batak itu keren

Petani Samosir Tolak Proyek Bunga di Hutan Tele

Posted on: 10 April, 2008

SELAGI Bupati Mangindar Simbolon dan PT EJS asyik membahas Memorandum of Understanding (MoU), puluhan petani didampingi Kelompok Study dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat (KSPPM) wilayah Samosir datang menolak PT EJS. Penyampaian aspirasi itu terjadi Selasa (25/3) di ruang rapat kantor Bupati Samosir.

PT EJS asal Korea, dikabarkan akan menanamkan modal sebesar Rp 100 miliar di Samosr di areal Tele seluas 2050 Ha. Namun petani yang tergabung dalam serikat tani kabupaten Samosir (STKS) kuatir terjadi penebangan hutan di sana.

“Mereka sebelumnya datang ke DPRD. Setelah mengetahui ada pertemuan dengan PT EJS dari surat masuk kepada Ketua DPRD, kami membawa mereka langsung kemari. Itulah dasarnya kenapa mereka kami bawa,” jelas Marlon Simbolon mewakili Tumpak Situmorang dan Ganda Tambunan, anggota DPRD Samosir yang datang dengan STKS dan KSPPM.

Dalam menyampaikan aspirasinya, STKS diwakili sekretarisnya E Siringo-ringo mengatakan mereka datang dengan tekad bulat dan satu kata tolak PT EJS jika melakukan penebangan hutan. Mereka akui, kehadiran investor perlu tapi harus perhatikan nasib petani.

“Jika PT EJS melakukan penebangan pohon, 21 anak sungai disekitarnya akan kering. Dampaknya, mengganggu aliran air ke lahan pertanian kami. Selain itu, penyusutan Danau Toba akan terjadi karena areal yang sudah diberikan ijin prinsipnya untuk PT EJS daerah tangkapan air,” papar Siringo-ringo.

Untuk itu mereka meminta Pemkab dan DPRD Samosir mencabut segala jenis ijin yang sudah diberikan kepada PT EJS. Aspirasi mereka juga disampaikan melalui surat mereka sampai kepada Presiden RI.

Dalam surat STKS itu mereka mengatakan jika PT EJS melakukan penggundulan hutan akan terjadi bencana longsor, kekeringan dan penyusutan Danau Toba. Telah terjadi konflik horizontal di sekitar Hariara Pintu dengan hadirnya PT EJS. Hutan yang “diberikan” kepada PT EJS merupakan hutan lokasi perjuangan pahlawan nasional Sisingamangaraja.

Issu pemanasan global serta penanaman sejuta pohon tahun lalu yang dipusatkan di Bali dijadikan alasan penolakan PT EJS. Mendengar itu, ketua komisi II DPRD Samosir Joni Sihotang mengatakan pertemuan antara Eksekutif, Legislatif dan PT EJS hari itu masih terkait rencana pembuatan MoU. Namun sebelumnya diminta, PT EJS harus menjelaskan bentuk pekerjaan mereka.

“Kami juga akan meminta penjelasan dari PT EJS tentang bentuk pekerjaan mereka.

Mereka harus dapat memberi penjelasan sehingga masyarakat tidak ada yang punya persepsi miring. Jika PT EJS tidak mampu dan ternyata tetap melakukan perusakan lingkungan, saya berdiri di depan meminta PT EJS hengkang dari Samosir,” tegas Joni disambut tepuk tangan petani dan KSPPM.

Pihak eksekutif diwakili Sekdakab Samosir Tigor Simbolon mengatakan berterimakasih dengan adanya masukan dari STKS dan KSPPM. Dia memberikan penjelasan terkait PT EJS dan tetap lebih mengutamakan masyarakat Samosir.

Mendengar penjelasan Tigor, kembali E Siringorongo mengatakan penjelasan itu memang harum seharum bunga. Tapi tujuan mereka menyampaikan aspirasi hanya untuk menyelamatkan air. “Kami petani pak. Kami tidak butuh investor dan bunga. Kami hanya bertujuan menyelamatkan air,” kata Siringo-ringo.

Samosir (SIB), 25/03/2008.

3 Tanggapan to "Petani Samosir Tolak Proyek Bunga di Hutan Tele"

Betul itu amang Siringo-ringo…hehehehhee…jangan kalian pejabat itu aja yg dapat aliran duit, melupakan aliran air petani!!.

Utamakan dulu Infra Struktur Pulau Samosir dan Pendidikan ttg Lingk. Hidup harus memadai agar Masyarakat dan Pemerintah ( LSM ) dapat memantau dan kendalikan Hutan dan pepohonan yg menjadi penahan longsor di Perbukitan Samosir sehingga akan terbebas dari oknum perusak Lingkungan>

kalau pemkab samosir tidak segera menghentikan kegiatan tersebut. saatnya masyarakat di sekitar hutan yang bertindak!!!!!!!!!
HENTIKAN PENEBANGAN HUTAN TELE KARENA AKAN MERUSAK ALAM KEINDAHAN SAMOSIR YANG SEJUK, INDAH DAN DAMAI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 627,803 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: