batak itu keren

Pemerintah Hambat Pembentukan Propinsi Tapanuli

Posted on: 27 Maret, 2008

Pemerintah dan sejumlah fraksi DPR hambat pemekaran di 15 wilayah, termasuk Propinsi Tapanuli. Pemekaran makin bersifat kesukuan. Dikuatirkan lemahkan NKRI.

Oleh : Raja Huta

Impian membentuk Propinsi Tapanuli tampaknya sudah kehilangan momentum, paling tidak sampai dua tahun ke depan. Pasalnya, wilayah-wilayah yang dimekarkan tidak berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat; sehingga pemerintah dan DPR menjadi ekstra hati-hati. Sampai Pemilu 2009, tidak ada lagi pembahasan usulan baru pemekaran wilayah – termasuk Propinsi Tapanuli.

Kabar kurang menggembirakan ini terungkap dalam rapat kerja pemerintah dengan Komisi II DPR, Senin (24/3). Pada intinya, Menteri Dalam Negeri Mardiyanto minta direm dulu pemekaran wilayah baru. Kebijakan pemerintah ini didukung sejumlah fraksi besar di DPR, yaitu Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Amanat Nasional dan Fraksi Partai Demokrat.

Secara teknis, penundaan yang diusulkan Mendagri Mardiyanto bisa diartikan sekadar penegasan skala prioritas, dikaitkan dengan agenda nasional yaitu penyelenggaraan Pemilu 2009. Mendagri minta agar prioritas kerja Pemerintah dan DPR sampai menjelang Pemilu 2009 difokuskan untuk menyelesaikan pembahasan 12 RUU inisiatif DPR.

Namun dilihat dari atmosfir yang dominan dalam rapat kerja tersebut, yang juga dihadiri Panitia Ad Hoc I Dewan Perwakilan Daerah (DPD), tampaknya pemerintah dan DPR sudah bertekad menghambat pemekaran wilayah baru. Dengan kata lain, impian 15 daerah untuk mendapatkan otonomi—termasuk pembentukan Propinsi Tapanuli—tidak mungkin diwujudkan sebelum Pemilu 2009.

“Pemerintah berpandangan agar tidak mengganggu persiapan pelaksanaan Pemilu 2009, kita sebaiknya terlebih dahulu memfokuskan pembahasan 12 RUU inisiatif DPR, di mana pmerintah harus melakukan klarifikasi persyaratan administratif, observasi lapangan, dan kajian teknis,”kata Mendagri seperti diberitakan surat kabar Kompas (25/3).

12 RUU yang dimaksud adalah mengenai pembentukan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara (Sumut), Bengkulu Tengah (Bengkulu), Kota Sungai Penuh (Jambi), Kabupaten Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), dan Kabupaten Sigi (Sulawesi Tengah).

Juga mencakup enam daerah lain : Kabupaten Toraja Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Sulut), Kabupaten Maluku Baratdaya, Kabupaten Buru Selatan (Maluku), dan Kabupaten Anambas (Kepulauan Riau).

Otonomi cenderung kesukuan

Keinginan pemerintah untuk menghentikan dulu pemekaran wilyah baru sampai Pemilu 2009—kecuali 12 daerah yang diusulkan DPR; kontan mendapat dukungan dari mayoritas anggota dewan. Dukungan tersebut disuarakan oleh Ketua Fraksi Partai Golkar yang juga anggota Komisi II, Priyo Budi Santoso. Begitu pula anggota Komisi II dari Fraksi Partai Demokrat, Ignatius Mulyono; serta Wakil Ketua Komisi II dari Fraksi Partai Amanat Nasional Sayuti Asyathri.

Sayuti bilang, pemekaran wilayah kini makin mengarah pada dasar etnis.Kalau ini terus dibiarkan, bisa melemahkan NKRI.

Satu-satunya suara yang membela dilanjutkannya pemekaran wilayah dikemukakan anggota Komisi II dari Fraksi PDIP, Alex Litaay. Mantan Sekjen PDIP ini menyanggah alasan pemerintah bahwa pemekaran belum tentu menjamin peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Tanpa pemekaran pun tidak ada jaminan sejahtera. Berpuluh-puluh tahun merdeka juga tidak sejahtera,”kata Alex. (http://www.tobadreams.wordpress.com)

56 Tanggapan to "Pemerintah Hambat Pembentukan Propinsi Tapanuli"

Entah dari mana awalnya, entah siapa yang mendesain, gerakan bertujuan baik ini jadi terasa beraroma primordial. Orang jadi punya alasan mengempangnya.

😦

Memang sudah bullshit semua pejabat negri ini.

Tanpa pemekaran pun tidak ada jaminan sejahtera….. lalu apa kah dgn pemekaran akan ada suatu jaminan ?????

yang aku lihat… malah banyak timbul RAJA KECIL … kerusakan alam malah makin menggila… korupsi menyubur… yang miskin ttp miskin kalo ngk semakin miskin

ngk sedikit para kalangan elite daerah ( kepala daerah, dewan dan pejabat lainnya) yang akhirnya terseret kasus korupsi..

sejahtera untuk siapaaa??? rakyat kecil kahh ataw segelintir orang…?????

Saudaraku, satu hal yang harus kita pahami secara nyata, kalaupun pemekaran atau pembentukan propinsi tapanuli di gagalkan, hal itu belum menjamin kesejahteraan penduduk, buktinya sampai sekarang penduduk di tapanuli tetap tertinggal. Mari kita lakukan suatu hal yang maju dan bersinergi, kita wujudkan Propinsi Tapanuli untuk kemakmuran rakyat… Hidup Propinsi Tapanuli.

Bukan tidak setuju terbentuknya Provinsi Tapanuli. Tapi, apa yang terjadi di daerah-daerah yang sudah dimekarkan? – Yang terlihat sama seperti yang dikatakan Srikandini. Pemekaran daerah sepertinya hanya untuk kepentingan segolongan. Semacam bergagah-gagahria saja jadi raja-raja kecil di daerah. Dan, malah semakin menumbuhkan korupsi. Kita sudah lihat, beberapa bupati [pimpinan daerah yang baru dimekarkan justru terantuk hukum karena korupsi].

Saya termasuk yang tidak setuju dengan pembentukan PROPINSI baru, termasuk rencana pembentukan Propinsi Tapanuli. Mengapa, karena Undang-undang 32/2004 menyebutkan kalau Propinsi hanyalah perpanjangan Pemerintah Pusat.

Otonomi ada pada Kabupaten dan Kota. Dengan aturan yang demikian sebenarnya fungsi Propinsi tidak banyak berkaitan dengan rakyat. Propinsi tidak banyak berbuat untuk kesejahteraan rakyat. Karena pembangunan dan pelayanan kepada rakyat dilakukan oleh Kabupaten dan Kota.

Kalau tujuan otonomi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, maka yang perlu diperkuat dan dibenahi, ya Kabupaten dan Kota. Disini termasuk aparat dan DPRD nya. Supaya tidak menjadi raja-raja kecil yang bertindak semau gue.

Pembentukan propinsi hanya menambah beban rakyat. Karena biaya operasional Propinsi dan jajarannya harus diambil dari uang yang tadinya bisa dimanfaatkan untuk membangun sekolah, puskesmas, jalan atau yang lainnya.

Kalau seandainya Propinsi Tapanuli jadi dibentuk, berapa biaya untuk membiayai pembangunan kantor Gubernur, Kepala Dinas, Kepala Bagian, DPRD dll. Belum lagi untuk kebutuhan pendukung dan operasional lainnya. Bisa-bisa mencapai ratusan miliar. Padahal seperti diatas tadi, fungsinya hanya perpanjangan pemerintah pusat.

Apakah ada pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh Propinsi dan Dinas-Dinasnya ?, nyaris tidak ada. Lihat Undang-Undang 32 tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah No 38 tahun 2007. Kedua aturan itu yang jadi dasar pelaksanaan Pemerintah Daerah. Disana fungsi Propinsi lebih pada kordinasi saja.

Orang-orang yang mensponsori pembentukan Propinsi, sebagian besar adalah orang yang mau rebutan jabatan Gubernur, Ketua dan anggota DPRD serta Kepala Dinas. Yang tidak masuk diperebutan itu, berharap nantinya bisa jadi kontraktornya Propinsi baru. Nah, kalau sudah begini, lagi-lagi rakyat yang rugi.

Apalagi memang ada kecendrungan pembentukan daerah baru banyak dimuati isu primordialisme, kedaerahan yang sempit, bahkan kesukuan dan agama. Kalau begini, tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat itu akan semakin jauh.

Yang perlu adalah bagaimana meningkatkan kompetensi Kabupaten dan Kota yang ada sekarang. Supaya mampu bekerja sesuai harapan. Bagaimana caranya ???, katanya tanyalah ahlinya.

Saya sebagai orang tapanuli wajib perduli terhadap apapun yang terjadi mengenai tapanuli. Menurut hemat saya tapanuli itu sebenarnya satu. Sama-sama suku batak, jadi wajar-wajar sajakan bila ada keinginan untuk pemekaran dan pembentukan propinsi sendiri, mengingat keadaan masyarakat tapanuli sendiri yang ada di pedalaman sangat tertinggal. Mari kita bandingkan dengan wilayah-wilayah yang ada di pulau jawa.

Selain itu aset yang ada di daerah tapanuli sendiri sangat memungkinkan untuk menjadikan daerah tapanuli untuk maju, namun hal bisa terjadi bila di koordinir dengan baik oleh pihak-pihak yang terkait.

Saya sangat mendukung adanya pembentukan propinsi tapanuli. Cuma yang jadi masalahnya adalah di mana baiknya ditempatkan ibu kota propinsi tapanuli. Cari win solusinya jangan menghambatya.

Pemekaran wilayah adalah konsekuensi konsepsi pengembangan dan pembangunan wilayah, yang berdasarkan keserasian, keselarasan, keterpaduan tataruang dari suatu wilayah pengembangan. Maka pemekaran Propinsi Sumatera Utara menjadi 2 atau 3 propinsi adalah suatu keharusan, terutama bagi “Kawasan Danau Toba” yang berjuta pesona dan seabrek potensi tapi tetap terlantar dan tertinggal akibat ketidakmapuan Propinsi Sumatera Utara yang berpusat di Medan. Ini dalah fakta, maka atas dasar konsep tataruang dan pengembangan wilayah bukan primordial atau kedaerahan, “kawasan Danau Toba” harus segera menjadi “propinsi” baru untuk dapat mengkoordinasikan Kabupaten & Kota di bawahnya demi keserasian, keselarasan, dan keterpaduan pengembangan & pembangunan wilayah Danau Toba di masa mendatang. Pemekaran propinsi tsb adalah upaya percepatan pembangunan utama dan ditindaklajuti konsepsi Undang-Undang Otorita bagi Kawasan (Propinsi) Danau Toba sebagai suatu kawasan pengembangan terintegrasi. Revitalisasi, Reaktualisasi, dan Refungsionalisasi Danau Toba sebagai aset bangsa harus dikedepankan sebagai kawasan sejuta pesona wisata alam dan setumpuk potensi sumberdaya alam (sumberdaya energi PLTA dan Geothermal terbesar dunia). Tapanuli sebagai bagian dari Kawasan Danau Toba seyogianya lebih mendukung terbentuknya Popinsi Danau Toba dan Undang-Undang Otorita Danau Toba agar lepas dari ketertinggalan dan keterlantaran selama ini. Dengan UU Otorita, maka investor akan segera masuk dan tidak takut dengan gonta-ganti Kepala Daerah. Sumbang pemikiran dan urun rembug ini semoga bermanfaat bagi siapapun yang ingin percepatan pembangunan dan pengembangan Danau Toba di masa yang akan datang. HORASSS….

Tapanuli dan kontroversi

Pemekaran daerah, sepanjang yang saya perhatikan selalu memiliki dua kandungan kepentingan; yang pertama, adalah murni mengenai efesiensi dan efektivitas pemerintahan dimana kesejahteraan masyarakat menjadi tujuannya; yang kedua, sedikit banyak mengenai politik kekuasaan, dimana jatah dan porsi menjadi acuannya. Yang kedua lah yang sementara ini menjadi domain yang paling dominan dalam isu pemekaran di Indonesia, artinya pemekaran selalu identik dengan persoalan strategi kepentingan politik untuk mengamankan, baik kepentingan sosial-politik para elit maupun alokasi anggaran/proyek bagi jaringan kepentingan politik-ekonominya.

Mengenai Tapanuli, sekilas saja dapat kita perhatikan bahwa dalam konteks yang pertama, yaitu persoalan efesiensi dan efektivitas kinerja pemerintahan daerah maka isu pemekaran di Tapanuli menjadi sangatlah relevan. Artinya, secara kasat mata, persoalan-persoalan mengenai ketertinggalan fisik menjadi alasan besar mengapa wilayah tersebut harus dimandirikan, belum lagi mengenai kinerja ekonomi dan potensi ditingkat lokal yang masih jauh dari optimal, bahkan cenderung tertinggal. Namun, belakangan saya perhatikan bahwa nuansa politis dalam isu pemekaran tapanuli terlihat semakin mengental dan bahkan menjadi domain utama dalam setiap perdebatan yang saya perhatikan. Politis dalam hal ini, yakni bahwa isu pemekaran tapanuli menjadi lebih sempit daripada awal dimana ia dimunculkan, menjadi sekedar perebutan kursi, porsi, dan gengsi. Ini yang saya lihat menjadi sangat tidak menguntungkan. Bahwa advokasi yang dilakukan haruslah politis, saya sangat sepakat. Akan tetapi, janganlah politis dalam ruang yang sempit. Untuk itu, substansi politiknya harus dibenahi kembali.

Lontaran pada tulisan, bahwa otonomi menjadi cenderung kesukuan adalah salah satu bukti bahwa persoalan pemekaran menjadi semakin dipersempit oleh variabel yang sebenarnya bukan menjadi domain utamanya. Persepsi yang muncul tersebut menjadi sebuah output dari sebuah proses advokasi yang memang dikerangkakan seperti itu. Akhirnya, baik proses maupun output menjadi tidak seperti yang dikehendaki sejak awal.

Horas

dampak penjegalan pembentukan Propinsi Tapanuli akan sangat berpengaruh kepada PILPRES 2009. memang selama ini daerah Tapanuli selalu diobok-obok oleh pemerintah pusat
adapun yang kurang setuju pembentukan propinsi tapanuli adalah hannya orang – orang benci dengan suku yang ada di Tapanuli karena itu dikhwatirkan masyarakat Tapanuli
( BATAK TOBA, DAIRI,PHAKPAK,MELAYU, NIAS ,DLL )akan semakin tertindas di Negeri ini.

kapan kita Masyarakat Tapanuli terbebas dari penjajahan ?

Mari kita bersatu. bila perlu semua masyarakat yang masuk ke Propinsi Tapanuli melaksanakan MOGOK kerja . baik yang melayanai di PENDIDIKAN, KESEHATAN , PERTANIAN PERBANKAN, PERHUBUNGAN ,EKONOMI DAN LAIN LAIN denagn satu tekad untuk mewujudakn propinsi tapanuli

@ saudara2ku sebangsa dan setanah air….

Hidup PSMS ! Hidup Tao Toba!

Agen ni sibualbuali
Tu siantar tu SIPIROK
Padang Panjang Fort The Kock
ai selamat ma sineger negeri…..HORAS!

orang yang tidak setuju pemekaran prop Tapanuli ,itu sangat senang penderitaan untuk masyarakat tapanuli. pada hal masyarakat tapanuli sangat nasionalis ,sebagai bukti tersebarnya masyarakat di seantero indonesia mereka di tempat tinggal tetap membangun daerah tersebut. tapanuli sangat terbuka untuk siapa saja. MAJU TERUS PANTANG MUNDUR BANGUN INDONESIA

HAI ORANG YANG MERASA MASYARAKAT YANG BERASAL DARI TAPANULI ATAU YANG LAHIR DILUAR TAPANULI , MARI KITA DUKUNG PEMBENTUKAN PROPINSI TAPANULI, SEBAB SUMATERA UTARA ITU SANGAT LUAS SEKALI IDEAL NYA 2 PROPINSI, SEDANGKAN GUBERNUR SELAMA INI PENGEMBANGAN PEMBANGUNAN HANYA KE TIMUR SEDANGKAN KE ARAH BARAT SANGAT LAMBAT . SEHINGGA MENJADI DAERAH TERTINGGAL PADA HAL SDM NYA SANGAT POTENSIAL.

@Nadeak

Hai juga Bung! perasaan dari dulu-dulu gubernur Sumut itu orang Tapanuli (baru 2 gubernur terakhir yang bukan) berarti orang tapanuli sendiri kok yang membuat daerah tapanuli tertinggal, jadi tak ada hubungan antara provinsi tapanuli dengan penderitaan masyarakat tapanuli.
Atau malah sebaliknya, TAMBAH PARAH!

kenapa provinsi banten yang jelas jelas memakai nama “banten” tidak dipersoalkan, SDM batak jauh lebih hebat dari banten, mungkinitu uapaya segelintir orang yang gak mau orang batak maju, MALAH DENGAN ADANYA PROTAP MAKA LEBIH FOKUS MEMAJUKAN TAPANULI

Tolaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkk

Tolaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkk

Tolaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkk

Pembentukan Propinsi Tapanuli

Hidup Forsilammsu

Hidup FMISU

Hidup Himsu Peternakan

Hidup Gerobak Pasir ( Gerombolan Orang Batak Payah Diusir ) Dari Universitas Andalas

Ketua Forsilammsu FP-UA

Khairuddin R. Bancin

Forsilam ini bukan forummmu, Pikiranmu itu dangkal lae, Buatlah aspirasimu yang intelek dikit, kolot kali kau, berapa sih EQ mu, Apakah kau Teroris juga, Kalau kau bukan teroris tunjukkan dengan aspirasi yang bermartabat, Tidak semua bisa kau BOM seperti menara kembar WTC, Aku punya banyak teman yang muslim, tapi gak kek kau ini, Mati lah kau, Go to hell, atau…go to irak aja sekalian masih lebih panas disana, di neraka pun teroris di takuti….

aduh payah nih orang2x yg dilegislatif skarang kayaknya sengaja nih menunda nunda lahirnya provinsi tapanuli, huh …banyak alasanlah kurang sda, sdm padahal ujung2xnya unsur politik, ngapain sih di lama2kan? apa takut nantinya ya terjadi diskriminasi antara suku asli dengan pendatang ya……………………payah. Jgn dibuat ruwet dong, ngesahin UU kok payah… apa kuang duitnya ya………..?

Dengan penundaan provinsi tapanuli bisa membawa GOLPUT dalam PILPRES ini dan PEMILIHAN LEGISLATIF!!!!!

untuk menggolkan propinsi tapanuli sangat dibutuhkan dukungan doa dari seluruh pendukung berdirinya propinsi tapanuli. Kita yakin apabila Tuhan berkenan pasti bisa terwujud. Segala komentar miring ketidaksetujuan pembentukan propinsi tapanuli, kita tanggapi dengan arif, tanpa mengundang kebencian. Kita harus sabar menunggu dan berupaya mewujudkan propinsi tapanuli.

demo hari ini nggak mutu
sampai timbul korban jiwa
batalkan saja pemekaran wilayah
bikin ga nyatu aja NKRI

Coba berpikir jernih ,
Berkaca dari sejarah… dahulu Kolonel M . Simbolon ingin memerdeka kan Sumatera Utara , dengan alasan yang nyata bahwa rakyat di Sumatra utara jauh dari kata kemakmuran… dan perkembangan hanya ada di pusat … dengan sebuah penghianatan akirnya perjuangan tersebut harus diakiri….

Dengan di dasari oleh mimpi M.Simbolon , dan demi mewujudkan mimpi tersebut.. Saat ini kita sebagai generasi penerus .. harus berjuang untuk mewujudkan Provinsi Tapanuli… agar panorama Danau Toba bisa di maksimalkan… dan Rura Silindung bukan menjadi kota peziarah saja…

Coba , kita bahas.. kalo Protap terbentuk.. kota medan … bukan apa – apa.. dan kalo alasan Protap adalah daerah miskin…
mungkin mereka salah… bahwa 50 % pendapatan daerah SUMUT adalah sumbangan dari daerah protap…..

Turut berduka cita atas meninggal nya bapak Abdullah Aziz Angkat ( ketua DPRD tkt I ) …. dalam tragedi demi mewujudkan Provinsi Tapanuli… MOga kematian saudara menjadi cambuk bagi mereka yang berusaha menghalangi pembentukan Protap..

” DALAM MEWUJUDKAN SEBUAH MIMPI , KADANG PENGORBANAN DAN KORBAN BANYAK BERJATUHAN… INILAH TAKDIR YANG HARUS DI LALUI… ”

ai olan sada do hitta… beta hitta mar sada … asa boi bangso ta gabe marjaya… horas di hamu .. bangso batak

Saya meresahkan atas pemekaran PROTAP. Ini bukanlah wujud dari prinsip OTDA, maka dari itu Presiden berhak mengambil tindakan melalui Ketetapan Presiden (Keppres) kepada Mendagri agar MENOLAK Pemekaran PROTAP ataupun PROTAPTENG.
Kasus kali ini dapat menjadi acuan bagi para elite² daerah manapun agar tidak “menggampangkan” pemekaran sebuah daerah dengan dalih untuk kepentingan masyarakat.

Seharusnya, pemekaran dinilai dari 2 aspek yakni SDM dan SDA.
Saya Harapkan, agar Presiden dan Mendagri mengambil sikap tegas SEGERA.

Sebelumnya Turut duka cita atas meninggalnya Bpk. Abdullah Aziz Angkat !

Buat Lae – Lae skalian yang tidak setuju pembentukan tapanuli, berfikirlah secara arif!

Tapanuli tanah kebanggaan kita orang batak , sampai kapan tanah kebanggaan kita hanya seperti ini terus menerus dan dilihat sebelah mata oleh orang lain?

Mau kan liat Tapanuli selangkah maju dari sebelum nya?

Ini untuk kemajuan Tapanuli juga Lae!

Yang nikmati nanti kemajuan kan Lae Lae juga!

Lae coba pikir SUMUT sebesar skr, dimanejnya seperti apa?

Memang bukan jaminan akan menambah maju , tapi kita harus yakin HAL INI BISA MEMAJUKAN TANAH TAPANULI KITA!

Kalo Lae merasa orang batak hormatilah mau nya rakyat tapanuli secara keseluruhan, jangan dari pihak Lae saja!

Holan hita do na boi mamajuon jabu hita sasude!

Maap Batak kalo bahasa bataknya kurang benar, dari lahir merantau di negeri orang!

^_^ V

PEMBENTUKAN PROVINSI TAPANULI ITU SIH KEREN! BAGI ORANG SEPIHAK SAJA…. EMANGNYA KALAU PROVINSI TAPANULI TERBENTUK ADA JAMINAN TARAF EKONOMI MASYARAKYAT TAPANULI MAKIN MAKMUR??????????…………..
BUKAN KAH UJUNG2X NYA MENINDAS MASYARAKYAT MISKIN DI TAPANULI???????????????….

INI KAN MASALAH PEMEKARAN, BUKAN MASALAH ;;S A R A;;;
GITHU AJA KOK REPOT…………………..

Wafat Abdul Azis Angkat Kita Sesalkan, Perjuangan Kita Lanjutkan, PROTAP Kita Rindukan. PROTAP Yes…. Anarki No. Hai warga Tapanuli Mari berjuang dengan cara damai tanpa kekerasan, kita harus tetap semangat demi tercapainya Propinsi Tapanuli untuk kemajuan daerah kita. Horassssss. Tuhan Memberkati.

Hidup propinsi Tapanuli….!!
Semoga tercapai..

Hidup Tapanuli
smua . . .
Y semangaD y0
pkoke gk ad alasan
provinsi tapanuli harus terwjud .

Marre dukung
pembentukan provinsi tapanuli asa lam balga hita batak i . . .
Ido khan ito , lae ?

Semua suku ada propinsi di Indonesia, akupun berharap Halak Hita punya propinsi sendiri, kalau Protap terhalang karena Pilpres, ayo jangan jadi golput kasih dukungan buat partai yang mendukung Protap, tolak aja Partai yang tidak mau membantu ya.

Kenapa banyak orang gak setuju Tapanuli jadi propinsi, ??? tau apa mereka sehingga tidak setuju??? ada kepentingan apa mereka hingga tidak setuju??

mengapa banyak berkomentar, belum tentu rakyat sejahtera…itu Permainan mafia, kepentingan kapitalis, bahkan sedihnya ada yang latah…ikut kutan berkomentar, padahal dia sendiri tidak mengerti apa yang dikomentarkan…

dulu, samoir sebelum jadi kabutapen, banyak juga berkomentar seperti itu…tapi sekarang, mereka yang menolak itu udah jadi penjilat di gedung bupati dan DPRD samosir sana…untuk dapat proyek….

HIDUP PROTAP…

dear,

Kenapa sih kita orang batak tidak pernah bersatu, kenapa kita selalu berpikiran negatif untuk kepentingan dan kemajuan daerah kita, kita harus bersatu dan bulatkan tekat harus mendukung pendirian ProTap karena dengan begitu kita akan merasakan kita harus mendalaminya terlebih dahulu . Wahai Saudaraku kita berdoa untuk mereka yang telah memperjuangkannya dengan hti iklhas walaupun mereka jadi terlibat , tapi kita jangan gentar dan mundur.

P R O T A P Y EEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEESSSSSS

rgds

lae-laeku yang baik janganlah melihat suatu permasalahan itu dari satu titik karena kita tidak akan dapat kesimpulan yang jelas propinsi tapanuli wajib kita dukung karena itu adalah bona pasogit hita halak batak dan dari dulu the founding father slalu mengingatkan akan negara nasionalis bukan mengarah kepada salah satu bentuk negara agama jadi kita tidak usah mengaitkan protap dangan isu agama karena kita semua adalah sama yaitu bangsa indonesia.

hidup protap !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! tolak anarkisme, terhadap protap………….

dear saudaraku bangso batak,

Kita harus bersatu dengan perjuangan agar PROTAP segera dapat terbentuk ini untuk kemajuan kita bangso batak jadi kita jangan mau dipengaruhi oleh kepentingan lai , kita harus menghilangkan pemikiran negatif, bagaimana mungkin kita bisa melihat hasil dari kemajuan masyarakat tapanuli kalau kita tidak mendukungnya ,jadi Saudaraku dengan DOA dan Perjuangan kita harus bersama-sama karena satu ikat lidi tidak akan mudah patah dibanding kita terpecah-pecah oleh orang yang tidak menginginkan orang tapanuli maju dan jaya, lihatlah betapa tertinggalnya kampung halaman kita yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusianya sampai ke seluruh dunia , satu lagi yang perlu di perhatikan oleh orang orang seperti forsilam ini bukan negara agama jadi kamu jangan berpikiran kolot , jadi kamu perlu cuci otakmu, PROTAP milik semua orang tapanuli.

MARI KITA DUKUNG P R O T A P ……YEEEEESSSSSSSSSSSS

Salam..

saya lahir, besar, sekolah dan dewasa di Tapanuli… tepatnya Sekitar Tarutung… trus BTL ma Tu jakarta. saya termasuk orang yang “MENOLAK, TIDAK SETUJU DENGAN PENDIRIAN PROTAP”. ada berapa hal yang saya lihat blom saatnya untuk pemekaran Protap itu sendiri.. diantaranya,
1.human resource nya yang blom memenuhi, dalam artian blom memenuhi dalam hal hati, Nurani dan Moral untuk “MEMBANGUN” dalam tanda petik (biar jelas)

menurut Hemat saya tanpa sumberdaya manusia yang mempunyai Hati Nurani dan Moral untuk memberikan pelayan yang Tulus, akan lahh susah untuk Membangun Protap Itu sendiri… sebab sumber daya yang ada sekarang adalah” mereka2 yang menginginkan “Kue manis” dari pembentukan Protap ini”
2. berkacalah dari pembentukan propinsi yang lain… sampai sejauh ini tidak ada yang mencapai harapan,,, dengan kata lain “gagal” sampai sampai pemerintah sendiri harus mengkaji Ulang pemekaran yang telah berlangsung…

buat lae-lae, tulang, amang boru.. yang berpikir Jernih, dan Arif nan bijaksitu

klu lae-lae berpikir jernih ” seharusnya tidak ada Korban lae” dan ini bukan jaman revolusi lagi”

dan buat Lae-lae yang Arif nan bijaksana” saya masih ragu klu ini Keinginan Rakyat Tapanuli” lae…
sekian dan Terimakasih…

Horas…. (malungun au tu na ni arsik, naniura, nambargota)

saya lahir, dibesarkan sekalah di Tapanuli tepatnya nya sekitar tarutung,.. namun biar pun demikian menurut Hemat saya ” Pemekaran Tapanuli untuk saat ini BELUM lah Tepat” .. beberapa hal yang mendasari:
1. human resource nya, mksud saya disini bukan kekurang dalam pendidikan atou pengetahun tapi lebih ke Pada hati nirani, Moral, ketulusan untuk “MEMBANGUN”

Berita-berita koran hari ini mengonfirmasi bahwa pembentukan Protap tidak akan dibahas lagi oleh DPRD SU (artinya : tak akan ada lagi kelanjutannya); Pemerintah Pusat juga sudah melakukan moratorium wacana pemekaran daerah.

Mari kita bersatu : yang penting bukan terbentuknya Provinsi Tapanuli, tapi maju dan berkembangnya wilayah Tapanuli. Ayo kita bangun Tapanuli, kalau memang itu cita-cita luhur. Tak usah harus mengandalkan adanya Provinsi Tapanuli.

Coba lihat…kabupaten di Tapanuli penuh dengan intrik dan soal korupsi…yang seperti itukah yang kita inginkan ? Mari benahi dulu rumah tangga kita masing-masing, lalu benahi huta masing-masing, lalu benahi kecamatan, lalu kabupaten. Tak usahlah bicara soal provinsi dulu.

Pada waktunya, pada waktu yang indah, jika kita sungguh-sungguh, Tapanuli akan jaya, tak bisa dihempang oleh manusia-manusia yang iri.

Dan ini akan dipelopori oleh orang-orang yang jujur dan benar, bukan orang-orang yang korup dan haus kekuasaan.

Siapa sih namamu? gultom kao Bilang? memalukan sekali dirimu pesimis masih kau bawa2 jaman sekarang ini? Ganti Pemerintah sekarang

Yg nolak pemekaran protap, sama kyk b2, hanya kumpulan org2 sentimen, naif, agamis, egois, kalian tdk tau maunya rakyat tapanuli, kondisi rakyat tapanuli. So stop ur bullshit!

Horas…
persatukan orang batak dengan budaya batak,baik batak toba,karo,simalungun,pakpak,dairi dan lainnya jangan dengan budaya orang lain atau agama !!!
Orang batak bisa mendirikan sebuah negara karena simbol-simbol negara seperti bendera,tatanan hukum,wilayah sudah ada sejak Raja Sisingamangaraja dan orang jaman dulu sudah menyebutnya dengan bangso (bangsa ) batak dan itu merupakan fakta sejarah.Karena satu nasib selama penjajahan belanda dengan wilayah yang lain di nusantara sekarang indonesia,para pejuang bangsa khususnya orang
batak mau bergabung dengan proklamator bung Karno dan Hatta.Dalam perjalanannya masa Sukarno adanya ketimpangan pembangunan timbullah pemberontakan PRRI / PERMESTA,dalam masa orde baru pemberontakan tidak ada tapi pembangunan tidak sehebat di pulau jawa,masa reformasi sudah ada perobahan sedikit dengan pemekaran kabupaten. Yang banyak di sangsikan orang-orang yang bermukim di luar sumut khususnya di tapanuli mampukah atau sanggupkah orang batak secara sumber daya manusia??? dari hasil penelitian banyak orang batak yang pintar tinggal bagaimana mengatur dan memberdayakan (umumnya orang batak sulit di atur ).
Dari sumber daya alam sanggupkah menghidupi ??? sawah -sawah yang menghampar,danau toba,tambang batubara di siborong-borong dan dolok sanggul,tinggal bagaimana mengelola dan mengembangkan.
Dari segi pengalaman aparatur itu tinggal bagaimana belajar dari propinsi yang sudah ada.
Letak permasalahannya di mana???
Kerusuhan demo di DRPD Sumut adalah efek negatif dari demonstrasi,pertanyaanya kenapa orang sampai beringas di luar batas kewajaran??? apakag ada yang salah dengan polisi dan intelijen polisi sehingga tidak bisa mengantisifasi demonstrasi anarkis.
Hukum orang yang berbuat anarkis tapi jangan melupakan subtansi pembentukan propinsi tapanuli.Buat rekan -rekan yang tinggal di bonapasogit (kampung halaman) buatlah berupa dokumen foto atau film fakta-fakta ketertinggalan pembangunan di tapanuli untuk di muat di website lae mula harahab untuk sebagai bahan pembanding dengan daerah lain,karena banyak orang yang di perantauan tidak tau apa yang sebenarnya terjadi di bonapasogit,setelah itu orang akan melihat kebenaran atau kebohongan,karena alasan utama pemekaran propinsi tapanuli adalah ketertinggalan pembangunan.
Salah satu contoh untuk ngurus pensiun guru di tarutung harus ke pematang siantar,coba bayangkan waktu yang di tempuh 4 – 5 jam sekali jalan ,berapa ongkos yang dibutuhkan sementara uang pensiun tidak seberapa, anda bisa membayangkan!!!
Dengan luas wilayah propinsi sumatra utara apakah merata dalam anggaran pembangunan yang jumlahnya sedikit,tidak lebih efektifkah dengan luas wialayah yang sempit dengan anggaran yang sedikit untuk biaya pembangunan sarana dan prasarana dengan catatan TIDAK DI KORUPSI ???
Untuk orang – orang tapanuli yang pintar dan kaya di perantauan pedulilah akan kampung halaman semboyan mantan gubernur sumut “masi pature hutanabe”
HORAS TANO BATAK

Huhuhuhu!

Kalo dari segi SDA sih ga masuk akal lae lae skalian!

Masa lae lae masi ga liat pengangguran orang kita dari sma sampe sarjana pun banyak!

Coba lae liat kecil nya di jakarta saja, banyak sodara2 kita orang batak nganggur!

Kenapa mereka ke jkt, karena di tapanuli kecil sangat terlalu kecil dan kurang menghidupi mereka dan prasarana minim!

Ingat lae Prasarana di jkt jauuuhh skali dari tapanuli lae!

Kalo di jkt kan lain, smua bisa di jadiin uang! (bgitu kata perantau!!)

Percaya lah ama kemampuan orang batak lae!

Mungkin menurut lae Bukan masalah jaminan lae tapi : Kita mesti YAKIN!!

Kalo ga yakin siapa lagi yang bikin maju TAPANULI tercinta kita lae?

HORAS HORAS HORAS

horas…….

SEKALI KALI KALIAN PERANTAU KE KAMPUNG..KE TAPANULI JANGAN CUMA TERIAK-TERIAK KALIAN DI MEDAN BIAR KALIAN TAU SUSAH KALI HIDUP DI TAPANULI….

BUAT YANG ANTI PROPINSI TAPANULI JUGA DATANG SEKALI2 KE TAPANULI BIAR KALIAN RASAKAN HIDUP SUSAH…

BAGI KU MAU PROPINSI ATAU TIDAK TAPANULI….MARILAH MEMBANGUN DAERAH TAPANULI

INI BUKAN MASALAH OKNUM,BUKAN MASALAH SARA NAMUN INI MASALAH ADANYA KETIMPANGAN PEMBANGUNAN…DIMANA JANJIMU PRESIDEN…!!!!

horas bangso batak

Bagaiman mau ‘”MARSIPATURE HUTA NA BE” sementara kita memillih pemimpin daerah kita bukan bangso BATAK ,ini karena kelalaian kita bangso batak tidak mau bersatu . semua mau berambisi menjadi PIMIMPIN .
Sekarang apa yang kita rasakan
>bagaiman tapanuli mau dibangaun oleh suku lain………….
>>> contoh gubernur yang lama tulang kita SIREGAR…
<<<>>>>>> MARI BERSATU BANGSO BATAK………..MARSIPATURE HUTA NA BE…………………..

HORAS HORAS HORAS DI HITA SUDENA…saya sangat mendukung pembentukan PROPINSI TAPANULI dan saya sangat sedih atas orang batak yang justru menolaknya. ntar kalau sudah orang batak maju baru deh ngaku ngaku saya orang batak. hah sedih deh jadinya.

SEKALI LAGI BATAK WORLD COMMUNITY MENDUKUNG PROPINSI TAPANULI. HORAS HORAS HORAS……

Horas lae……haha…. aku hanya mau bilang HATI-HATI!!!! dengan orang yang mengatakan dirinya batak tetapi bukan, dengan menolak PROPINSI TAPANULI. JADI BERHATI-HATILAH DENGAN MAHLUK-MAHLUK INI. HIDUP BATAK HIDUP TAPANULI

MARI ORANG BATAK DI SELUH DUNIA (JERMAN, BELANDA, AMERIKA, INGGRIS, AUSTRALIA DAN DISELURUH DUNIA) KITA DUKUNG PEMBENTUKAN PROPINSI TAPANULI!!!!!!

dprd aja yg ga setuju.

mungkinkah ada permintaan “dana” untuk ngegolkan agar setuju?
udah rahasia umum kalau di sumut itu ada.SUMUT.

sEMUA uRUSAN mEMAKAI uANG tUNAI…

jadi emang dprd nya aja yg ga becus.

ada rumor bahwa anggota dprd sumut inisial S.Tan,H Had dkk minta dana 1m hanya untuk urusan pembuatan industri perikanan di sibolga..ada apa ini?korupsi dia!!!!!
coba aja di tindak lanjutin,hampir 100% anggota dprd sumut korupsi.mereka bukan manusia suci.
banyak koruptor di situ,seandainya ada protap..maka kurang lahan mereka untuk korupsi..ini indikasi sehingga tidak ada pembangunan di tapanuli ,uang nya habis di korup……..

horas protap,harus itu.

PROPINSI TAPANULI
AKKA DALLE DO NASO MARLOMONIROHA TO PROTAP
ISE DALLEE I…………..NGA TABOTO I ATEHH

JADI HORAS MA PROPINSI TAPANULI
SAMPAI KAPAN PUN AKU TETAP PERJUANGKAN PROTAP
HIDUP PROPINSI TAPANULI

HORAS

Kita doakan semoga propinsi Tapanuli terbentuk, tetapi yang jelas orang2 mandailing dan angkola tidak ikut di dalamnya.

Horas Tapanuli

Saya heran, kenapa orang sirik dengan pembetukan protap. Ada apa ya? Yang ga setuju kebanyakan bukan orang tapanuli, apa motivasi ya? Daerah lain dgn mudah dimekarkan, tapi kenapa protap di halang-halangi oleh sebagian anggoa dewan yg tidak punya moral itu. Katanya hanya ambisi politik segelintir, jgn membuat opini-opini yang tidakmendidik rakyat. Maka jangan heran negara ini tidak akan maju maju, karena dikuasai oleh orang-orang yang picik, sirik pikiranya dan membungkus politikyna hanya dengan modal agama tertentu. Yang herannya, kita tidak mau belajar dari sejarah penjajahan asing, kita diadu domba. Penjajahnya sekarang adalah bangsa kita sendiri dengan dalil-dalil agama, sungguh picik sekali. Inilah salah satu keburukan dari partai politik yang berazaskan agama, agama jadi dipolitisir untuk mencari makan, karena inilah pekerjaan yg paling mudah cari uang, tobatlah hai politisi-politisi busuk, rakyat sudah pandai, sebentar lagi tamat riwayatmu. jangan pilih partai yang tidak mendukung Protap, Horasssssss

PROPINSI TAPANULI MESTI JADI!!!

KLO UDAH MAKMUR TAPANULI BARU RAME3 NGAKU JADI ORANG BATAK!!!

HAI ORANG2 YANG MERASA GAK SETUJU PROPINSI TAPANULI SADARLAH!!!JANGAN HUBUNGKAN PROTAP DENGAN AGAMA..GAK ADA HUBUNGAN ITU!!!!

mengapa non batak banyak sirik kita mau jadi propinsi!!itu tandanya kita mampu bersaing untuk menjadi majau…maju terus pembentukan propinsi tapanuli..

HORAS…

Anlyzing:
1. Bagi yang menyatakan SDM orang Batak kurang baik, mohon sering-sering baca informasi siapa orang Batak itu.
2. Orang Batak itu keras tapi hatinya bersih, apa yang dilucapkan itu yang ada di dalam hatinya (alias tidak munafik/ mirip orang Barat-lah)
3. Sudah bukan rahasia lagi memang orang Batak banyak dizolimi orang di Indonesia ini, sungguh munafik bagi yang menyangkalnya.
4. Namun semakin ditekan maka orang Batak akan semakin maju.
5. Anak-anak Tuhan akan semakin maju, Dia tidak akan meninggalkan anak-anakNya
6. Percayalah kekuatan Tuhan akan bekerja.
Hidup Batak, hidup Indonesiaku, aku mencintaimu berdua!!!

apapun yang terjadi nantinya
percayalah
TUHAN JESUS akan memberkati kita, bangsa batak

HORAS

Hidup Protap !!!
Bersatulah Bangso Batak

Setuju pembentukan Protap.

Tapanuli sangat primitif, miskin dan tidak dipandang oleh Pusat. Infrastrukturnya di bawah standar, padahal kekayaan alam nya melimpah. Wilayahnya sangat luas tapi tidak terolah karena gak ada program pemerintah yang menjamah.

Protap bisa menghasilkan devisa dari alam dan pariwisata nya buat negara. Yang penting, pilih pemerintah daerah nya yang bermutu, yang takut ama Tuhan, yang udah punya konsep maju dan bertanggung jawab untuk peningkatan kesejahteraan Tapanuli, dan yang tidak membawa unsur SARA.

Hidup Protap, bersatu Tapanuli…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 660,018 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: