batak itu keren

Samosir Adakan Lomba Paralayang Internasional, Mei 2008

Posted on: 8 April, 2008

BAGI yang punya rencana berlibur bulan depan, melancong ke Samosir perlu Anda pertimbangkan. Selain menikmati keindahan panorama Danau Toba, bakal ada suguhan atraksi langka dan mendebarkan di sana, yaitu lomba para layang internasional di kawasan Tuktuk.

Para glider akan terjun bebas dari puncak bukit, lalu melayang ke arah danau, dan harus mendarat tepat di titik yang telah ditentukan. Bagaimana kalau meleset ? Jangan kuatir, mereka tidak dilarang nyemplung ke danau paling elok di dunia itu. Silakan berenang, dan buktikan janji Tongam Sirait dalam lagunya Wellcome to Lake Toba : you will enjoy with us...

Lomba paralayang tingkat internasional ini, menurut harian SIB, bakal digelar tanggal 5 sampai 9 Mei 2008. Pihak panitia cukup optimistis peserta asing bakal ramai, karena merupakan rangkain lomba serupa di Malaysia, 1-4 Mei.

Di bawah ini aku kutipkan berita SIB yang sudah aku ringkas seperlunya :

Dalam rangka Lake Toba Eco Tourism III, Pemkab Samosir akan menggelar kejuaraan internasional paralayang di Bukit Siulak Hosa dan Bukit Sigarang Tomu Tuk Tuk Samosir 5-9 Mei. Event ini disponsori Hotel Dainang Sibolga dan Harian SIB.

Diperkirakan ratusan penerbang paralayang dari Asia dan Eropa akan ikut ambil bagian. Di Malaysia even serupa digelar 1-4 Mei, setelah itu para peserta akan langsung terbang ke Samosir.

Ketua panitia pelaksana Terang U Bukit dari Sumatera Adventure Paragliding Club mengatakan, ada 3 kelas yang diperlombakan, ketepatan mendarat, kecepatan meluncur dan water landing (mendarat di atas air).
Water landing ini nomor yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Panitia mencoba nomor ini karena medan paralayang dikelilingi Danau Toba. Tempat landing akan di buat di tengah danau, jika salah mendarat peserta akan tercebur ke danau.

Penerbang paralayang dari Indonesia diperkirakan datang dari Padang, Jatim, Sulteng, Kalimantan, DKI, Jabar dan tuan rumah Sumut. Total hadiahnya Rp 31 juta, namun bukan besarnya hadiah yang semata-mata diperebutkan peserta. Tapi mereka lebih mengutamakan tantangan dalam perlombaan ini apalagi di Tuk Tuk ada danaunya.

Menikmati keindahan Danau Toba dari udara

Menurut Terang, lokasi di Samosir lebih baik dari beberapa negara di Asia karena tempatnya tidak banyak pepohonan. Di Malaysia, medannya dikelilingi kelapa sawit.

Peserta luar negeri pasti terkesima melihat keindahan Danau Toba dari udara. Medan seperti ini, perbukitan disertai keindahan danau, hanya ada di daerah Samosir dan akan menjadi daya tarik bagi atlet mancanegara.

Beberapa glider dari mancanegara yang sudah pernah terbang di atas Danau Toba mengakui, daerah itu adalah tempat terbaik untuk terbang paralayang.

Even ini sudah menjadi agenda tahunan Pempropsu dan Pengda FASI Sumut sekaligus mempromosikan objek wisata Danau Toba ke mancanegara.

Terang Bukit didampingi panitia lainnya seperti Bob Nainggolan, Bahram dan Dwi mengatakan, yang berminat atau berkeinginan mengetahui lebih dalam lagi tentang paralayang dapat datang ke Jalan Antareksa Medan Polonia atau nomor kontak 061-77472894, 0818642989. Atau ke Jalan Sei Batanghari No 69 bengkel S CAR atau menghubungi Bob Nainggolan 087861060749.

Anda berminat ?

Raja Huta http://www.tobadreams.wordpress.com

1 Response to "Samosir Adakan Lomba Paralayang Internasional, Mei 2008"

Saya merantau sejak tahun 1990 tetapi sampai sekarang selalau rindu untuk pulang lihat Danau Toba dan kota2 di Tapanuli. Kebanggaan menjadi orang Batak semakin hari semakin membarta. Horas ma di Hita sude…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 602,498 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: