batak itu keren

Viky Sianipar Menulis : Lengkaplah Sudah Trilogi Album TobaDream

Posted on: 4 Desember, 2007

Ternyata, dua album TobaDream terdahulu dan TobaDream-3 yang bakal diluncurkan dua hari lagi adalah sebuah trilogi. Viky mengaku diilhami oleh kosmologi Bangso Batak : Dalihan Na Tolu.

Oleh : Viky Sianipar

Dengan hati berdebar, detik-detik kemenangan itu sangat kunikmati pada dini hari itu.Tak henti-hentinya kupandangi layar komputer yang sedang menampilkan proses pembakaran CD Master. Begitu proses menunjukan persentase seratus persen, Indra Qadarsih, mastering engineer TobaDream-3, mengeluarkan CD tersebut dari komputer mastering-nya, memasukan ke sebuah CD cover, kemudian menyerahkan ke tanganku.

Langsung aku berlari ke luar studio yang terletak di daerah Cempaka Putih Utara, Jakarta itu. Kuangkat CD master itu tinggi-tinggi ke arah langit sambil menyorakkan kemenangan, sambil bersorak: “Yeeaaah…, nungnga sae be Ompung! Mauliate godaaaang da Debata Mulajadi Nabolon! Horas.., horas.., hooorasss!” (Yeah.., akhirnya selesai sudah, Ompung! Terimakasih yang tak terhingga, O, Sang Pencipta!).

Beberapa crew studio dan anak-anak band yang sedang nongkrong di sekitar studio keheranan. Setelah mengerti, mereka ikut-ikutan bertepuk tangan, juga bersorak, turut merasakan kegembiraanku.

Setelah 12 jam sehari berkutat di studio selama kurang lebih 12 bulan, tidur hanya sekitar tiga jam seminggu terakhir di BigKnob Mixing Studio dan di IQALA Mastering Studio, akhirnya semua terbayar. Master Album TobaDream-3 selesai tanggal 3 Desember 2007, pukul 03:03 dini hari.

Genaplah “nubuat” trilogi TobaDream : Tiga pesan tergabung dalam satu esensi; Tiga pondasi dasar untuk menjalankan satu misi besar; Tiga dalihan untuk menopang satu tungku.

TobaDream-1 :
Sebuah alternatif aransemen musik pop Batak. Semacam paradigma baru, yang mencoba menawarkan warna lain dari penggarapan musik dan notasi, termasuk instrumen musik yang digunakan mengiringi sebuah komposisi lagu Batak. Meski oleh sebagian orang dianggap “menyimpang”, kreativitas dan keberanianku menyuguhkan warna lain itu sebenarnya bentuk penghormatan yang tak tertakar isinya terhadap nilai-nilai budaya Batak. Juga sebagai wujud penghormatan atas kaedah adat Batak ‘Dalihan Natolu’ yang kuyakini maknanya: Somba marhula-hula.

TobaDream-2 :
Ini wujud konsistensiku untuk lebih meyakinkan kaum muda Batak dan non-Batak bahwa proses kreatif dan upaya yang kulakukan untuk merevitalisasi musik Batak, bukanlah proyek coba-coba yang tak mengindahkan kaedah bermusik. Ada keseriusan berkarya yang sangat intens dan pengorbanan besar di dalamnya. Sikap dan pandangan itu berasal dari keyakinanku bahwa musik dan lagu Batak adalah bagian penting dari budaya; bukan semata-mata komoditas hiburan yang menjadi permainan industri musik belaka. Harapan yang kubangun, lewat album ini, unsur dan ajaran ‘Dalihan Natolu’ Manat mardongan tubu itu tetap terjaga melalui kehati-hatian memilih dan mengangkat setiap komposisi lagu yang kuaransemen.

TobaDream-3 :
Ini manifestasi dari tuntutan yang dibebankan pada seorang yang berposisi sebagai ‘Parhobas’ (pelayan), yang terus ditantang berkarya, tanpa kenal lelah dan keluh-kesah. Dan ternyata menjadi ‘Parhobas’ itu sungguhlah tidak mudah. Ia dituntut membuat karya sempurna, seperti apapun kondisi, situasi, atau kesulitannya.

Karenanya, proses pembuatan album ini merupakan yang tersulit dibanding dua episode sebelumnya. Banyak pergumulan, juga rintangan, yang seakan bermaksud menggagalkan penyelesaian album ini. Namun demikian, proses pembuatan album yang terakhir ini kujadikan semacam cermin, juga penyemangat untuk bekerja keras tanpa pamrih, yang semoga bisa menggugah dan menginspirasi kaum muda agar terus mencintai musik, ekosistem, dan budaya Batak, seperti halnya Elek marboru dalam ajaran ‘Dalihan Natolu’.

Aku tak bisa memastikan seperti apa hasil akhir yang akan dimunculkan ketiga album ini. Yang selama ini kurasakan adalah: ada keterpanggilan untuk melakukan sesuatu terhadap musik (dan budaya) Batak. Masih banyak yang harus dilakukan untuk melestarikan budaya Batak. Trilogi TobaDream ini hanya sebuah awal, medium, atau alat, untuk melangkah lebih jauh. Namun kurasakan, pembuatan ketiga album ini telah mengakhiri satu babak yang amat penting dalam episode kehidupanku, sebelum memasuki babak lain yang masih panjang.

Ada satu hal yang sangat ingin kutegaskan. Ketiga album TobaDream bukan hanya milik “si Piki Sianipar”, tetapi dengan tulus kuserahkan sebagai milik semua generasi muda Batak, di mana pun lahir dan kini berada. Hanya ini yang bisa kupersembahkan, dengan harapan bisa menggugah kaum muda Batak dan Indonesia, agar lebih mencintai budayanya sendiri ketimbang budaya asing.

 

Ai ido tona ni ompui

I am just a messanger

 

Catatan Raja Huta :
Tulisan ini pertama kali dipublikasikan di blog Viky’s Personal Diary dengan tajuk The Trilogy has Finally Done. (http://www.tobadreams.wordpress.com)

 

 

 

 

12 Tanggapan to "Viky Sianipar Menulis : Lengkaplah Sudah Trilogi Album TobaDream"

wah yang jadi mastering engineer indra yah?
hm….
maafkan aku yang hanya mengenal indra tanpa tau siapa itu viky sianipar bang
tapi sepertinya bagus….
bisa beli dimana?

@bedh

Ntar aku tanyakan Viky, dia kalau jualan CD biasanya dimana, hehehe…
Tapi biasanya bisa dibeli di jaringan toko Disc Tara. Selengkapnya aku akan informasikan selepas launching, Kamis lusa. Sabar ya bedh, soalnya aku lagi sibuk menghadapi demo kaum hantu yang keberatan dengan artikelku “Cara Manjur Membunuh Hantu”…..

luar biasa sukses lahirnya trilogi tobaDream 3-nya. saya juga ikut merasakan kelegahan itu ito vicky. kerja keras ito sudah terbayarkan dan kita penikmat karya-karya ito vicky bisa membeli dan mengkoleksinya.

dari ibukota propinsi ompung-ompung kita ini, Medan, kami mengucapkan sukses ito dan bangga sekali.

horas raja huta,

grace siregar

Horas………….
Selamat ya ito Viky ….. Semoga semakin sukses dan karya2 luar biasa makin terciopta.
Wah, ga boleh ketinggalan neh, harus telepon bapak dan adek-adek ku secepatnya berburu dan kirim tu luat na dao on…. 😉
Sekali lagi selamat….
Tuhan memberkati….

Ah…ngeri kali aku membaca filosofi trilogi tobadream si piki ini, tak kusangka begitu dalamnya roh kebatakan (dalihan natolu) merasuki relung hati dan pikirannya.

Selamat ya piki….Horas

wah, bergetar aku membaca tulisan lae ini. mauliate ma di angka ompu na mangalehon bakat dohot talenta di hita!

@all
CD dan Kaset album2ku bisa dibeli di toko2 kaset besar seperti Disc Tara, Tara Mega Store, Duta Suara, Alun-alun Indonesia, digital Beat, dll. Atau bisa langsung datang ke TobaDream Cafe/Lapo Toba Tabo di Jl. Dr. Saharjo 90 dan Viky Sianipar Music Center, Jl. Minang Kabau Timur 43. For more info pls call: 0815 9001984 attn: Andree. CD TobaDream3 available pertengahan Desember, Kaset TobaDream3
Available Pertengahan Januari.

@bedh
Salam Kenal
Iya, masteringnya sama Indra BIP. Maestronya Sound Eng. Indonesia. Hasil Masteringnya TOB banget

@Kak Grace, Farida Juntak
Halau ito, pa kabar… heheh iya nich lega kali aku skarang. Tks bgt buat dukungannya yang ruar biasa. Salam buat keluarga..

Horas
Viky

*bang Huta
biasalah bang hantu mang suka gitu aku tau karna aku akrab ma dia huhuhuhuhu

*Viky Sianipar
wah salam kenal juga, 😀
maafkan kelancangan saya
saya akan coba tanya2 di disc tara bandung nanti
makasih sambutan hangatnya

Selamat..selamat…congratulation…, mau pake bahasa batak. tapi gak tahu apa bahasa batak yang tepat untuk selamat…congratulation ini… Lae Rajahuta tahu gak bahasa bataknya…
Senang sekali bahwa akhirnya berhasil selesai trilogi ini. Tapi yang membuat aku sangat bangga adalah kalimat Lae Vikky yang ini:
“Ada satu hal yang sangat ingin kutegaskan. Ketiga album TobaDream bukan hanya milik “si Piki Sianipar”, tetapi dengan tulus kuserahkan sebagai milik semua generasi muda Batak, di mana pun lahir dan kini berada. Hanya karya semacam inilah yang bisa kupersembahkan sebagai salah satu alat untuk menggugah kaum muda Batak dan Indonesia, agar lebih mencintai budayanya sendiri ketimbang budaya asing”
Kalimat ini benar-benar membuat bangga, karena ternyata saya sendiri jadi pemilik karya ini. Daga puang lambok ni kalimat i….. Semoga karya ini cepat beredar di toko ya.. Mauliate di Tuhan.. mauliate di Vikky dan semua yang mendukung karya ini ….

Tanpa direncanakan CD TobaDream 3, selesai tgl. 03 at 03:03
WOW …
Siapa yang mengatur itu, Viky langsung melihat “sign” itu
Viky berseru pada Debata Mula Jadi Nabolon: “Yeeaaah…, nungnga sae be Ompung! Mauliate godaaaang da Debata Mulajadi Nabolon! Horas.., horas.., hooorasss!”
DAHSYAT … …
Terima kasih Yesus, berkatilah Viky dan keluarganya, berkati teman temannya dan semua orang yang bekerja sama dengan dia. Mohon berkat buat Bangso BATAK.

HORAS

maju terus Tobadream,aku selalu mendukungMu.tapi satu hal yang aku minta.aku dengar pesta danau toba aku dirayain,dan toba dream harus ikut serta di dalamnya.mauliate.syalom

Horas…………………………. Parapat Nauli huta hatubuan

Sbgai org btak kelahiran tana ranto,sy suka dgn music2 gubahan b’viky.
Hanya yg menjadi kendala,kaset2 viky sianipar tdk msuk di toko2 kaset yg ada di Papua(jayapura).
akhirx sy hrs mengimpor dr sodara yg dijkt,ato tmn yg kbtlan dnas ke JKT.

Kenapa ya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 635,526 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: