batak itu keren

Komunitas TobaDream Bentuk Paduan Suara “Sekuler”

Posted on: 25 Mei, 2008

“Daripada orang Batak buang-buang waktu dan energi berdebat mengenai perbedaan sub-etnis; lebih menyedihkan lagi sudah ada yang menyangkal kebatakannya, lebih baik kita memperkuat persatuan Bangso Batak melalui kegiatan positif seperti ini,”

Oleh : Raja Huta

ORANG BATAK jago nyanyi, itu sudah cerita klise. Kelompok koor Batak Toba bolak-balik menjuarai lomba paduan suara gereja tingkat nasional, itu juga sudah biasa. Tapi orang Batak bikin paduan suara “sekuler”, nah itu baru berita. Apalagi kalau music directornya Viky Sianipar, tampaknya Anda harus buru-buru mendaftar.

TobaDream Choir, nama paduan suara itu, saat ini masih dalam tahap pembentukan. Organisasinya adalah subordinasi dari Komunitas TobaDream. Organisatornya masih tergolong muda, Robet Simanjuntak. Pelatihnya sudah terbilang kawakan, yaitu Mindo Siahaan.

Rekrutmen personil sudah berjalan , dan latihan permulaan untuk proses orientasi telah berlangsung dua kali. Markasnya di Viky Sianipar Music Center VSMC), Manggarai, Jakarta Selatan.

Bukan paduan suara gereja

Dalam latihan pertama dua minggu lalu, hadir 19 orang anggota, pria dan wanita. Seusai latihan, mereka mendaulat dua dedengkot Komunitas TobaDream, yaitu Suhunan Situmorang dan Viky Sianipar, untuk menjelaskan mengenai “ideologi” TobaDream. Pengarahan itu dihadiri pula oleh dua aktivis Komunitas TobaDream yang lebih senang “main di belakang layar”, yaitu Robert Manurung dan Bismark Sianipar.

Selain mengkampanyekan “Batak Itu Keren”, Suhunan dan Viky juga menegaskan bahwa TobaDream Choir bersifat sekuler, inklusif, harus unik dan spektakuler.

Sebagai paduan suara sekuler, lagu-lagu yang akan dieksplor TobaDream Choir adalah lagu-lagu non-gereja atau yang tidak bersifat keagamaan. Akan diutamakan lagu-lagu tradisional Batak seperti O Tao Toba, Cikala Pompong, Erkata Bedil, Asing sing so dan lain-lain.

Inklusif

Sebagai paduan suara yang bersifat inklusif, keanggotaan TobaDream Choir terbuka untuk siapa saja; tidak hanya untuk orang Batak Toba yang memang familiar dengan paduan suara gereja. Tidak juga hanya untuk etnis Batak, kendati memang tujuan utamanya adalah untuk Bangso Batak. Jelasnya, paduan suara ini terbuka buat semua orang Batak, tanpa membedakan sub-etnis atau agama.

“Daripada orang Batak buang-buang waktu dan energi berdebat mengenai perbedaan sub-etnis; lebih menyedihkan lagi sudah ada yang menyangkal kebatakannya, lebih baik kita memperkuat persatuan Bangso Batak melalui kegiatan positif seperti ini,”kata Robert Manurung yang di kalangan tobadreamer dikenal sebagai penggagas “Batak Reunion’; mempersatukan kembali Bangso Batak.

“Kita harapkan kawan-kawan dari Sipirok, Mandailing, Angkola, Pakpak-Dairi, Simalungun dan Karo segera bergabung di TobaDream Choir,”kata Robert Manurung kepada blog TobaDreams.

Mendaftar di mana ?

Bagi Anda yang berminat bergabung dengan TobaDream Choir, silakan mendaftar melalui email ke Robet Simanjuntak, dengan adres Rob76nih@yahoo.com ; atau kontak ke HP-nya 0818 811 076.

Tidak dikenakan biaya pendaftaran atau pungutan dalam bentuk apapun.

Daftar sementara anggota TobaDream Choir :

  1. Delilah br Pa.1000 (Pondok Bambu)
  2. Icca br Siburian (Pondok Kelapa)
  3. Getha br Siburian (Pondok Kelapa),
  4. Darinto Marpaung (Kelapa Gading Baru)
  5. R.O Siahaan (Kelapa Gading Baru)
  6. S.Sinaga (Tugu Selatan)
  7. T.Harianja (Tugu Selatan)
  8. Sonny Siregar (Jl Cendrawasih)
  9. Betty Agustina br Manurung (Tanjung Priuk)
  10. Connie br Hutagalung (Pisangan Baru)
  11. Frida br Manurung (Cileungsi)
  12. Riris br Sianipar (Harapan Indah, Bekasi)
  13. Hanna br Siahaan (Bekasi Selatan)
  14. Tracy br Pasaribu (Bekasi Barat)
  15. Jaksa H.Manurung (Taman Harapan Baru)
  16. Stephanie br Tambunan (Pejuang Jaya)
  17. Nova br Siallagan
  18. Alfred Sihombing (Pisangan Baru)
  19. S.Sianipar (Tugu Selatan)
  20. Ratna Uli br Tinambunan (Cileungsi)

===================================================================

http://www.tobadreams.wordpress.com

31 Tanggapan to "Komunitas TobaDream Bentuk Paduan Suara “Sekuler”"

Walah, dah ada choirnya segala. Maju terus toba dreams!!!

IKUTAN dong…hehhehee tapi dalam hayalan.. Semoga sukses…

aku dah sms ito robet … tp kok ngk ada jawaban yahhh

jd sedihhhh😦

latihannya kapn lagi…. informasi in donkkkk

ina ina kek aku masih boleh ikut ngk????

@ dana

Trims dana. Mudah-mudahanlah berjalan dengan baik. Tetap kita mengutamakan prinsip small continuous improvement.

@ Rondang br Siallagan

Khusus buat pariban, sebagai privilise dari Raja Huta, diusahakan supaya bisa tele-choir hehehe….

@ srikandini

Yang emak-emak pun boleh, kata Si Pikki.

Jangan sedih, nanti aku balikkan keadaannya : biar Lae Robet yang menghubungi Ito. Pokoknya kalau buat ito-itoku harus the best dong.

nama ku koq blm masuk seh??hehehe
seneng bgt ikutan d TOBA DREAM CHOIR nya..

TOBA DREAM CHOIR harus solid ok!!unang adong perselisihan,marsada roha ma hita sude,,
Hidup bangso BAtak..Hidup TOBA DREAM CHOIR…

Gue angkut tulisan lae ke http://tobadream.multiply.com ya lae……..

Kok lae gak ikutan choirnya ?

Ah, ikut dulu aku bang.Harus seleksinya suaranya?Tak lolos jadi parende, jadi penonton nya pun mau lah

ngeri kali tobadream ini bah…. mantap2 trus terobosannya… moga impiannya mempersatukan Batak terwujud…

pengen gabung tapi waktu blom memungkinkan nih.. hiks.. hiks… mungkin blom skrg kali yah bang….😦

maju teruslah toba dreams… hidup Batak Keren… jadikan batak dalle dohot batak na liluu menjadi batak kerenn…

Horas..

@ ratna uli br Tinambunan

Memang benar, Ito, daftar yang aku terima dari Lae Robet belum semua yang sudah mendaftar. Baiklah, langsung kutambahkan nama Ito.

Semoga sukses
Horas

@ Palty Osfred Silalahi

Mainkan Lae. Blog ini milik kita bersama, jadi silakan manfaatkan saja.

Kenapa aku tak ikut Choir ? Kata Si Pikki, tugasku jadi jurtul aja hehehe…

@ partalitoruan

Wajib ikut kau dek. Cepat-cepat mendaftar ya.

@ pardosa

Gabunglah segera, mumpung belum jadi juara Indonesia hehehe….

Hidup Batak Keren.
Horas

Raja Huta

@ All

Ralat : nomor HP lae Robet yang benar adalah 0818 811 076.

Penulisan nama lae itu sudah benar : Robet, karena itu memang gaya Jerman hehehe…

@ srikandini

terjawab sudah kenapa sms ito tak dibalas Lae Robet, karena nomornya salah. Sorry ya Ito.

Pingin kali aku mendengarkan mereka membawakan Lagu Tao Toba Nauli.

mauliate ya ito,namaku dah muncul,….
jangn lupa ya untuk TOBA DREAM CHOIR hari minggu latihan JAm 5 sore ,,unang lupa dah..
hidup batak KWEREEEEEEn….
“kasian deh lo g jadi org batak”kata banng viky……

aku mo crta nih sdkit…
wkt hari selasa kmrin tgl 27 aku mo latihan TOBA DREAM CHOIR breng ama tmn ku desy,helen,peni ..sdngkan aq brg ma helen, desy am peni.
kami bw motor ke studio nya bang VIKy ,
dari BT>gebang bekasi
dan itu pngalamn pertma aq bw motor k arah jkt,
trus aq terpisah am desy d pancoran,karn aq ngmbil k bwh desy lwat ats,n lucunya gw g ngeh kalo yg gw lwtin jaln busway,,ad polisi lah pasti..
dtnglah polisil,”mlm pa”ku gituin k pa plis itu,man surat2 ,kuunjukin lah,trus pa polisi itu blang ini d sidang aja,kpn mw d sidang?atw mw nya gmna??trus aq langsung blang” maaf pa aq buru2 aq mw meliput d daerah manggara”i,kuunjukin lah ID card qu,trus d tanya ini mjlh atw koran ,ku bilang dua2 nya,akhirnya gw bebas karna ID Card gw,,he..he..he..
ketepu,pdhla gw kan dibag. periklanan…..lucu bg deh,,,,,

boleh ikut gak aku?

^_^

wahhh senang kali banyak yang menyambut baik terbentuknya “toba dream choir” ini semoga menjadi choir yang dapat menjadi wadah kreativitas dan aspirasi bangso batak tanpa meninggalkan sisi “kwalitas” didalamnya

untuk yang mau daftar pastinya aku tunggu di VSMC, atau kalo mau konfirmasi dulu bisa langsung sms atau telepon aja yahh ito-ito dan lae-lae yang lain.

buat bang charlie, “siap boss, requestnya akan kita siapkan” (band cafe style mode on)

etaheee,,,, itooooo

kalo gitu sebagai ganti rugi….. kaw harus daftarkan namaku yahhh,,,,

srikandini br simanjuntak ( karawaci-tangerang)

Sekedar Informasi:
Toba Dream Choir latihan di VSMC (Viky Sianipar Music Center), setiap hari Selasa jam 20.00 sampai 22.00.
Conductornya Mindo Siahaan.
Perekrutan anggota melalui Robet Simanjuntak (0818 811 076).
Bagi yang berminat, kirim biodata lengkap dengan foto (berwarna) disertai keterangan mengenai karakter suara (Sopran/Alto/Tenor/Bass) ke Rob76nih@yahoo.com

@ Charlie M Sianipar

Sekadar informasi buat Lae, paduan suara paling top di Filipina, yaitu Manila Madrigal, dalam salah satu rekamannya membawakan lagu Lisoi dengan sangat rancak. Keren, bro.

@ ratna uli boru Tinambunan

wakakak…lussu kali bah cerita itoku ini. Maup ma ho pak polisi, ketipu kau sama batak = banyak taktik hehehe…

Aku pun pernah mengalami kejadian yang hampir sama. Pas mau ke Stadion Utama Senayan dari arah Benhil , aku tembak lurus aja dari bawah jembatan di dekat Polda, padahal kan harus memutar dari arah kiri. Langsung distop oleh polisi yang sedang jaga di gerbang Polda.

Singkat cerita, dalam keadaan genting itu, tanpa kartu pengenal dalam bentuk apa pun; kutunjukkanlah koran Merdeka dan tulisanku yang ada di situ. karena pak polisi suka dengan tulisannya, aku pun loloslah, tapi dia minta korannya buat dia hehehe….

@ Lidya Hutagaol

Kalau kata Lae Monang Naipospos, ito boleh ikut.

Tapi entahlah bagaimana kata Si Pikki atau Robet Simanjuntak. Ba sungkun dainang ma tu nasida ate. Ai ahu holan jurtul do. sumpeh…

Horas ma di hita sude.
Raja Huta

nope.kidding.
ndang adong tingki tu si Ito.
focus ma jolo au tu ULOS on.

mauliate ^_^

o ya to aq dari cileungsi,,d cantumkan y to..
mauliate godang………

berarti kita senasib lah ya…..krna sama2 menipu pak polisi,
ha…ha..ha…
berarti polisi itu suka nya karna tulisan abang az lah y…??untung suka tulisan nya,kalo suka dngan ito……
wah rapot kali………he…he..he…

Penampilan Perdana mereka hari Senin, 02 Juni 2008 sudah menggoda.

Anggiat boi on gabe sada Choir na tarbarita.

HORAS

@Bang Charlie M Sianipar : penampilan mereka pas choir, memang menggoda sekali bang. Tapi pas nortor di depan, bukan menggoda lagi namanya bang, itu sudah bisa kita prediksikan untuk jadi Choir + dancer……

buat anggota choir : usul ah, nyanyi sambil nortor keren juga tuh!!!

lae viky sattabi jo ba boi do hupangido onku no ni HP muna i sekedar tukar pikiran jo ba. nganing belajar musik hian do nyan ba.

tolong jo lae da

roganda panggabean
hp 081370534004

bravo batax maju trus kami bersamamu

eh ito srikandi aku mo alamatmu boleh ga ito

kangeeeeeeeeeeeeeen am TDC>>

aku penikmat aja deh… ditunggu lho performancenya ampara Viky ft. Toba Dream Choir. horas!

boleh gabung lagi gak ya..???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 602,498 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: