batak itu keren

Batak Itu Keren (Repost)

Posted on: 14 Mei, 2008

BAGI para pembaca yang sudah mengunjungi blog ini sejak diluncurkan akhir tahun lalu, istilah Batak Itu Keren tentu sudah sangat familiar. Dan, boleh jadi, sebagian besar di antara tobadreamer sudah mulai lupa kehadiran tag line tersebut di header blog ini. Inilah salah satu alasan artikel yang “menghebohkan” di bawah ini aku reposting, menyegarkan kembali; dan untuk memudahkan para pengunjung baru, supaya tidak terlalu repot membuka-buka arsip lama blog ini.

Selain itu, ada dua alasan lain, kenapa artikel ini aku reposting :

Pertama, aku senang dan terharu atas apresiasi dari Lae Monang Naipospos , salah satu guruku di bidang habatahon dan senior yang kuhormati di kalangan blogger batak; disamping Lae Jarar Siahaan, Toga Nainggolan dan Charly Silaban. Lae Naipospos juga memberikan dorongan agar “kredo” Batak Itu Keren dimatangkan.

Kedua, masih berkaitan denga usulan tersebut, karena kebetulan aku masih dalam suasana berulang tahun (5 Mei kemarin), aku mau minta hadiah kepada kawan-kawan semua, pengunjung blog ini. Kalau blogger Amerika biasanya berucap “belikan aku secangkir kopi”, maksudnya tolong berikan donasi buat blognya; maka yang aku minta dari Anda semua adalah “berikan aku satu ide mengenai Batak Itu Keren.”

Napuran tano-tano rangging marsiranggongan,
Badan ta i padao-dao, tondita i marsigomgoman

============================ RAJA HUTA ======================

INILAH yang namanya iseng-iseng berhadiah. Maksudku, kuis “Batak Itu Keren” memang aku adakan secara spontan, agak iseng dan bermain-main. Namun gagasan dan harapan untuk mendorong revitalisasi budaya batak — supaya dijunjung dan dibanggakan sebagai budaya yang keren, adalah pekerjaan serius dan besar yang menjadi tanggung jawab semua orang batak.

Sangat mengasyikkan membaca pandangan para peserta kuis yang berlangsung persis sebulan ini (dimulai 17 November 2007). Sering kali satu sudut pandang yang sama dikomunikasikan sangat berbeda.

Rumusan “Batak Itu Keren” memang bisa sangat beragam. Namun, seperti ditulis oleh salah seorang peserta kuis Marudut R Napitupulu, batasannya kurang lebih adalah,”membawa nilai-nilai luhur Batak sebagai modal transformasi”.

Ya, suka atau tidak, masyarakat batak harus berubah, menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Pertanyaannya adalah : apakah bentuk perubahan itu harus menanggalkan dan meninggalkan adat istiadat dan kearifan warisan leluhur (old wisdom) ataukah berupa sintesis antara tradisi dan modernisme?

Banyak taktik

MUNGKIN salah satu old wisdom Batak yang merupakan streotif positif adalah banyak taktik (kepanjangan batak), seperti ditulis peserta kuis lainnya Charly Silaban. Bloger kawakan ini menyampaikan streotif populer itu dengan peringatan bernada humor : jangan sampai batak diplesetkan jadi banyak taktak alias penuh daki. Artinya, kecerdikan orang batak harus dijaga jangan sampai kelewat batas menjadi kelicikan.

Masih mengenai old wisdom, yang notabene mengandung nilai-nilai fundamental sehingga akan selalu aktual dan relevan, bloger yang juga jago main gondang Toga Nainggolan menggaris bawahi dua watak luhur manusia batak, yaitu sikap terus terang dan integritas yang tinggi. Desy Hutabarat merumuskannya sebagai sikap to the point. “Irit biaya juga nih, nggak pake mutar-mutar dulu,”kata penulis berparas cantik itu.

Berpikir terbuka dan pantang menyerah

RUMUSAN Desy diperjelas oleh Marudut p-1000. Dia bilang, batak keren itu,”berpikiran terbuka dan tidak picik.” Lalu dia tambahkan satu karakter khas batak yang banyak dikagumi oleh suku lain, yaitu,”Never Give-up”. Pantang menyerah. Inilah salah satu kunci keberhasilan orang batak di perantauan dan masih sering menimbulkan rasa heran pada suku-suku lain. Kasus paling “aneh” adalah “kegilaan” orang batak pada pendidikan. Orang tua rela makan ikan asin bakar asalkan anaknya bisa kuliah!

Lalu apa lagi ? Fotografer kawakan Charlie M Sianipar menulis begini,”Tampillah dengan diri anda sendiri, Be Yourself, Itu keren dan punya jati diri.Jangan malu dan jangan ganti namamu, keren tidak berarti harus merusak budaya dan identitas original habatahon. Jangan ganti namamu dari: Lambok menjadi Lambocks. Ojak menjadi Jacky, Purnama jadi Tamara. Cantumkan margamu di kartu nama, dan tunjukkan kamu orang Batak Keren …Dengan bangga aku menampilkan ini “Charlie M. Sianipar”

Pede sebagai orang Batak

CHARLY Silaban menyampaikan rumusan serupa, tapi dengan penyampaian berbeda. Pengelola blog Silaban Brotherhood itu menulis,”Batak keren itu adalah ketika orang ngomong sama kau, “D.A.S.A.R B.A.T.A.K !!!” untuk suatu positive moves yang barusan kau lakukan”. Maksudnya, tetaplah pede dan bangga sebagai orang batak, sekalipun etnis lain mengejekmu ketika melakukan hal-hal positif yang tak bisa mereka pahami.

Toga Nainggolan punya rumusan lebih tajam mengenai hal itu. Batak keren, kata dia,” Tetap jadi Batak di mana pun dia berada. Bukan berarti tidak respek kepada budaya setempat, namun ada ciri yang dipertahankannya.”

Solidaritas sesama orang Batak

SEORANG peserta kuis dengan nickname berbau Rusia, santrov, mengingatkan agar solidaritas sesama orang batak tetap dipelihara. Dia bilang, batak keren adalah, “merasakan seperjuangan dengan sesama batak.” Memang, rasa setia kawan sudah mulai terkikis di kalangan orang batak, digantikan sikap jor-joran pamer kekayaan, yang menyakitkan hati para kerabat yang masih miskin. Sikap seperti itu bukan hanya nggak keren, tapi norak.

Selain itu, kecintaan pada unsur-unsur seni budaya ternyata merupakan persyaratan mutlak untuk bisa mengklaim diri sebagai batak keren. Kalau Charlie Sianipar cenderung lebih memperinci keharusan fasih berbahasa batak, sebagaimana telah aku sebutkan sebelumnya, hampir semua peserta kuis ini menekankan pentingnya tetap mengagungkan dan mencintai musik batak, ulos dan makanan tradisional seperti naniarsik dan naniura.

Cinta bonapasogit dan mendukung Viky Sianipar ?

TERKAIT dengan itu, batak keren menurut santrov,”tidak mendiskreditkan adat batak dengan berkedok agama.” Ini merujuk pada perilaku histeris pemeluk sekte kristen tertentu, yang gemar membakar ulos, cuma karena salah kaprah bahwa ulos adalah benda berhala. Norak banget.

Dengan agak bercanda santrov menyebut “kriteria” batak keren antara lain harus mencintai “lagu nasional” O Tano Batak. Sebagian peserta mengajukan, pemihakan pada modernisasi dan pemuliaan musik batak oleh Viky Sianipar merupakan salah satu syarat batak keren.

Selain itu, kecintaan pada Bona Pasogit atau kampung halaman juga disebut sebagai ciri orang batak keren. Bukan sekadar cinta verbal, tapi harus pernah dan selalu rindu berkunjung ke Tano Batak, termasuk menyambangi Danau Toba yang keelokannya sudah termashur sampai ke ujung dunia.

Nggak ada yang peduli soal lingkungan ?

LUAR biasa. Aku sangat menghargai dan mengagumi komen-komen yang disampaikan oleh semua peserta kuis ini. Tapi terus terang aja, aku sangat kecewa karena tak satupun yang menyinggung mengenai pentingnya memelihara lingkungan di Tano Batak. Padahal kerusakan lingkungan merupakan isu paling penting dan bahkan sudah sampai tingkat GAWAT di Bona Pasogit.

Hanya satu peserta (Desy Hutabarat) yang secara eksplisit menyinggung masalah lingkungan, itupun lebih bersifat cinta verbal. Dia bilang, batak keren kudu mencintai Danau Toba dan alam sekitarnya. Nampaknya Desy lupa, semua orang Batak mencintai Danau Toba. Tapi hampir semuanya pula tak berbuat apapun, ketika hutan-hutan di sana digunduli dan permukaan danau itu turun terus dari tahun ke tahun.

Nah, silakan baca secara lengkap kutipan komen para peserta kuis “Batak Itu Keren” yang saya tampilkan di bawah ini. Poin 1 sampai 6 adalah rumusanku, selebihnya rumusan para peserta :

Batak keren adalah :

1.Think globally, Act locally

Contoh : Pro emansipasi wanita, tapi nggak mimpi untuk menyerahkan hak penerus marga kepada kaum perempuan.

Egaliter, tapi nggak jadi kurang ajar terhadap orang yang lebih tua atau yang kedudukannya lebih tinggi dalam adat.

2.Bisa ngomong batak, jago bahasa asing

Ya, bukan batak namanya kalo nggak bisa ngomong batak. Nggak usah nyari-nyari alasan, misalnya bahwa kamu lahir di perantauan atau di planet mars. Ada niat atau tidak, itulah masalahnya. Buktinya, banyak orang batak jago bahasa Inggris, padahal lahir di Bonapasogit.

3.Tidak membakar ulos

Yang suka bakar ulos itu batak munafik dan sesat. Mengaku orang batak, masih pakai marga pula, tapi kok bakar ulos? Kalau memang sudah maniak betul, umumkan dulu kamu sudah berhenti sebagai orang batak, terus bakarlah ulos sebanyak-banyaknya — sebelum kamu dijadikan perkedel oleh jutaan orang pecinta ulos.

4.Nggak bawa kantong plastik ke pesta

5.Tulus ikhlas

Kalau menyumbang ke gereja, mesjid atau rumah ibadah parmalim, bukan karena ingin menonjolkan diri.

6.Kalau pakai perhiasan emas, lebih mementingkan nilai estetika

Bukan berat atau yang diutamakan; artinya bukan pamer. Orang kaya yang suka pakai perhiasan emas ukuran besar dan berat, mentalitasnya masih tetap kere atau miskin.

—————————————————-———————————————–

7. Memikat orang lain bukan dengan modal tampang, tetapi sesuatu “di dalam” dirinya. Ini pesona yang tak terdefenisikan. (by Toga)

8.Ekspresif, artinya, apa yang ditunjukkannya memang apa yang ada di dalam hatinya. Mungkin orang bilang “kurang halus” atau apapun, yang jelas, orang tak dibuatnya susah payah menebak apa isi hatinya. (Toga)

9.Tetap jadi Batak di mana pun dia berada. Bukan berarti tidak respek kepada budaya setempat, namun ada ciri yang dipertahankannya. (Toga)

10.Sikap dan pembawaan tegas bahkan cenderung keras, tetapi hatinya sangat gampang tersentuh. (Toga)

11.Jago dalam hal Budaya (Desy Hutabarat)

12.Jago dalam hal musik dan nyanyi (ini mah udah ketauan deh) (Desy Hutabarat)

13.Tidak jaim (Desy Hutabarat)

14.Break the rules (positif) (Desy Hutabarat)

15.Cinta Danau Toba dan alamnya. (Desy Hutabarat)

16.Tau tarombo dan spesifikasi marga dan asal hutanya (misalnya aku, Hutabarat Partali Toruan #17 Huta Pagar Sinondi) (Desy Hutabarat)

17.Suka makan arsik, Ikan mas, ikan jahir,mie gomak, intinya yg ada mengikutsertakan andaliman (Desy Hutabarat)

18.Spesialis to see what’s right dan positif, dang holan mangelati (Desy Hutabarat)

19.HOTEL (Hosom Teal Elat Late), tapi terapkan dalam konteks positif, sebagai pemacu, yang bisa, baru KEREN……(Desy Hutabarat)

20.To the point (Batak Tembak Langsung),irit biaya juga nih, ga pake muter2 dulu soalnya (Desy Hutabarat)

21.Menyapa dengan HORAS!!!! (Desy Hutabarat)

22. Tahu lagu nasional ni halak batak mis: O Tano Batak, dll” tidak perlu suara merdu, tetapi memahami arti lagu itu dan menjiwainya. (santrov)

23. Merasakan seperjuangan dengan sesama Batak yang memperjuangkan Budaya Batak. (santrov)

24. memiliki kerinduan yang dalam untuk menginjakkan kaki di tanah batak, biar sejauh apa merantau. Meski mungkin tidak akan pernah, tapi kerinduan itu ada dan dalam..heheheh (santrov)

25. Tidak mendiskreditkan adat batak dengan memakai kedok agama (santrov)

26 Mengenal dan mendukung Viky Sianipar dalam membangun musik Batak hehehehehehehheheheh (santrov)

27.Batak Cool : Dengan jas berbahan ulos, gaya yang santai dan logat batak membuka seminar Ministry of Finance Annual Meeting “wElcome to toba lakE, you will Enjoy with us!”, (Marudut R Napitupulu)

28.Batak yang keren bukan mempertahankan tradisi batak, tapi membawa warisan nilai-nilai leluhur batak sebagai modal transformasi di era globalisasi. Menunjukkan pada dunia, harta terpendam dan nilai hidup yang diinspirasi oleh keindahan danau toba, yang mampu beradabtasi dengan cerdik menjadi manusia unggul dan dengan bangga menyebut, ” my name is Marudut R. Napitupulu” (Marudut R. Napitupulu)

29. Berpikiran terbuka, tidak picik. (Marudut p-1000)

30.Never give up, keterbatasan tidak menghentikan kita tetapi justru menjadi motivator. (Marudut p-1000)

31.Tampillah dengan diri anda sendiri, Be Yourself, Itu keren dan punya jati diri.
Jangan malu dan jangan ganti namamu, keren tidak berarti harus merusak budaya dan identitas original habatahon. Jangan ganti namamu dari: Lambok menjadi Lambocks, Ojak menjadi Jacky, Purnama jadi Tamara. Cantumkan margamu di kartu nama, dan tunjukkan kamu orang Batak Keren …Dengan bangga aku menampilkan ini “Charlie M. Sianipar”. (Charlie M.Sianipar)

32.Dan jangan kau bangga bila tidak bisa berbahasa Batak, jangan bilang kamu sudah lahir di Jakarta dan tidak bisa berbahasa Batak … Tidak keren … Menyedihkan. Kamu tau berapa banyak orang Cina didunia ini lahir tidak di Tiongkok, kok tetap bisa bahasa Cina. Kamu tau berapa banyak orang India, Belanda, Prancis lahir didunia ini bukan ditanah ompungnya, tetapi bisa berbahasa leluhurnya. Tetapi orang Batak, Bokapnya merantau dari Tanah Batak, anaknya sudah tidak bisa bahasa Batak -)Itu bukan Batak Keren. Lahir, besar dimana saja dimuka bumi ini, bisa berbagai bahasa dan fasih marhata Batak, Itu KEREN … … TOP (Charlie M.Sianipar)

33.Bila ditanya orang apa? jawab saja orang Batak “It’s cool Bro …” jangan bilang orang Tapanuli atau orang Medan. Jawab saja, aku orang Batak, tunjukkan sikap yang sopan dan empaty, itu baru Batak Keren …(Charlie M.Sianipar)

34. Jangan permalukan dirimu sendiri dengan aksen aksen jelek itu agar temanmu merasa terhibur. Saya membenci aksen Batak di TV dan iklan iklan beraksenkan Batak. Itu PELECEHAN … …(Charlie M.Sianipar)

35.B -angsa
A -dat
T -arombo
A -rt
K -ekeluargaan (sahat.m.ngln)

36.Batak keren itu adalah ketika orang ngomong sama kau, “D.A.S.A.R B.A.T.A.K !!!” untuk suatu positive moves yang barusan kau lakukan ! (Charly Silaban)

37.Batak keren itu adalah BATAK = BAnyak TAKtik…. bukan BAnyak TAKtak..!! (Charly Silaban)

38.Batak yang keren, nongkrongnya di Toba Dream Cafe sambil minum begu attuk! Bayarnya ga pake utang tapi.. hehehe it’s kidding bro. (Marudut R.Napitupulu)

39.Batak keren ‘kidding’nya juga keren!(Marudut R.Napitupulu)

40.Batak yang kErEn musiknya harus kErEn, bikinan orang kErEn, tak lain laE Viky yang bEkEn. (Marudut R. Napitupulu)

41.Batak Keren itu adalah Orang yang mengalah akan pemberontakan HATI KECIL nya sendiri. Ketika dia mengikuti hati nuraninya maka dia tidak peduli akan fisiknya yang kurus kering dan berpenyakitan. Buang ego dan basmi pikiran pada hasutan dunia jahat yang terselubung sekalipun. Mencintai adalah anugrah baginya, Kemampuan/Bakat adalah pembuktian yang wajib. (agaperos)

——————————————————————————–————————

tobadreams.wordpress.com

26 Tanggapan to "Batak Itu Keren (Repost)"

om… temen ku nyari cowok batak..
ada yang masih single nggak??
*salah fokus.. malah nggak fokus*
*di tendang yang punya blog*

horas lae,
kalau sampai 40 an kriteria batak keren, saya khawatir ..jangan-jangan gak ada orang batak yang keren…usul saya ,disimplekan aja lae..5 atau 6 point yang bisa dijadikan standart batak keren…minimal 3 dari 6 point itu cukuplah…contohnya seperti syarat untuk cari istri ada 5 : 1.cantik , 2. putih, 3. kaya 4.pintar. 5.baik hati…saya yakin …3 pun dari 5 point ini pasti membuat anda senang setidaknya bangga lah…!.

Ito Jhonson,
siapa bilang gak akan ada batak yang keren?
aku memenuhi 40an kriteria di atas kok. jadi gak perlu disimple’kan. ya begitulah BATAK.
nah, ketauan ASLI BATAK kan aku?
(masuk kriteria no.berapa nih?) ^_^

Selamat Ulangtahun Raja Huta …

Dipasu pasu Debata tongtong raja i.

Adong do hubahen dison halak hita na KeREn dohot Tano Batak na KeREn i.

Bah, ai tok padonok-donok do hape ari hatubuanta, Laekku… 😀

Sekalian ada tambahan satu lagi:
Orang Batak tak Pernah Ragu untuk Merasa Keren!

😀

wah batak memang keren

batak keren, saya baca visinya bagus, bung huta.

@ ulan

cowok-cowok batak terkenal setia loh, ulan. jadi, nggak bakal nyesel deh.

@ johnson

bisa juga seperti lae sarankan, biar lebih ringkas. kasih draftnya dong lae.

@ Lidya Hutagaol

bukan hanya asli, tapi GENUINE hehehe…

@ Charlie M Sianipar

Mauliate lae. Andiganma hita marnonang muse jala marmitu lae ?

Nunga hudulo be parsopoanni lae i, jala pintor hubaen do linkna di blog on.

@ Toga

Bah, molo songoni selamat ulang tahunma Tulang. pintor hutongoshon pe na sitingkii…

@ hanggadamai

terimakasih Mas. Ini kita gagas adalah untuk membangkitkan kembali kecintaan generasi muda Batak. terutama yang lahir di perkotaan, untuk mencintai budaya Batak.

Kita berkeyakinan, kalau setiap anak muda kita mencintai budaya suku masing-masing, maka ikatan persatuan kita sebagai bangsa akan semakin erat dan intim.

Horas

@ Sawali Tuhusetya

Terima kasih Pak.

Tulisan keren tentang Batak Keren,,

setuju.. tapi jangan sampai kita jadi rasis juga,, narsis dikit-dikit bolehlah,, hehe,, apalg yang nunjukin kl kita bangga jd orang batak,,

maju terus orang Batak,,

proud to be Bataknese,,

Sudena i denggando alai unang holan hata alai ikkon sumanmando dohot tupambahenan asa lam denggan di bereng jala jadi sitiruon diluat portibion GBU

HORAS….SUDENA
WOW….BATAK YANG KEREN………
MENURUT GW BATAK KEREN ITU……MAU MEMPERBAIKI KEBATAKANNYA…..
KNP “KEBATAKANNYA”?(Tanya kenapa???)
karna Batak yang dikenal orang selama ini adalah:
(buat yang merasa laki2)
1. Parmitu
2. Parjuji
3. Paremanisme(sok jago)
4. Suka mukulin istrinya kalau lagi kalah marjuji
5. Gk mau ngalah biar salah (jugul men….)
6. Gk bertanggung Jawab buat keluarga
maaf buat yang sudah bertanggung jawab. tapi masih banyak diluar sana Kerjaannya marjuji di lapo sambil minum tuak sedangkan istrinya kerja…Trus pulang kerumah tanpa rasa bersalah….

n many more…..

Boru2:
Klw buat wanitanya sih gk separah banci2 diatas…..yang jadi masalah masih ada wanita batak sekarang menerima KDRT (kekerasan dalam rumah tangga)……

Tidak disangkal lagi orang batak itu memang keren!

Tapi menurut saya kalau:

1. – Orang batak tersebut bangga dengan kebatakannya. Bangga dengan kebatakan yang dimaksud tidak harus memiliki orang tua yang dua2nya batak, tapi minimal punya ayah orang batak artinya dia itu sudah 100% orang batak karena orang batak menarik garis keturunan dari fihak laki2.

2 – Benar2 menjalankan adat Dalihan Na Tolu dalam kehidupan sehari. Kalau tidak menjalankan adat tersebut bukan orang Batak namanya dan tentu saja tidak keren!

3 – Bangga dengan adat budaya batak. Walaupun lahir di perantauan dan tidak fasih berbahasa batak tapi selalu berusaha tahu dan menggali budaya batak tersebut dan berusaha menjadi orang batak yang seutuhnya seperti Viky Sianipar.

4 – Punya sifat2 selayaknya orang Batak;
>patuh sama agama,
>patuh sama adat istiadat,
>tegas,
>tidak cengeng, tidak loyo alias letoy,
>bertanggung jawab
>jago bergaul, sesama Batak dan dengan semua suku bangsa
>pede tapi gak pamer
>smart (mana ada orang batak yang tidak smart 🙂 )
>tidak pendendam, karena orang batak itu jago berdebat, to-the-point, ceplas-ceplos tapi tidak punya dendam setelah masalah selesai
>tulus dalam membantu tidak picik
>punya toleransi tinggi untuk menjaga persaudaraan sesama Batak, sehingga tidak memetak2an bangsa Batak sendiri karena adanya suatu perbedaan
>tidak sok jago (karena memang jago),
>tidak berlagak preman sesama orang Batak (karena semua orang batak itu preman.. hehehe)
>berani mempertahankan pendapat kalau memang benar tapi berani ngaku salah, kalau memang salah

5 – Berani memperjuangkan adat budaya Batak, kalau bukan kita sendiri siapa lagi yang menjaga budaya kita dari kepunahan.

7 – Suka lagu batak

8 – Bisa nyanyi, kalaupun gak bisa minimal bisa maen alat musik.

7 – Suka makan khas Batak dan tahan makan suka pedas (buat yang orang Batak yang muslim tentunya makanan Batak yang tidak mengandung B1 dan B2)

8 – Suka maen catur atau maen kartu

Nah kalau yang 8 pasal itu dijalankan barulah namanya Orang Batak Keren!

to Ruslan Lubis..

hahahaha… setujalh apa yang ito katakan itu, hanya pasal no.7 sedikit sulit karena aku tidak terlalu kuat makan pedas karena punya penyakit maag, tapi masih bisa keren lah aku ya? 🙂

@ Syahnan Situmorang

Didok Lae songon on: “karna Batak yang dikenal orang selama ini adalah:”

1. Parmitu
2. Parjuji
3. Paremanisme(sok jago)
4. Suka mukulin istrinya kalau lagi kalah marjuji
5. Gk mau ngalah biar salah (jugul men….)
6. Gk bertanggung Jawab buat keluarga

Nahubereng:
1. Parmitu di huta tidak selamanya negatif. Dulu aku marmitu, untuk pergaulan sosial, bukan untuk Mabuk. Bila yang anda maksud marmitu itu minum alkohol, itu bukan hanya orang Batak. Bandingkan juga dengan Bule

2. Parjuji, Dari Sabang sampai Merauke itu ada, bahkan ada yang menyabung Ayam sampai mati.

3. Premanisme, yang ini aku akui. Itu cara mereka itu untuk survive.
Lebih baik jadi Preman daripada jadi Pengemis 🙂 Dimana mana ada Preman. Bule bilang Top Guy

4. Lae terima itu sifatnya halak hita?
Mungin ada, tapi bisa dihitung dengan jari.

5. Itu ngotot, jugul, Bisa negatif bisa positif Lae

6. Tidak bertanggung jawab?
Ingat syair lagu, Anakhon hi do hamoraon di ahu.
Lebih bayak anak Batak yang bersekolah dibanding yang tidak sekolah.
Bukankah itu tanggung jawab yang baik dari orang tua.

Bila ada yang mengatakan seperti yang Lae kutip itu, itu pelecehan.
Apakah suku bangsa mereka juh lebih baik?
Jangan terima Lae. Modernisasi di Tanah Batak, kurang lebih seratus tahun, setelah Batak kehilangan kemerdekaannya sebagai Bangso Batak. Tapi kegigihan mereka untuk maju, luar biasa. Dahsyat …

aku perkenalkan temanku yang sama2 tergabung di unit kesenian sumatera utara di ITB, namanya bang Deka,

http://watchsons.wordpress.com/

anak Arsitek ITB angk 2004… Karya2nya kyk sketsa batak nya oke, jago bikin gorga, dsb.. care ama seni batak,,
bisa di check dulu websitenya,, sapa tw tertarik,, hehe
or email: watchsons@yahoo.com

@ Elisa Sirait..

Loh ..koq tidak Deka sendiri yang memperkenalkan diri. Salam ya..sama Deka dari Inanguda Siallagan.

@ Elisa Sirait

Terima kasih infonya Ito. Rasanya aku seperti dituntun ke tanah yang dijanjikan hehehe…

Dahsyat lae Deka itu. Batak Keren !

Sukses selalu buat Ito,
Horas

Raja Huta

@ br Siallagan

dia tu pemalu,, hehe.. low profile tp profesional..

horas….
salam kenal…

mauliate ama semua comment “about me”
makasih buat Elisa yang telah mempromosikan “who am I”
ale adong do denggan na ra hupatandahon sadiri diri ni iba tu…

Deka Watchson Sagala

Salam buat semua
spesial buat inang uda Siallagan…

Batak Itu memang keren, apalagi kalau di jago marhata Batak.
Makin keren… … dia tidak turut memusnahkan Hata Batak.

@ Watchsons
Nunga hubahen link ni blog ni Lae na keren i
Watchson’s WebBog di
GORGA art photography

mauliate lae…
Batak itu keren….
yup..

tapi sedikit comment dari saya…
Batak bisa lebih keren lagi kalo saja lebih terbuka lagi
dan butuh sedikit sentuhan kreatif yang membuat Budaya Batak itu dapat diterima banyak kalangan dan lebih terbuka dengan perkembangan zaman….

terima kasih…

Yah.. Batak Memang Keren……… Horas

Batak Keren……….

Mengutamakan pendidikan, Untuk Mengejar Kecemerlangan..

Bang kalau bisa tolong lebih ditonjolkan orang Batak yang berpendidikan, berlomba-lomba untuk mendapatkan pendidikan yang baik…. ( karena itulah akarnya orang batak)….

200 tahun lalu orang batak/ompungku di huta sana sebagian terisolasi, tertinggal dibandingkan peradaban pada umumnya saat itu. Tapi kini Orang batak Itu sudah bisa bilang Keren… karena memperoleh pendidikan yang di Mulai Nommensen…

Sangat Senang bila Blog ini dan yang lainnya juga mengedepankan Ide-ide dan Motivasi untuk percepatan dan pemerataan pendidikan bagi Orang batak… demi kemajuan bangsa ini….

horas…
sai diramoti debata ma hita saluhutna
sattabi parjolo tu raja nami Raja Huta..

molo sian ahu adong na hurang tikkos di goar ni blog on..aha mai?
goar na BATAK ITU KEREN..na artina BATAK TOBA/KARO/SIMALUNGUN/PAK-PAK/MANDAILING/NIAS/TAPSEL ITU KEREN.
porlu do nian Raja nami Raja Huta patoranghon goar ni PARTUKKOAN ni Raja nami on…sattabi raja nami..raja na haholongan nami..molo hubereng do gabe ‘sempit’ do artini BATAK ni partukkoan ni Raja nami on..boasa?alana gabe cenderung do BATAK ni partukkoan ni Raja nami on tu BATAK TOBA.. sattabi Raja nami..porlu situtu do pangattusion sian Raja nami..

molo sian ahu parToba..parToba itu keren molo:
* benget marroha (kasihi)
* marpanganju (sabar)
* marsahala na uli (rendah hati )
* pattun maradapon natua-tua (menghormati orang tua )
* bonar habonaron (meyakini firman Tuhan)
* bisuk di dalihan natolu (bijaksana dlm kehidupan pribadi dan sosial)
* ingot tu debata mulajadi nabolon (percaya dan takut kepada tuhan yang maha kuasa)

horas..
butima

salam buat semua orang batak yag baca ni klo mo kenalan ma gue add aja di 081352081084

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 636,004 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: