. PT.DPM telah mengabaikan hakulayat marga tanah dan marga pendatang.

Mari satukan suara dan gerakan.
1. Tutup Tambang.
2. Pemkab suarakan Nuranimu, jangan karena melindungi investor, hak ketenagan hidup rakyat jadi diabaikan, ingat bahwa manusia di sana adalah manusia beradat

Njuah juah. Banta karina

Dengan berbagai macam munculnya tanggapan2 mengenai Proyek yang ada di Sopokomil, membuat para orang yang menampilkan idenya bermunculan di media Internet.

Salah satu ide yang bagus datang dari Saudara Nurhalim Simanjutak, memberikan suatu tanggapan yang positif untuk mendapatkan perlindungan dari pihak P.T.DPM. sebagai pelaksana Proyek terbesar bagi masysrakat Sopokomil dan sekitarnya.

Alangkah baiknya bilamana diantara bapak/ibu saudara/I yang telah membaca Propossal yang di ciptakan Saudara N.Simanjuntak ini kiranya dapat di usulkan kepada

Pemerintah setempat dan juga kepada P.T.DPM. agar ter cipta suatu kondisi yang aman dan tentram yang membawa keuntungan dan kemakmuran di semua pihak.

Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada saudara N.Simanjuntak atas upayanya memberikan sesuatu pandangan yang begitu mantap tentang kehadiran Proyek tersebut.

Dengan demikian akan ter ciptalah suatu Negara yang adil dan makmur, dan harapan kami bagi bapk/ibu saudara/I kiranya dapat menyumbangkan buah pikiran yang bagus seperti Sdr.N.Simanjutak

Sekali lagi saya mengajak bapak/ibu dan saudara/I sekalian untuk melihat Propossal yang di tayangkan saudara N.Simanjuntak di Blognya Pak.Hutasoit.

Terima kasih selamat berjuang

Stephen Lupin Bako
10567 Ohio St Loma Linda
Califonia 92354 U.S.A.
October, 21. 2008
E-mail ( pakbako@Hotmail.com )
Boaboa’s friendster.com
( youtube: tulis Bakopakpak clik Bako Lupin Stephen )
Cellphone ( 909 ) 5200-337

Njuah_njuah mo mendahi kita krina idike pe merbekkas…….

Sebagai putra pakpak Dairi, tentunya saya sangat berharap dengan adanya DPM di sapokomil, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Dan kepada PT.DPM kiranya bisa mengutamakan Putra/i setempat untuk dipekerjakan sbg karyawan PT.DPM.

Horas ma di hita sude…

Saya a/salah 1 anak yg dilahirkan di sekitar hutan lindung itu krn disitulah tepatnya rumah kami hingga sekarang!Walaupun saat ini saya berada di Jakarta (tp orang tua beserta keluarga masih disana) saya tetap mengikuti perkembangan masalah ini. Intinya boleh saja DPM beroperasi yg nantinya diharapkan dapat lebih mensejahterakan masyarakatnya tapi tolong di lihat dong bahwa itu a/tanah kami & jgn hanya diganti dengan biaya yg tidak masuk akal….mungkin bagi sebagian orang di sopokomil itu sudah cukup tapi saya berpendapat jauh dari cukup karena setelah tanah kami habis semua diambil DPM kami tidak memiliki apa2 lagi di tanah kami pernah dilahirkan & dibesarkan, di tanah kami masih dapat melihat binatang hidup dengan damai..harimau sumatra yg menurut data saat ini tidak lebih dari 500 ekor yg hidub mau dikemanakan???Jangn kita jd pemusnah binatang seperti yg terjadi dengan harimau Bali yg kini sudah punah karena keserakahan manusia, karena mereka bukan milik kita.
Apa binatang2 itu mau digantikan dengan binatang2 berdasi yg saat ini sedang ada di-kota2 besar seperti Jakarta dengan segala kemewahannya??Beda amang….binatang2 itu tidak bisa hidup bergelantungan di pohon dan makan di-semak2 hutan belantara!!Biaya hidup mereka terlalu mahal tp murah u/diberikan pada kami..dan itu yg akan diperlihatkan pada kami??Tidak…tidak Amang..kami ingin semua hidup dengan damai, kami bisa hidup dengan damai dan kawan2 kami di hutan sanapun demikian. Selanjutnya harapan saya pemerintah melalui aparatur negara juga preman2 berdasi di DPR dapat bertindak lebih bijak.

Mauleate.

Horas..
Menurut saya sbg putra Dairi (sidikalang), biarkan saja PT. DPM beroperasi mengelola SDA yg kita miliki. Karena dengan kehadiran PT.DPM ini, tentunya akan memberikan keuntungan (langsung maupun tidak langsung) bagi masyarakat Dairi khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.
Saya juga sadar, dengan beroperasinya tambang PT.DPM ini, tentunya juga akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan disekitar tambang, khususnya Hutan Lindung register 66 Batu Ardan.
Tapi, dengan adanya kerja sama dan koordinasi yg baik antara masyarakat, PT.DPM, dan pemerintah, kita dapat meminimalisir kerusakan lingkungan (dampak buruk operasi pertambangan) dengan terwujudnya Good Mining Practice dan operasi tambang yg berwawasan lingkungan. Untuk itu, lebih baik kita bekerja bersama untuk “mengawas” keberlangsungan operasi tambang PT.DPM dari pada kita bekerja untuk menolak hadirnya pengelola SDA di tanah Dairi tercinta.
Horas…

Horas,… Taida ma aha namasa,… sat ini saya bekerja di salah satu pertambangan terbesar di dunia,.. dan apa yang terjadi di setiap daerah yang sama seperti kita alami, akan terjadi juga di PARONGIL sekitarnya,.. Tamiang ma ta gogo i,..Agar kelak dapat yang terbaik bagi masyarakat setempat, Belum apa-apa sudh banyak mementingkan kepentingan pribadi,.. Hancur lah,….

Sebuah Study Kelayakan ( FS ) proyek tambang biasanya dicreate sedemikian rupa supaya layak secara tekno- ekonomis. Kajian dampak eko sistem dan sosialnya juga dipoles dan dibuat janji-janji muluk. Kalau dibuat neraca untung-rugi suatu kegiatan tambang yang membongkar perut bumi didaratan pasti lebih banyak rugi dari pada untungnya. Untungnya hanya untuk investor dan kaki tangannya antara lain para surveyor, birokrat ( DPR , Pemda dan calonya ) ruginya pasti pada masyarakat dan alam lingkungannya. Investor manapun tidak akan mau rugi dalam menjalankan usaha dan mereka sudah punya strategi untuk mencapainya tanpa mempertimbangkan dampak kerugian yang timbul pada pihak lain selama dan pasca kegiatan eksploitasi.
Jadi yang ngomong proyek ini pasti menguntungkan masyarakat Dairi khususnya penduduk sekitar tambang adalah Judas Iskariot yang menjual harga dirinya demi dollar untuk perut sendiri.

njuah-njuah kita karina……..
trimakasih untuk kawan-kawan yang telah sadar akan kesadaran ke kritisannya……….

memeng kehadiran DPM merupakan polemik berkepaNJANGAN antara masyarakat dair…

saya berharap sekali kita anak dairi
untuk mengadaka diskusi forum mengenai problema yang terjadi saat ini ……………..agar apa yang tesimpan inde dalam benak pikiran kita… dapat kita tuangkan bersama… sehingga dapat menemukasn sebuah solusi yang baik untuk kepentingan kita bersama…………..

mungkin bulan 12 saya akan bertolak ke sidikalang….. dari jogjakarta.. mungkin kami nanti ada perwakilan dari ikatan mahasiswa pakpak yogyakarta yang akan bertolak ke sdk , termasuk saya .
rencana akan di buat pertemuan mengenai hal ini ………

oleh sebab itu ,,, di harapkan partisipasinya untuk mari kita bergabung demi masa depan dairi tercinta kita ……………….

njuah-njuah ko banta karina…………..
j

all…………

yg namanya pertambangan akan merubah struktur tanah,tapi sgala perubahan ada skala ambang batas/standart yg harus dipenuhi oleh perusahaan tsb

horas

tulisannya cukup menggugah pak…
masih banyak daeral lain di Indonesia yang mengalami nasih yang serupa atau bahkan lebih parah…

apakah saya bisa mendapatkan data lebih jauh mengenai PT. Dairi Prima Mineral???mohon bantuannya pak…terima kasih banyak.

bravo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 602,498 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: