batak itu keren

Pesta Danau Toba Diundur, Demi Kehadiran Presiden SBY

Posted on: 10 Juni, 2008

PESTA Danau Toba yang sedianya digelar 13-16 Juni terpaksa diundur sampai satu bulan, menjadi 14-16 Juli, demi kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pihak penyelenggara meyakini, kehadiran presiden merupakan kunci sukses pesta yang vakum selama 11 tahun itu.

Menurut Ketua Pelaksana Pesta Danau Toba Sujono Manurung, pengunduran ini demi menghormati kesediaan Presiden membuka event tersebut. Presiden juga dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Sumatera Utara.

“Tanggal 14 Juli pagi, Presiden akan menghadiri acara panen raya di Simalungun. Sore harinya Presiden membuka Pesta Danau Toba dan menginap semalam di Parapat, kemudian esoknya berangkat ke Mandailing Natal,” ujar Sujono di Medan, Selasa (3/6).

Sujono mengungkapkan, panitia tak terlalu khawatir meski Pesta Danau Toba bakal berlangsung sesuai musim liburan sekolah. Menurut dia, Pesta Danau Toba tidak dimaksudkan untuk secara insatan menghidupkan industri pariwisata di Danau Toba dan sekitarnya.

“Kegiatan ini tidak akan menjawab persoalan mengapa sekarang orang tidak lagi datang ke Danau Toba. Tetapi paling tidak, dengan kegiatan ini, kami berharap Danau Toba kembali lagi ada gaungnya,” katanya merendah.

Kepala Badan Pariwisata Daerah Sumut Henry Hutabarat mengakui, ada keinginan besar menghadirkan Presiden saat pembukaan Pesta Danau Toba. Selain gaungnya jadi lebih besar, praktisi pariwisata di Sumut juga bisa langsung mengemukakan kepada presiden persoalan pariwisata di daerah itu.

“Kami bisa keluarkan semua unek-unek pengembangan pariwisata di Sumut, seperti pengembangan infrastruktur menuju Danau Toba, hingga tak adanya lagi penerbangan langsung dari Eropa ke Medan,” katanya

Lomba Balap sepeda Tour de Toba

MESKI opening ceremony diundur, lomba sepeda internasional Tour de Toba tetap digelar sesuai jadwal semula, 13-16 Juni. Lomba akan diikuti pembalap dari luar negeri yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam dan Australia.

Start dilakukan di Medan, selanjutnya akan menempuh empat etape. Etape pertama Medan-Berastagi, etape kedua Berastagi-Pematang Siantar, etape ketiga Pematang Siantar-Parapat dan etape terakhir mengelilingi Pulau Samosir.

Balap sepeda Tour de Toba digagas panitia untuk merefleksikan keindahan panorama Danau Toba.

Sumber : Waspada online

====================================================================

http://www.tobadreams.wordpress.com

17 Tanggapan to "Pesta Danau Toba Diundur, Demi Kehadiran Presiden SBY"

Selamat kepada seluruh panitia pelaksana pesta danau toba. Suatu tugas berat, karena sudah sebelas tahun tidak dilaksanakan, segala sesuatunya harus dimulai dari awal lagi.

Hajatan besar ini seperti tanpa persiapan sama sekali, gaungnya tidak terasa sebagai hajatan nasional apalagi dunia. Bulan Maret yang lalu aku pergi ke parapat dan samosir, tidak ada satupun kegiatan yang menunjukkan akan adanya pesta akbar, padahal danau toba termasuk salah satu keajaiban dunia. Sebagai perbandingan, untuk acara pesta perkawinan saja sudah harus disiapkan setahun sebelumnya agar seluruh acara dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.Terutama untuk gedung yang akan digunakan, kalau mau dapat hari sabtu sudah harus dipesan setahun sebelumnya.

Suatu keanehan mengharapkan presiden datang hanya untuk menciptakan gaung. Berdasarkan teori marketing, gaung hanya bisa diciptakan dengan strategi promosi yang efektif. Tambah aneh lagi bahwa dengan datangnya presiden, para bupati bisa menyampaikan segala uneg-unegnya mengenai masalah pariwisata di danau toba ….kok kayak anak kecil yang merengek-rengek pada bapaknya. Banyak persoalan besar yang harus diselesaikan presiden ketimbang cuma masalah pariwisata. Apa gunanya kepala dinas pariwisata ada di setiap kabupaten!!! Seharusnya para pengusaha beserta masyarakat setempatlah yang diajak berbicara dan berpikir untuk membangkitkan industri pariwisata di danau toba, karena itu adalah domain ekonomi bukan domain politik.

Buat para bupati…dewasalah…solve your own problems. Siapa suruh jadi bupati…hehehe.

Kital lihat duluh, benar ngak datang SBY, ito. Feeling ku holan hata, hehe. Buat pariwisata bagus sekali unduran ini, karena bookings sudah banyak untuk bulan Juni, bukannya cancel. Jadi 2 kali ramai, hehe… Jalan Siantar Parapat yang sudah banyak kali lobang parah, pasti juga diperbaiki. So, thanks SBY!

asal ma to ho ro presiden i…
molo sanga dang..bah, ila nai ateh…nga mundur, na dipaima pe dang ro…bursik deh

RO MANANG SORO, tancap terus.
Annon molo Danau Toba masuk 7 Keajaiban Dunia marsigulut mandok Negeriku.

Kenapa Bali dan Lombok, pariwisatanya bisa maju ?
Dongan-dongan di huta jaga : kebersihan, ramah-tamah di Danau Toba yang kita cintai. Para pejabat usahakanlah membenahi infrastruktur kita asa godang masuk hepeng tu Toba.

HORAS

sudah saatnya generasi muda yg menjual pariwisata(danau Toba).mengingat para pejabat yg terkait baik dari kadis seni,budaya,pariwisata juga badan pariwisata setempat gagal dgn apa yg sudah dilakukan mereka.Pesta Danau Toba dgn materi acara yg sgt konvensional,harus diganti dgn idea2 yg sesuai dgn zaman.Sekarang bukan trend lagu singkong & keju(ari bowo)lagi,he…..3x

lagi-lagi politik.
memang pesona danau toba tidak saja membuat pemuda/pemudinya mabuk asmara, atau membuat produser bollywood merasa perlu membuat film india dengan latar danau toba.
tapi juga membuat tokoh nasional (apa memang tokoh apalagi nasional?) sepert SBY harus mengunakan pesona danau toba untuk menarik simpati.
pesta danau toba adalah pesta budaya sejuta kegiatan,agenda pesona dan kenangan ada disana, bukan hanya bagi masyarakat sekitar, tapi juga bagi seluruh orang yang pernah ke sana.
tetapi akankah pesona kenangan dan kenangan akan tercipta disana?
jangan dijawab……..
seingat saya pesta danau toba selalu digelar pada saat libur sekolah, bulan juni- juli. hanya ada dua penelenggaraan yang digelar pada bulan maret, dan masih libur sekolah cawu,tetapi karena respon dan lain sebagainya yang tidak mendukung, peyelenggaraan kembali lagi digelar pada bulan juni-juli hingga berakir pada tahun 1997
sekarang pesta danau toba kembali di gelar tetapi, allahualam… dilaksanakan pada saat tahun ajaran sekolah baru dimulai,
hitung sendiri berapa keluarga yang akan membatalkan rencana menyaksikan pesta ini, dan prediksi efek domino yang terjadi.
semua itu hanya karena menunggu jadwal dari SBY untuk bisa membuka pesta.
apa untuknya SBY harus membuka pesta ini,
atau memang pesta ini bisa jadi ajang tebar pesona menyongsong 2009????????????/
budaya adalah pesona masyarakat bukan pesona politik.
jangan dipancing alam kembali murka dengan peldatari atau mungkin letusan gunung toba.

jgn terlalu pesimis jadi manusia…
tdk ada salahnya berusaha.. memang sdh tabiat orang indonesia selalu mendompleng nama besar org lain, SBY misalnya. Tak pernah pede dengan diri sendiri..

tapi begitupun.. dukunglah usaha mereka.. itung2 masih sodara… kalo memang akhirnya tak semeriah yg dibayangkan yaahh.. mdh2an jd pelajaran. Lain kali ya mbok Madonna aja yang diundang, ato sandra dewi ato dewipersik barangkali? mgkin masyarkat lebih antusias wlopun dah gak waktu libur lagi, pasti pada dateng… hehehe..

HORASS!!!

Kali ini panitia pesta danau Toba ditunggangi kepentingan politik yang disponsori oleh partai dan orang yang berkuasa. Tentu saja SBY berkepentingan memanfaatkan event ini untuk ajang promosi atau kampanye terselubung karena waktunya mendekati masa pemilihan presiden yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Apakah itu salah ? Ngak juga yang penting visi, misi dan goal event ini bisa tercapai dan diharapkan bisa lebih baik dari pelaksanaan waktu-waktu yang lalu.
Yang mendasar harus diperbaiki agar event ini bermanfaat dan mendorong peningkatan kunjungan wisata khususnya turis manca negara adalah bagaimana merubah culture masyarakat khususnya penduduk sekitar danau Toba dapat mendukung iklim parawisata yang menarik dan berbudaya, tidak hanya menjual objek alam yang dimiliki.

smoga pesta danau toba bs brlangsung dgn meriah.

Horassssss tuhamu sudena akka halak batak.menurut saya pesta danau toba dilaksanakan sebelum hari libur anak sekolah.Seperti saya contohnya jauh dari pekanbaru,riau.Padahal saya pengen ikutan memeriahkan pesta danau toba,because I LOVE LAKE TOBA,I VERYYYYYYYYYY MISS.

Danau Toba sebenarnya adalah sumber pariwisata yang cukup menarik di mata dunia, pemandangan yang sangat indah, udara yang tidak terlalu panas, sebenarnya sangat ideal untuk tempat berlibur baik bagi turis dalam maupun dari luar negeri. Berita2 burung yang menyebar luas diantero dunia adalah, bahwa banyak orang yang pergi berlibur ke Daerah Danau Toba (Pulau Samosir) merasa KAPOK, karena pelayanan yang tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan ataupun yang dibayar, perangai penduduk setempat kasar dan tidak terlalu ramah dan juga suka seperti memaksa dalam melakukan jual beli barang.

Mungkin Penduduk Danau Toba dan sekitarnya perlu menyadari hal ini dan perlu membenahi diri, menjaga keramah tamahan terhadap pengunjung2 yang datang dari luar kota mupun luar negeri, jadi turis2 merasa nyaman dalam liburannya dan selalu ingin untuk datang kembali, Mungkin ada baiknya pihak pemerintah setempat memberi penyuluhan atau penataran terhadap rakyat2 setempat, menanamkan kesaran terhadap mereka kalau mereka memang mau daerahnya maju, harus mereka juga ikut berperan aktif, “SENSE OF BELONGING” nya harus tinggi dan punya rasa ingin memajukan daerahnya.

Pemerintah dibidang pariwisata juga harus lebih memperhatikan fasilitas yang dibutuhkan didaerah sekitarnya, Mengapa Bali dan Lombok bisa maju pesat?? mereka punya airport didaerahnya sendiri, dan kalau kita lihat perjalanan dari Medan ke Danau toba yang membutuhkan waktu sekian jam, itu adalah suatu kendala besar bagi para turis, dan promosi tentang Danau Toba di Luar negeri sangatlah minim, kami banyak mengunjungin Travel Biro di Negara2 Eropah, hampir semua promosi hanya mengenai Bali, Lombok dan Sulawesi. Saya sebagai orang batak bertanya2 kemana promosi tentang kampung kelahiran saya??

Demkianlah sekilas saran dari saya, semoga bermanfaat bagi pihak yang berkepentingan.

mungkin comment ini tidak berhubungan dengan testimoni diatas, namun ini hanya sebuah opsi yang ditujukan kepada seluruh masyarakat Batak di Indonesia, khususnya para pebisnis yang tertarik dengan bisnis perfilman…

KAPAN KITA MAU BUAT PRODUKSI FILM LAYAR LEBAR BERLATAR DANAU TOBA ??

…itu saja yang ingin saya sampaikan selaku pekerja film yang sangat berobsesi memproduksi film-film berkualitas yang mengangkat panorama terindah di Indonesia !

Mauliate godang !

Molo botul ro Presiden SBY tu pesta Danau toba i. Setuju do hamu sude akka halak batak manag didia pe hamuna tinggal asa ta pillit muse SUSILO BAMBANG YUDOYONO di pemilu nanaeng ro on asa ibana gabe Presidenta muse di taon nanaeng ro on

saya orang parapat asli dimana perayaan pesta danau toba digelar.. saya ingin sekali mengikuti pemilihan putri danau toba.disamping karena saya berasal dari toba sendiri saya juga punya misi untuk pengembangan danau toba agar lebih baik lagi dimasa depan..jika ada informasi mengenai pemilihan putri danau toba hubungi saya di 085270152034 ok

sihol hi sai masihol naeng mulak au tu huta ki i parapat.ale boasa ma holan na sepi.boasa songoni ai aha namasa.

ga nampak pon orang nya!!!!

maila daku lewat dari parapat itu!!!!!!

yang ada cuma panitia yang marpungu-pungu!!!!

pak SBY!!!!!

jadikan ya danau toba itu jd pariwisata yang baik!!!!!

biar kelak!!!!!

masyarakat sekitarnya bisa berkembang!!!!!

terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 602,500 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: