batak itu keren

LOMBA KARYA TULIS TobaLover : Jurus Baru Penyelamatan Danau Toba

Posted on: 24 Agustus, 2009

TOBALOVER, sebuah komunitas berbasis jejaring sosial Facebook, akan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis (LKT) bagi pelajar SLTP dan SLTA di tujuh kabupaten seputar Danau Toba. Lomba berhadiah total Rp 25.000.000 ini, bertujuan menanamkan sejak dini kepedulian terhadap pelestarian Danau Toba dan lingkungan sekitarnya.

Menurut Ketua Panitia LKT Tobalover, Robert Manurung, lomba bertema “Danau Toba Yang Kucinta” ini mencakup tujuh kabupaten yang bersinggungan langsung dengan Danau Toba, yaitu Simalungun, Tanah Karo, Tobasa, Tapanuli Utara, Samosir, Humbang Hasundutan, dan Dairi. Lomba ini berlangsung sejak 21 Agustus hingga 1 Oktober 2009. Pemenangnya akan diumumkan tanggal 22 Oktober, sedangkan penyerahan hadiah dilaksanakan pada perayaan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2009.

”Kita menyadari, upaya penyelamatan Danau Toba tidak akan berhasil selama penduduk setempat hanya sebagai penonton atau pelengkap penderita seperti selama ini,”jelas Robert Manurung seraya menegaskan, ”Melalui penyelenggaraan lomba ini, kita ingin mendorong tumbuhnya kepedulian di kalangan remaja dan pemuda di tujuh kabupaten itu untuk melestarikan Danau Toba dan lingkungan sekitarnya.”

Ditegaskannya, melalui lomba ini TobaLover ingin mendorong upaya penyelamatan Danau Toba menjadi bersifat bottom up. “Jurus baru” ini diyakini lebih layak diandalkan dan diharapkan dibanding pendekatan top down, yang sifatnya elitis dan sarat KKN seperti dianut selama ini. “Kenapa sebelumnya tidak pernah diadakan lomba semacam ini ? Karena sumber dana organisasi-organisasi penyelamatan Danau Toba adalah pihak-pihak yang secara langsung maupun tidak langsung ikut merusak danau itu dan lingkungan di sekitarnya. Makanya, dalam penyelenggaraan LKT ini, kita akan mengutamakan donasi dari mastyarakat, khususnya para pecinta Danau Toba yang berkecimpung didunia maya,”jelas Robert.

Dalam lomba ini, peserta diminta memaparkan peranan nyata yang dapat mereka lakukan, guna mengatasi tiga masalah besar`yang menyebabkan krisis lingkungan di Danau Toba dan sekitarnya. Ketiga masalah besar itu adalah penggundulan hutan yang mengakibatkan kian menipisnya daerah tangkapan air, kebiasaan penduduk membuang sampah ke danau, dan pencemaran air danau oleh limbah pakan ikan (pelet) dari kerambah apung yang kian menjamur di sana.

Dewan Juri lomba ini, jelas Robert, terdiri dari para wartawan, penulis, dan blogger kawakan. Ketua Dewan Juri adalah penulis novel Sordam, Suhunan Situmorang; yang didukung oleh wartawan sekaligus blogger kawakan Toga Nainggolan sebagai Sekretaris Dewan Juri.

Bersamaan dengan penyelenggaraan lomba ini, TobaLover berencana mengadakan program pelatihan singkat bagi para penggiat dan relawan lingkungan di tujuh kabupaten tadi. Tujuannya untuk membekali mereka dengan pengetahuan dan strategi mengedukasi masyarakat. Program ini akan diberikan oleh Yuyun Ismawati, penggiat lingkungan di Bali yang belum lama berselang mendapat penghargaan internasional Goldman Environmental Prize 2009–yang sering pula disebut sebagai Nobel Lingkungan.

KETENTUAN LOMBA

I.Kategori :

SMP & SMU sederajat.

II. Syarat-syarat lomba :

1. Terbuka untuk pelajar SLTP (Kategori 1), pelajar SLTA (Kategori 2) yang masih aktif sebagai siswa pada sekolah-sekolah terdaftar di 7 kabupaten sebagai berikut : Tanah Karo, Simalungun, Samosir, Tobasa, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Dairi.

2. Lomba dimulai tanggal 21 Agustus dan ditutup pada tanggal 1 Oktober 2009.

3. Setiap peserta hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) karya tulis untuk dilombakan.

4. Peserta bebas membuat judul sendiri, namun harus menuliskan di dalam naskah mana yang dipilih menjadi acuan di antara tema dan subtema di bawah ini :

TEMA :

“DANAU TOBA YANG KUCINTA”

SUBTEMA :

a. Yang harus kulakukan supaya hutan di sekitar Danau Tobaku tidak
semakin gundul.
b. Yang harus kulakukan supaya Danau Tobaku tidak menjadi tempat
sampah dan airnya tidak semakin gatal.
c. Tak akan kubiarkan Danau Tobaku kering.

5.Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Diperkenankan menggunakan seperlunya istilah bahasa Batak dan harus ditulis miring atau italic.

6.Naskah harus asli (bukan jiplakan atau saduran). Keaslian karya tulis menjadi pertimbangan utama Dewan Juri dalam menyeleksi dan menentukan pemenang.

7.Naskah diketik atau di-print out dalam kertas ukuran A4, dengan spasi 1,5 dan menggunakan jenis huruf (font) Times New Roman ukuran 12, dengan margin rata di sebelah kiri dan kanan (justified).

8.Panjang naskah karya tulis antara 6-10 halaman ketikan atau print out; masing-masing rangkap 3 (tiga).

9.Naskah karya tulis harus disertai lampiran berupa :
a. biodata dan foto peserta
b. Fotocopy kartu pelajar/surat keterangan dari guru wali kelas.
c. Alamat sekolah secara lengkap, disertai nomor telepon jika ada.
d. Alamat rumah peserta dengan disertai nomor telepon yang dapat dihubungi sewaktu-waktu.

III. Ketentuan pengiriman naskah :

1.Naskah beserta lampirannya dimasukkan ke dalam amplop tertutup. Cantumkan kategori peserta dan kabupaten tempat sekolahnya, contoh “Kategori 1/Tapanuli Utara” di sebelah kanan atas amplop, dan kirimkan melalui pos ke :

Panitia Lomba Karya Tulis “Danau Toba Yang Kucinta”
Komplek Deli Sejahtera Blok XIII Nomor 122,
Pasar V Marelan, Medan 20256.

2. Naskah yang berhak ikut lomba adalah yang dikirimkan paling lambat tanggal 1 OKtober, dibuktikan dengan cap pos.

IV. Hadiah bagi para pemenang :

1. Total Hadiah yang akan diperebutkan senilai Rp 25.000.000-

2. Karya tulis para pemenang akan dipublikasikan di surat kabar yang terbit di Sumatera Utara dan di website tobalover.com.

V. Ketentuan lain

Setiap naskah karya tulis yang ikut dilombakan menjadi milik Panitia, namun hak cipta tetap milik peserta. Panitia berhak menerbitkan karya-karya yang dilombakan tanpa memerlukan ijin atau persetujuan dari peserta.

VI.Pengumuman pemenang & penyerahan hadiah

1.Pemenang Lomba Karya Tulis “Danau Toba Yang Kucinta” akan diumumkan tanggal 22 Oktober 2009 melalui website tobalover.com, media cetak, dan radio.

2.Panitia akan mengirimkan surat pemberitahuan resmi kepada setiap pemenang yang kemudian harus ditunjukkan oleh yang bersangkutan pada saat penyerahan hadiah.

3. Penyerahan hadiah bagi para pemenang akan dilaksanakan bertepatan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda, tanggal 28 Oktober 2009. Cara dan tempat penyerahan hadiah akan diumumkan kemudian.

Jakarta, 21 Agustus 2009
Panitia Lomba Karya Tulis TobaLover

13 Tanggapan to "LOMBA KARYA TULIS TobaLover : Jurus Baru Penyelamatan Danau Toba"

Sukses buat LKT ini.. [SB] turut mendukung !

@SB (Charly Silaban)

Mauliate godang lae. Tolong sekalian ya lae diposting di blog lae yang keren itu.

Horas

Agendanya bagus, barangkali ke depan perlu juga melibatkan kalangan profesional, agar lebih meningkatkan pelestarian budaya bangsa dan ikonnya. Kebetulan kami konsen dalam upaya advokasi warisan budaya dengan nama jejaringnya: Masyarakat Advokasi Warisan Budaya (MADYA), berpusat di kota Yogyakarta yang kaya akan budaya Nusantara. bisa bergabung dalam milis: advokasiwarisanbudaya@yahoogroups.com atau email: advokasiwarisanbudaya@yahoo.com

[...] panitia lomba karya tulis Toba Lover, Robert Manurung, kepada Blog Berita menyampaikan hari ini, ketujuh daerah yang bisa mengikuti kontes menulis Danau [...]

padahal aku juga pengen ikut. sayang di sumut.heehehehe.
link saya dong mas/mbak. saya org batak juja ! Horas !

Ide dan agendanya lumayan, tetapi saya hawatir goalnya hanya sebatas wacana yang tidak diikuti dengan action plan.
Saya sarankan dilombakan juga antar kelompok masyarakat desa sekitar danau Toba untuk menyampaikan ide orisinilnya hingga tahap implementasi berupa karya nyata yang sudah berhasil melakukan pemeliharaan atau pemulihan lingkungan. Kelompok-kelompok ini lebih berguna didorong kegiatannya dibanding sebatas karya tulis.
Untuk mencari dana pendukung mungkin dapat dilakukan melalui pegelaran musik atau acara budaya lainnya di kota-kota yang banyak orang Batak perantauannya.
Soal pengorganisasiannya, saya percaya panitia Toba Lover mampu melaksanakannya dengan baik, mauliate.

coment 363 luar biasa artikel anda sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga

Horas!
Aku Arif Purba asli org Simalungun dan tinggal di desa Tigarunggu dekat danau toba kab. Simalungun.
Tapi aku bersekolah di SMA negeri di siantar kelas 1 .
Masih adanya hak ku utk ikut ?

Ke -email ku dibalas
tolong ya Lae .
Bisa ikut aku ya !
Hupaima da !

bagus memang rencananya, tapi apakah akan ada wujud nyata dari kita semua,….? jangan hanya rencana…

tapi memang tidak ada salahnya mencoba…

go..go…go..!!
semangat tobalover..!! pasti ada dampak positifnya utk warga sekitar tao toba.

Aku dukung untuk perlombaan ini. alana tinggal hu di tomok do.

apa sih tujuan yg nyata dari kompetisi ini?

oi bos… blog mu utk diskusi atau tujuan komersil? munculin dong komentar gue…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 411,467 hits

Arsip

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: