batak itu keren

Tio Fanta Pinem, Calon Wakil Bupati Dairi

Posted on: 1 Juli, 2008

ARTIS menjadi politisi kini sedang ngetrend di Indonesia. Dan entah sekadar ikut-ikutan arus oportunisme itu, Tio Fanta Pinem, penyanyi tersohor asal Dairi, baru saja mendaftar sebagai calon wakil bupati daerah itu untuk periode 2008-2013. Pilkada Dairi akan digelar 27 Oktober mendatang.

Pelantun lagu Ngarep Gestung Api bas Lau dalam album Indonesian Beauty, garapan Viky Sianipar ini, berpasangan dengan calon bupati Tunggul Sihombing; dosen Universitas Sumatera Utara. Dan sebagaimana trend pada semua pilkada di Indonesia, mereka pun membuat akronim bermakna dari gabungan nama keduanya : Tung Tio.

Boleh juga akronim mereka. Sederhana namun maknanya dalam. Tung tio (bahasa Batak) artinya : sungguh jernih. Dan menariknya lagi, Tung Tio maju dalam pilkada Dairi sebagai calon independen alias perseorangan.

Diminta oleh masyarakat

KALAU dirunut kronologis pemberitaan media massa,. bisa dikatakan, pasangan Tunggul dan Tio maju ke gelanggang Pilkada Dairi karena diminta oleh masyarakat setempat. Status mereka sebagai calon independen juga menggambarkan itu secara gamblang.

Ya benar, saya memang diminta menjadi wakil bupati tetapi hingga kini saya belum memberikan kata ya,”ujar penyanyi bersuara merdu itu ketika ditanya wartawan, 1 Juni lalu di Medan. Saat itu dia menghadiri acara peletakan batu pertama rumah ibadah Gereja Kristen Batak Protestan (GKBP) Pasar Tujuh, Padang Bulan.

Barulah dua minggu kemudian dia memberikan jawaban positif. “Kalau warga menginginkan, mengapa tidak. Dan siapapun kemudian pemimpinnya nanti juga harus kita dukung. Ini kan demokrasi, kita ramaikan pesta demokrasi. Masyarakat berhak memilih dan dipilih,” ujar putri tokoh adat dan pengusaha terkenal Dari itu.

M.Pinem (almarhum), ayah Tio, adalah tokoh adat dan seni budaya di Dairi. Sanggar keseniannya, “Bengkel Pinem”, merupakan oase bagi kehidupan seni di daerah itu.

Dan bagi Tio, Dairi merupakan bagian dari kehidupannya sekarang ini, meski dia menetap di Jakarta. Bahkan sering kerinduannya tak terbendung, sehingga jika diundang manggung di Medan, dia pasti menyempatkan ke kampung halamannya di Dairi.

Saya homesick (rindu pulang kampung), melihat orang tua saya dan saudara-saudara lainnya,” ujar Tio yang mengaku tinggal di Sp SM Raja Sidikalang.

Menjawab pertanyaan langkah yang akan dilakukannya ke depan jika berpaket dengan Tunggul Sihombing sebagai wakil bupati, Tio menyebut dirinya akan saling memperkuat

Membantu kesenian, mendukung pluralisme

SELASA 17 Juni, Tio singgah di sanggar Constelatio di Jalan Beringin No 8, Padang Bulan ,Medan. “Sebagai seniman, saya punya sense yang sama dengan adik-adik di Constelatio. Jadi wajar saya semangati mereka, ” tutur penyanyi kelahiran Sidikalang 17 Maret 1964 itu, yang hadir bersama suaminya, Isfridus Raja Nemani Sinulingga.

Paduan Suara Constelatio memang sedang mempersiapkan 43 anggotanya untuk bertanding dalam Olimpiade Paduan Suara di Wina, Austria. Dan kebetulan, Tio adalah Bendahara PESIKAPI (Persatuan Seniman Karo dan Pemerhati Indonesia). Dalam kesempatan itu dia memberikan bantuan pribadinya buat Cosntelatio.

Pemerintah juga harus ikut membantu. Mereka (anak-anak di Constelatio) ini kan ibarat anak kecil, harus terus diperhatikan. Mereka harus diberi semangat,” ujarnya waktu itu semberi menekankan,”Sumut itu ibarat pelangi, warna-warni dengan beragam etnis, karenanya kita harus pelihara dan jaga.”

Selanjutnya pelantun tembang Mbiring Manggis yang tenar tahun 1990-an mengatakan, tidak ingin dilihat sebagai sosok artis jika nantinya terjun ke dunia politik. “Artis itu hanya profesi, yang penting mutu sumber daya manusianya,”ujarnya.

Kalau masyarakat memilihnya, cita-cita ibu tiga anak ini adalah menjadikan Dairi sebagai kabupaten berbudaya. “Bagaimana nantinya multietnis yang ada di sana bisa tumbuh dan berkembang,”ucap Tio Panta Pinem.

=================================================================

http://www.tobadreams.wordpress.com

36 Tanggapan to "Tio Fanta Pinem, Calon Wakil Bupati Dairi"

ga masalah sebenarnya latar belakang para calon pemimpin ini. di amerika sana pun – yang sejauh ini dianggap sebagai kiblatnya demokrasi – popularitas sebagai artis terbukti mengantar orang seperti ronald reagen dan arnold suasanasegger – payah kalipun menulis namanya secara benar – menjadi presiden dan gubernur.

yang penting integritas. itu yang masih kita tunggu, dalam penantian yang panjang, terlalu panjang malah.

Memang tidak ada masalah selama dia capable dan mempunyai integritas. Cuma yah semua menjadi instan tidak belajar dari awal untuk panggung perpolitikan.

sama-sama populer…. *nasib*

asalkan punya kemampuan gak maslah

Saya mendukung Tio menjadi wakil Bupati Dairi. Hidup Tio Fanta

salam
alfons

Sitiopanta …
Go Tio, Go … Go

Yang bikin bingung aku lae, kok jorjoran, ya, seleb-seleb kita nyambi keberuntungan ke dunia birokrat. Kalo mumpuni sih gak apa-apa. Namun bila hanya memanfaatkan aji mumpung terkenal, lantas ujug-ujug mencalonkan diri di berbagai pilkada-pilkuda…, amboi, mau dikemanakan negara ini??? Konyolnya, mereka ikutan pilkuda ini kebanyakan karena merasa dirinya sudah gak bisa eksis di dunia entertainment. Gimana mau eksis, wong artis karbitan semua…😀

@ Toga
@ Ana Gustini
@ hanggadamai
@ Prikit

Dalam sistem demokrasi, kuncinya adalah dukungan. Tapi memang alangkah baiknya jika para kandidat bisa menakar sendiri kemampuan masing-masing.

terima kasih atas pencalonan dirinya (tio Panta pinem), saya pikir ini hanya mainan-mainan saja, ikut menjadi bakal balon bupati dairi dengan tunggul sihombing ya? hehehheh

Mereka harus bertanding program kerja dan cara melaksanakannya. Sederhana tapi dapat diterima akal. (ini pendapatku). Misalnya, pendidikan, pengairan (bondar) yang baik, tidak menebang hutan dan lain-lain. Tetapi apapun komentar, ujungnya tetap kepada pemilih (rakyat), semoga mereka tidak dibohongi para calon, dengan janji manis.

Usul: Dalam menyampaikan Program Kerja & Janji-janji (janji untuk melaksanakan program & tidak melaksanakan yang bukan program) kandidat tidak perlu berkampanye ke seluruh lapisan masyarakat, cukup di ibukota kabupaten saja. Yang penting programnya jelas. Lebih baik programnya disampaikan kepada masyarakat luas melalui media: surat kabar dan weblog; selebaran, dll. Bila kelak si pejabat ingkar janji dengan mengatakan: “tidak pernah saya programkan dan janjikan itu”, masyarakat bisa menunjukkan bukti.
Dana Kampanye itu luarbiasa besarnya, dialokasikan saja itu sebagai gaji tambahan agar tidak korupsi.

Horas.

Saya sgt senang Ibu Tio Panta jadi Cawabup Dairi. Dia sdh jalani sleuruh pelosok dairi. khusus Tigalingga pasti mendukung dan kec. lainnya. ok maju Ibu Tio Panta Pinem. Ibu Pasti lebih baik.

Semoga Ibu Tio Fanta Pinem tidak mengecewakan rakyatnya jika terpilih nanti. Pokoknya jangan janji yang muluk2 deh… Jangan tiru pemimpin2 sebelumnya yang mengumbar janji melulu…

Pokoknya siapa saja bisa jadi orang penting, namanya juga demokrasi. Please visit my other blog http://www.journalist-adventure.com

Mudah-mudahan bung Viktor Hutabarat berminat mencalonkan diri jadi calon Bupati Tapanuli Utara…🙂

Horas,Njuah juah, Mejuah juah
Kakak Tio kalau udah jadi wakil bupati jangan lupa akan visi dan misi nya sewaktu jadi balon/cawabup.Karena biasanya lupa kacang akan kulitnya, lupa dengan apa yang di janjikan nya.
Tapi aku percaya kakak akan konsisten dan komit dengan apa yang di ucapkan……
10 tahun sidikalang ini telah kutinggalkan, namun setelah aku pulang yang ada masih yang itu itu aja,…………
Mauliate,Bujur, melias ate

kita lihat saja …
apakah dari sisa2 ketenarannya, beliau dapat menarik perhatian dari masyarakat disana😀

dimana sih tante tio sekarang.. kok lama dah gak nongol di bintaro?

Banyak juga PNS di Dairi yang senang kalo Tio Fanta jadi Wabup…dan sering-sering mimpin rapat. Katanya pasti gak membosankan

Saya perantu di Kalimantan Selatan asal Tigalingga. saya sangat mendukung Kam Turang. beberapa kali saya pulang kampung lalit kuidah kemajuan Tigalingga. mbrah mbrah kam sahun wakil Bupati.Krina Desa Laumil Dukung Tio Panta Pinem.
Horas Mejuah Juah.

Sorry turangku, salah ndai nulis gelardu. maju terus , adi ngo pemilihan kari aku mulih ku tigalingga. adi lit min waktuku aku ikut kampanye.

politik memang hanya butuh dukungan. dan terkadang masyarakat terlalu melihat masalah kapabilitas seorang calon. tapi apakah kita membiarkan saja politik itu demikian?
semoga calon yang ingin brtmpur di arena pilbup dairi, mengaca diri.
masalah artis ikut politik bukan suatu permasalahan, tp ada baiknya kt lebih mengoreksi kapabilitas kita sebagai seorang yang ingin menjadi pemimpin suatu daerah

putera daerah

Ralat

baris pertama. seharusnya “tidak terlalu melihat masalah kapabilitas”

putera daerah

Horas sian
Tarutung

untuk Calon Wakil Bupati Dairi

HCS Groups
Hutabarat Consulting & Services
http://www.hutabarat-consulting.webs.com

Nadenggan ma namboru namion naeng paturehon hutana. dao-dao sian jakarta laho paturehon hutana. Ra hita pe las doroha disi. Sai dipasu-pasu Tuhanma sangkapni rohani namboru on. GBU

semoga berhasil

Syalom, Siapapun berhak mencalonkan diri untuk menjadi Pemimpin di Negeri ini apakah menjadi Bupati, Walikota, Gubernur maupun Presiden. Akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana Sang Pemimpin itu kelak bila terpilih apakah menepati janji-janji sewaktu Kampanye atau malah membohongi Rakyat Pemilihnya, untuk itu Perlu Hati Nurani dan Kredibilitas Moral yang jelas, Pemimpin itu harus Takut akan Tuhan bukan Takut akan Uang!! Kesaktian Peduli Generasi Indonesia Salatiga Jawa Tengah. Salam Damai

Horas, Mejuah-juah..

Siapa saja berhak untuk tampil sebagai calon Bupati/Wakil Bupati. Yang penting setiap kebijakannya pro rakyat…bukan kepentingan pribadi/golonan semata

Salam Damai..
Jabatan Bupati bisa di duduki oleh siapa saja, yang penting memiliki Iman yang takut akan Tuhan dan selalu mementingkan rakyatnya, GBu

Langsung aja ya………!
kegagalan labo akhir dari segalanya, perjuangan masih panjang..harapan jangan terhenti. SALAM.!!!

Mejuah-juah man bandu ras ibas keadaan suka riang, aku khususna menyampaikan ucapan terimakasih man bandu k’k Tio panta sebagai orang karo yang sudah lama terjun ke dalam dunia seni musik.
satu kemajuan bagi orang karo semoga banyak yang mengikuti jejeknya k’k Tio panta.

ORE ET LABORA

BUJUR RAS MEJUAH-JUAH KITA KERINA ??

GBU N JLU.

INGAT!!!!!!!!

PERJUANGAN BUKAN HANYA SAMPAI DI SISNI !!!!

buat lae Raja Huta.
Kayaknya udah perlu di tutup kolom komen-nya. Sudah ada tuh Bupati/Wabup terpilih (Sihotang/Irwansyah Pasi), walaupun keluargaku lebih memilih calon lain.

Ga dapat periode ini, periode mendatang di coba lagi. Kita sangat mendukung. Yang penting perhatiin Tigalingganya, kan Tio lahirnya di pandan 2. FROM: BERTUNGEN

BTW : Jamburnya jangan mahal mahal…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 602,117 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: