batak itu keren

Surat Keprihatinan Dari Belanda : Pertahankan Hutan Tele!

Posted on: 23 Februari, 2008

Horas ma di hita sude…

Parjolo ma hupataddahon dirikku ate. Henry Manik asal sian Ambarita, Samosir, tinggal di Belanda. Molo hea dibege hita group MARSADA naung piga-piga hali konser tu Eropa, au ma sada personilna.

(Pertama-tama aku perkenalkan diri dulu : Henry Manik dari Ambarita Samosir, tinggal di Belanda. Kalau pernah mendengar group MARSADA yang sudah beberapa kali konser di Eropa, akulah salah satu personilnya).

Au sangat prihatin, majjaha aha namasa (membaca apa yang terjadi) di Samosir nueang on (sekarang ini) , ima tentang pembabatan hutan hutan di Tele, untuk diconvert ke taman bunga. Ini sangat bertentangan, dan perlu ditantang. Alasan bupati itu sangat tidak logis. Mungkin dia punya plan di balik itu semua, untuk kepentingan sendiri ?

Untuk memajukan pariwisata di Samosir, banyak hal yang bisa dikerjakan tanpa melakukan hal semacam itu. Misalnya penyelesaian Ring Road Samosir dengan kualitas yang baik, pun bisa rampung di buat Pemkab sudah merupakan suatu langkah awal yang sangat bagus, dan bisa dibanggakan.Dan yang lain misalnya, seperti meng-create event event, dan memberi prasarana ke masyarakat untuk bisa menjaga kebersihan.

Ini malah alam mau di rusak. Ini artinya memberhentikan daerah Samosir jadi daerah pariwisata.

Baru saja saya merilis website http://www.samosirtourism.com , atas keprihatinan terhadap pariwisata di sana. , Dan saya sudah sangat banyak mendapat respon yg positif dari para pengunjung site tersebut , terutama yg dari belahan Eropa-Australia-Amerika, Dan sudah terbukti, dengan melalui site tersebut beberapa orang disana, sudah berkunjung ke Samosir ..(sesuai dengan email yang saya terima) dan beberapa orang sudah buat in planning untuk summer nanti

Saya sengaja pulkam (pulang kampong) November lalu, untuk pengambilan bahan-bahan untuk itu, keliling Samosir lewat darat dan Danau.

Dan saya sudah mengikuti beberapa expo besar pariwisata di Belanda, dan sudah banyak respon yang masuk, baik dari dalam maupun luar Indonesia. Dan sudah saya perbincangkan hal ini di beberapa forum travelers. Dan mereka semua sangat mendukung kerjaan ini.

Dan kebetulan akhir Januari kemarin , baru dari kampung, sepertinya turis sedikit bertambah dari selama ini. Saya bukan bilangin karena hasil kerjaan yang saya buatin, tapi adalah efeknya juga.

Semua ini nantinya akan sia sia , kalau penebangan hutan Tele tetap dilaksanakan. Jadi aku siap untuk gabung tu sude hita na mangalean rohatta tu huta ta ( jika diperlukan saya bisa bawa surat juga dari organisasi kita, organisasi batak di Eropa http://www.bonapasogit.nl, dan saya nanti akan mewakili gerakan dari sini di kampung .Kebetulan akhir bulan Maret, tanggal 22 on mulak do iba to Toba selama 1 bulan. Mengharap iba, kalau ada rencana gerakan, dan kita semua bersatu ..

Tentang promosi pe, Pemkab so dilean rohana, asal asalan do (pemkab tidak serius, asal-asalan) . Dibaen ma (dibuatlah) website http://www.tuktuksamosir.kampungdig ital.com/ alai molo tabereng i, hera website ni si bursok.. hape pasti godang do kaluar biaya tusi.. Alana merupakan sebuah proyek do on menurut au, sian Pemkab. Ia na mangaresmihon Bupati. Ia di pakke ma otik hepeng ni negara, dohot otak na i tu dalan na tikkos

Horas ma di hita sude

Henry Manik (Belanda)

11 Tanggapan to "Surat Keprihatinan Dari Belanda : Pertahankan Hutan Tele!"

Berita dukacita,
Hubege mulak ninna lae Henry on…nungnga parjolo Nantulang i.
Turut berduka cita, sai dilehon ma hagogoan tu lae.
Horas!

Setuju.Apalagi di baris terakhir.Makkonai hian poang bah.
Pertahankan Hutan Tele

Horas ma Lae Manik..Ai didia maho di Ambarita lae? Molo ahu sian Tomok do asalhu. Sian Lontung sahat tu Simanindo, Parapat-Tuktuk-Unjur dang asing be di ahu lae. Alana sempat do ahu Pemandu Wisata naso marsurat ijin asalma dapot sipalas modom. Alai group MARSADA ai hira so hea tarbege ahu i ba..mungkin iba ma ra nahurang pargaulan ate. Taringot tu sude nanidok ni Lae i toho situtu doi holan marsiboha bahenon nama iba. Molo boi Lae ta mulai ma manang sian dia pe lae lomo ni Laema. Kebetulan ahu songonari karejo di Pembangunan dohot pengelolaan ni kawasan resort do. Ditambai akka dongan.

Horas lae Marbun,

Las roba majjaha comment ni lae, Lae di dia do tinggal? tolong hub lae au lewat email henrymanik@samosircottages.com
Lae karejo di Pembangunan dohot pengelolaan kawasan ressort, di dia ? biar kita coba bicarakan sesuatu. Kebetulan aku kemarin nelp Pak wakil dewan Oloan Simbolon di samosir bicarakan ttg samosir, dan kami akan ketemu akhir maret ini di samosir, dan juga Bupati bakalan saya jumpai.

woi……kalian2 semua.jangan hanya isu pembabatan hutan saja donggg….mentang2 lagi hangat2nya nanam pohon di samosir.
trus gimana dgn keramba2 yg akibatnya juga mengerikan,dasar danau yg dipenuhi rumput2 yg
besar dan subur.juga airnya mengakibatkan gatal2. ke kulit manisia.
trus ntar ngebaca komentarku,langsung aja semua pasti pada marah dan ngbadai aku.lama2 blog ini kok pada suka marbada ya….seremmmmmm……

Lae Merdi, biasanya itu molo halakhita hatop ‘gasa-gasaon’, mungkin adong huroa efek sian andaliman i..hehehehhehe.

Sejauh masih dlm kontrol ‘marbada’ dgn tujuan baik..dang pola boha i lae…rambasss.. 🙂

Ndang pola na marbada goar ni i lae Merdi, na masipatingkosando i.
Postingan lae Raja Huta di: Benarkah Pembabatan Hutan Tele Sudah Dihentikan ? Bila ya, itu berarti “Masa perubahan di Tano Batak telah tiba, babak baru telah dimulai.” Dengan ini kita akan menyelam sambil minum aqua, sambil membenahi hal hal yang terpenting kita akan benahi danau kita yang indah itu. Tetapi kalau itu tidak benar, maka kita akan menyelam dan tenggelam.

Lae merdi..au baru mulak tu huta jala marindi disamping ni karamba..alai dang gatal2..ai molo gatal pe dari pada dang mangan parhuta i..maridi disumur ate.. lae..

horas!!! saya Volley Purba dari Kalteng. lulusan SMA N Sidikalang tahun 1989 ikut prihatin bila hutan khususnya di laupoddom terbabat.

mauliate di Tuhanta ala adong dope jolma songon lae manik on. au pe putra samosir nang pe dang tubu di samosir. disi do natuatuai nuaeng. hami sakaluarga termasuk na paling marsak memereng na masa di pulo samosir nuaeng. huilala, ingkon bergerak do hita lae manik. niida do ketidakberpihakkan eksekutif dohot legislatif tu penderitaan ni rakyat. ndang adong perubahan mendasar dung gabe kabupaten samosir i (molo sala au boi dikoreksi). boha ma carana dipingkiri hamu lae? molo ndang hita, ise be molo ndang saonari, andigan be? au siap diajak bekerja sama. on ma bloghu http://www.jhonkristo.wordpress.com.

gimana kabarnya skrg???? masih ingat gak ama akoe???
Tq.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 635,523 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: