batak itu keren

Danau Toba di Mata Mahasiswa Malaysia

Posted on: 18 Juni, 2009

Yang saya tahu penduduk di sini mayoritas adalah suku Batak. Mereka adalah penduduk asli yang tinggal di sekitar Danau Toba. Mereka ramah dan bersahabat.  Secara detail saya masih kurang mengenal kebudayaan mereka. Tapi masyarakat Batak terkenal dengan ulosnya.

toba

Oleh : MHD Darwinsyah Purba

DENGAN panjang 100 kilometer serta lebar 30 kilometer, Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Ditambah dengan keindahan alamnya, serta keunikan dari Pulau Samosir yang terletak di tengah danau, Danau Toba telah menjadi salah satu ikon objek wisata di Indonesia, khususnya untuk daerah Sumatera Utara.

Selain untuk menikmati keindahan alam, Danau Toba dan daerah di sekitarnya seringkali menjadi tujuan studi bagi para pelajar, baik dari dalam maupun luar negeri, yang ingin mempelajari kehidupan masyarakat masyarakat yang hidup di sekitar danau.

Hal itulah yang dilakukan 18 mahasiswa jurusan Travel and Tourism Management dari Genting International College, Malaysia, beberapa waktu yang lalu. Mereka mengunjungi daerah Danau Toba untuk mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan penduduk yang hidup di sekitar Danau Toba. Kegiatan yang dinamakan tour training ini dilaksanakan pada 27-28 November 2008.

Berikut ini wawancara Waspada Online dengan beberapa mahasiswa Genting International College, Rose Dalina Hermiza (Malaysia), Apple (Malaysia) dan Tsatsa (Mongolia) tentang kegiatan serta pendapat mereka selama berada di Danau Toba, Sumatera Utara, Indonesia.

Dalam rangka apa para mahasiswa Genting International College melakukan kunjungan ke Danau Toba?

Kami para mahasiswa Genting International College sedang liburan semester. Untuk mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat, pihak kampus mengadakan program tour training ke Danau Toba untuk mengamati proses belajar mengajar di daerah tersebut. Namun tentu saja kunjungan ini sekaligus menjadi ajang liburan bagi setiap mahasiswa yang hadir disini.

Jadi, bagaimanapa kesan anda tentang Danau Toba?

Danau Toba memiliki pemandangan yang sangat indah. Panoramanya sungguh luar biasa. Udaranya yang sejuk dan bersih membuat saya dan teman-teman saya betah dan gembira selama tinggal di sini.

Bagaimana sambutan masyarakat di daerah sekitar Danau Toba?

Masyarakatnya sangat ramah, seperti para pedagang yang sangat baik dan ramah saat menawarkan barang dagangannya kepada kami. Mereka juga bersahaja dalam menyapa para wisatawan yang datang. Hal ini terlihat dari senyum ramah mereka dan tingkah laku mereka.

Selain ke Danau Toba, daerah mana saja yang sudah dikunjungi?

Kami mengunjungi Tuk-tuk dengan kapal ferry kurang lebih 45 menit dan sempat mencoba tuak. Sangat enak rasanya. Tapi menurut penduduk, tuak tersebut dapat menyebabkan mabuk, jadi saya dan rekan-rekan tidak berani mencoba terlalu banyak. Takut mabuk.

Bagaimana kebudayaan masyarakat asli di Danau Toba?

Yang saya tahu penduduk di sini mayoritas adalah suku Batak. Mereka adalah penduduk asli yang tinggal di sekitar Danau Toba. Mereka ramah dan bersahabat.  Secara detail saya masih kurang mengenal kebudayaan mereka. Tapi masyarakat Batak terkenal dengan ulosnya.

Kesan dan pesan selama berada di Danau Toba?

Danau Toba sangat indah dan penduduk ramah, namun jalan menuju ke sana sangat kurang baik. Pemerintah Indonsesia khusus Sumatera Utara untuk segera memperbaiki jalur lintas dan lalu lintas jalan dari Kota Medan menuju Danau Toba. Kerena hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan pengunjung

sumber : waspadaonline

10 Tanggapan to "Danau Toba di Mata Mahasiswa Malaysia"

tidak semua orang malaysia :D

Bagus juga tanggapan mahasiswa Malaysia ini ya…, memang tidak semua orang malaysia akan menanggapi demikian dan sama halnya bahwa tidak semua pula orang malaysia menganggap bahwa perempuan Indonesia hanya babu-babu.

asallah ga di-’cut and paste’ juga danau toba itu. Welcome-deh tu Lake Toba.

pendapat saya pribadi,, perbaikan infrastruktur (jalan) ke samosir merupakan tanggung jawab pemerintah… karena penduduk samosir juga membayar pajak,, dan tentunya bagian dari NKRI….

kita boleh saja menuntut itu,,,
tp…
akankah lebih baik kita persiapkan pemeritah yang tidak perlu di tuntut untuk memperhatikan samosir kita…
ayo kita menolak pemimpin yg hanya memperkaya diri sendiri…

saya tidak bermaksut kampaye,, ato apa pun itu namanya..
saya hanya berharap kita pilih pemimpin yang benar…

saya sering pulang ke samosir,, dan dari survei saya..
sangat banyak orang yang memilih pilihan hanya karena uang…

ayo lebih bijak
jagan biarkan pulau kita hilang nantinya
salah satu mencegahnya.. memilih pemimpin yang tepat

Mengutip tulisan lae nami Raja Huta, bahwa Malaysia telah dimasukkan menjadi musuh tetangga no 1 RI sesuai dengan Doktrin TNI terbaru, kita harus bersikap tegas dan hati-hati menghadapi kunjungan mahasiswa bangsa Malaysia itu ke danau Toba. Dugaan saya mungkin jadi itu sikap dari pemimpin Malaysia mempersiapkan mata-mata mereka dalam mengambil alih Pulau Sumatera umumnya dan Danau Toba khususnya. Jujur saya juga telah memasukkan orang malaysia adalah bangsa yang paling menjijikan di hatiku karena sikap pongahnya hendak mengusai Pulau Amabalat setelah Pulau Sipadan, membunuh dan menyiksa saudara kita bangsa Indonesia. Sakit hatiku melihat penghinaan Malaysia kurang ajar tsb kpd Bangsa yang sebesar Bangsa Indonesia ini. Tak cukup seabad menghapus benci dan dendam perlakuan Malaysia kpd Indonesia saat ini.

Ah tahe ……..

sangat bagus malaysia aja cinta pada Danau Toba, dan ada pengakuan dari mahasiswa malaysia. Putra Batak sendiri tidak semua mengakui akan keindahan alam danau toba. mungkin putra Batak gengsi untuk mengakui danau Toba. Alam Danau Toba sulit Pengakuan dari Putra daerah sendiri. saya Keturunan RAJA BATAK mensyukuri Danau Toba sebagai Tinggal Keturunan Batak, Dan Trimah kasih kepada MAHA SUCI. Justru Para kawan membuat “BATAK CENTER” Spiritual, Lingkungan Hidup, Budaya. ” Sudah selayaknya Spiritual,Lingkungan Hidup, Budaya, diperlakukan setara dengan Pejabat,Orang2 kaya, orang2 terkenal dan Harta yang berharga.” dari BATAK CENTER

Horas Raja Huta,

Bukan hanya menikmati keindahan Danau Toba saja mereka lae.
Tetapi ULOS sudah dibilang milik mereka, bagaimana ini lae?

http://lidyanata.blogspot.com/2008/05/sejak-kapan-orang-malaysia-pake-ulos.html#comment-form

wah.. rindunya danau toba.. sudah dua kali ke danau toba tapi belum merasa puas!! thx kepada penulis artikel ini. semoga kita tetap bersahabat selamanya.

wah danau toba memank kren. maju terus danau toba. en horas untuk tanak batak serta warga batak seluruh dunia
ayo orang BATAK kamu
pasti bisa !!!!!

saya suhardi dari penang malaysia….dan mmg org malaysia apabila disebut soal batak dan danau toba terus meremang bulu roma ku….mana tidaknya keindahan serta ketenanganya dan juga penduduknya yg banyak berketurunan batak asli…mmg susah nak dijelaskan dengan kata -kata. aku telah berkenanlan dengan seorang wanita dari indonesia dan dia berkerja disini(penang) sedikit masa dulu serta mmg dia berketurunan dari batak asli dari marga(sialagan) tapi dia beragama islam dan tinggal di dareah kisaran,asahan. aku dan dia begitu rapat dan kekadang bagaikan aku rasakan dia sebagai org yg paling dekat dengan aku.tidak lama aku mengjalin hubungan dengan dia kontraknya pun sudah habis
dan dia mengambil keputusan untuk kembali ke negara asalnya kisaran, air joman sumut.mmg banyak jugak aku tahu ttg batak dan budaya kehidupan nya aku jadi amat tertarik dengan budaya dan cerita2 ttg aasalnya keturunan batak.dari saat itu aku mula mencari banyak maklumat ttg batak dan budayanya di internet dan jugak banyak aku temui pekerja dari medan dan aku pasti bertanya adakah dia dari teturunan batak atau tidak kalau ia aku akan bertanya banyak ttg kehidupan dan budaya org-org batak.aku bertambah tertarik dan teringin sangat aku melawat indonesia dari saat itu aku simpan kuat hasrat untuk ke sana.pada tanggal 10 julai 2009 tepat jam10:45am waktu malaysia pesawat firefly telah berangkat membawa aku buat pertama kalinya dia mendaratkan aku di tanah indonesia di polonia airport medan. itulah pertama kali kaki ku mendarat di tanah indon,aku tinggal di medan di kaw masjid raya di sebuah budget hotel selama 2 hari hari ketiga aku bertolak dari medan ke kisaran untuk berjumpa dengan teman aku ini.apabila sampai di steysen keretaapi kisaran aku di jemput oleh nya dan adiknya wahh..aku terkejut jugak mana tidaknya wajahnya baru sahaja 2 bulan aku tak jumpa udah si’ hitam sedikit mungkin terlalu panas di medan mungkin..tapi aku dapat bayangkan dia begitu sedikit tertekan mungkin soal dengan keluarganya terutama soal kewangan. aku mencari sebuah hotel di sana dan mlm aku di jemputnya untuk pusing2 melihat pekan di kisaran tak banyak berubah mcm pekan2 yg lain ada jugak kaw yg mcm di tempat aku di penang…apabila sudah makan aku pulang untuk berehat kerna esok aku akan pergi..meninggalkan kisaran dan teman aku itu walaupun berat jugak hati aku untuk meninggalkanya tapi apa boleh buat sudah plan perjalanan aku mesti aku teruskan.aku ajak jugak dia bersama tapi dia …tak boleh nak ikuti ku kerna ..yalah masalah keluarga kan nanti apa pulak kata ibunya….jam tepat 8.00am waktu indon aku bergerak dari hotel naik bheca terus ke satu jalan simpang tidak jauh dari hotel itu tapi udah ku lupa nama jalan itu dari sana aku mendapat satu pengalaman baru apabila saat aku bersama penduduk setempat kerkongsi bas ataupun van….dari kisaran ke permatang siantar..aduhhh begitu menarik sungguh apa yg dapat ku lihat suatu pengalaman baru….apabila aku dengan bersama org disana banyak yg soal aku mana mau pergi dengan siapa datang mau kemana…hehhe sunggup indah dan begitu ramah org2 sana….dengan cara permuatan penumpang yg berbeza dari tempat ku terutama public transport…lagi boleh dia isi dia akan isi sampai sendat…hehheheh tak kita motosikal ker apa kerr ayam kerrr…tak boleh masuk di dalam van atas van di letakkan. lebih kurang 3 jam perjalanan dari kisaran aku pun sampai di kaw permatang siantar untuk bertukar kenderaan.permatang siantar sunggup sibuk jugak pekanya banyak perniagaan disana sini terutama yg menjual dari tangan ke tangan melalui tingkap2 kenderaan yg aku naik sausana amat meriah dan sibuk…lebih kuran 3omin aku pun teruskan perjalanan ke parapat untuk ke danau toba.parapat adalah perlabuhan untuk ke danau toba lebih kurang 2 jam aku pun sampai ke parapat..aduhh waktu tu cukup panas…bahangnya amat kuat tapi saat aku sampai di toba hilang segala penat dan letih ku apabila saat pertama kalinya aku melihat tasik yg banyak kisah dan cerita mitosnya yg sunggup aku tak sangka begitu cantik dan aman damai sekali terpegun aku melihatnya kejadian tuhan yg maha esa jadikan untuk kita manusia melihat betapa indahnya alam ini.aku pun terus mencari bot nak ke danau toba saat tu mmg woww….best sangat apabila saat bot aku dlm perjalanan ke samosir.pemandangan,rumah2 org batak dan chaletnya yg amat unik sekali udara segar permandangan gunung amat2 aku kagumi sehingga aku rasa begitu terharu dengan apa yg aku lihat sunggup bertuah wahai..org2 batak yg tinggal disana kerna…mmg best gilerrr…dlm 30min aku sampai di samosir dan aku mencari bilik untuk disewa ketika itu aku dapat menyewa sebuah bilik yg amat bersih nyaman,segar,dan amat2 susah aku nak cakap dengan kata2…..symmpoiiiii lahh hehhehe…hanya dengan hargarp100,000.00 lebih kurang rm30.00 amat murah tak yah pakai acct…sbb udah amat dinggin si waktu mlm. aku tak banyak masa terus aku cari tempat untuk makan di sebuah restoran muslim disitu ada..habis makan aku cari sebuah motosikal dan aku sewa dengan tuan punya chalet yg aku tinggal itu.mereka amat baik ramah dengan layanan dan banyak senyum aku jadi senang disana dan aku dibantu oleh tuan punya chalet itu dimana harus aku pergi untuk melihat sejarah2 perninggalan si raja batak dan penempatanya terutama di ambarita aku pergi ke rumah sialagan si raja batak dan pusaranya aduhhhhh….amat indah seni binanya dan begitu unik serta mmg mahal harga sejarahnya…lepas tu aku ke sebelah barat tiba2 kebetulan aku terjumpa suatu pesta perkhawinan org batak asli disana penuh dengan kebudayaanya dan aku tak lepas peluang untuk menyertainya sekali dengan penuh kemeriahan dan lagunya membuat aku pun menari aduhhhh mmg bestttt loll…..lagunya yg enak sedap penuh dengan irama2asli batak lebih kurang 2 jam aku asyik di majlis itu sehingga aku terleka rupa2 sudah mau mlm….tujuan aku mau ke tomok mau lihat si gale gale….tapi walaupun sudah malam aku terus jugak mencari dimana si gale gale itu……diadakan walaupun sudah gelap aku puas kerna aku jumpa jugak tempat itu walaupun dah tak ada tarian waktu ini
esoknya aku kembali kesana tuk melihat sigale gale…..sayang mungkin bukan rezeki ku kerna tak ada show nya…sbb tak ada pelancong kebetulan waktu itu aku terus ke penhuluran untuk ke hot spring tapi tak sempat lagi kerna aku tak ada masa sbb aku kena pergi meninggalkan sitoba pada petang itu jugak untuk balik ke medan sayang seribu kali sayang banyak lagi tempat yg belum aku lawati kerna kesuntukkan masa tapi aku puas….semua perjalanan aku kesana aku uruskan sendiri tepat jam 3.30pm aku berangkat meninggalkan sitoba yg indah itu dengan penuh rasa kepuasan yg belum maximum…..hehheh takpa satu hari nanti aku akan kembali lebih lama lagi……..aku terus ke medan dan esok itu aku terpaksa pulang ke malaysia kerna aku kena bekerja pasa esoknya ………apapun mmg best giler…..di toba aku tak akan lupakan kenang aku seorang diri disana…terima kasih dan jumpa lagi…..HORASS……………

suhardi bakar
penang,malaysia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 432,300 hits

Arsip

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: