batak itu keren

Gempa 6,1 SR Guncang Tiga Kabupaten di Tapanuli

Posted on: 24 Mei, 2008

Titik gempa di Padang Sidimpuan

(SIBOLGA) – Ribuan warga masyarakat Sibolga, Tapanuli Tengah, Padang Sidimpuan dan Tapanuli Selatan berhamburan keluar rumah rumah akibat gempa berkekuatan 6,1 SR mengguncang daerah itu Senin (19/5) sekira pukul 21.26.

Gempa tersebut dirasakan warga masyarakat sangat kuat, namun tidak ada ancaman tsunami karena pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 10 km. Namun, warga masih tetap berjaga-jaga dan enggan untuk masuk ke rumah karena takut kemungkinan gempa susulan yang lebih kuat.

Sedangkan, warga yang bermukim di pesisir nampak cemas terutama di tepi laut Sibolga karena kemungkinan terjadinya tsunami, sehingga mereka mencari daerah yang tinggi guna menghindari bahaya. Hingga larut malam, belum ada warga yang berani masuk ke rumah.

Menurut pantauan Waspada di Sibolga, sesaat setelah gempa, warga terlihat berhamburan keluar rumah terutama yang tinggal di gedung berlantai dua atau lebih. Bahkan di supermarket AIDO Sibolga, baik pengunjung dan karyawan berhamburan keluar.

Terlihat Wakil Walikota Sibolga H.Afifi Lubis yang sedang duduk santai dengan personil sepeda tua di Jalan Diponegero sempat tersentak kaget. Hal yang sama juga juga dipantau di Sidimpuan. Warga berhamburan, namun hingga berita ini diturunkan belum ada laporan tentang korban jiwa.

Pusat gempa menurut BMG, berada di titik 1.68 LU-99.19 BT arah 35 km barat laut Padang Sidimpuan. Kedalaman 10 km, kekuatan 6,1 SR. Gempa terasa hingga 50 detik. ‘’ Warga berhamburan dan saat ini kami semua di luar rumah. Belum diketahui apakah ada korban jiwa atau materi,’’ kata seorang warga.

Sementara itu, akibat gempa satu jembatan Jalinsum di Pahae, Kab. Tapanuli Utara putus setelah diguncang gempa yang berpusat di arah selatan Tarutung. Sedangkan kendaraan dari Sidimpuan-Medan via Tarutung terpaksa alih jalur ke jalan alternatif Sipirok-Siborong-borong.(c09/a20).

Credit foto: USGS

Sumber : Waspada Online

link artikel :

http://www.waspada.co.id/Berita/Sumut/Gempa-6-1-SR-Guncang-3-Kabupaten-Di-Tapanuli.html

===================================================================

http://www.tobadreams.wordpress.com

1 Response to "Gempa 6,1 SR Guncang Tiga Kabupaten di Tapanuli"

Turut prihatin atas apa yang terjadi di Indo/Tapanuli. Semoga seluruh keluarga yang kena musibah di beri ketabahan dan kekuatan..oleh Yang Kuasa.

Duch…sering sekali ya..di Indo kena gempa….
Baru kemaren di Cina, Burma sekarang di Tapanuli…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 602,500 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: