batak itu keren

Asmara Subuh, Romantika Bulan Puasa di Sipirok

Posted on: 12 September, 2008

Ito, kusambung cerita kemaren itu yah….**

Kalo kemaren aku dah cerita gimana serunya satu hari menjelang ramadhan di Sipirok, sekarang aku ingin cerita malam-malam seru selama ramadhan di Sipirok tercinta…

Jujur, sebagian romantisme bulan puasa di kampung halaman ini tidak aku alami sendiri, tapi merupakan kompilasi cerita yang sering kudengar dari sanak keluarga di rantau. Dan seorang temanku, Sahala Pardomuan Pane yang ngusulin, supaya memori kolektif ini aku ceritakan di Blog Batak Keren ini…

Oleh : Halida Srikandini boru Pohan

APA aja yang biasanya dilakukan penduduk Sipirok selama ramadhan, setelah buka puasa dan tarawih ? “Perang” antarkampung dengan mariam bambu, itu menu utamanya. Kemudian, diniharinya sehabis saur, giliran para remaja yang sedang kasmaran menebar ranjau-ranjau cinta…dekat aek milas (air panas vulkanik), di belakang masjid…

Ramadhan di Sipirok bisa dibilang identik dengan mariam bambu. Datangnya ramadhan berarti musim mariam bambu sudah tiba… cuma satu kali dalam setahun…

Mulai dari yang dakdanak (bocah) sampai poso-poso (remaja), semuanya kontan dijalari “semangat 45” kalo sudah mulai musim ini. Tak perduli dengan resiko yang harus ditanggung, misalnya alis mata jadi botak sebelah, karena hangus terbakar oleh semburan api mariam bambu…wow, alangkah senangnya!

MARMARIAM BAMBU

APA itu mariam bambu ? Bahasa Indonesianya meriam bambu… dibuat dari bambu yang besar dan tebal, yang biasanya dipakai buat saluran air. Diameternya kira-kira 10 cm, tebalnya sekitar 1 cm.

Cukup gampang membuat mariam bambu. Anak kecil juga bisa…ruas-ruas bambu dibolongin dengan disodok pakai kayu atau besi, sehingga menyerupai pipa besar. Tapi, sekat di salah satu ujung bambu dibiarkan utuh, dan di dekatnya dibuat lubang dengan diameter sekitar 2 cm.

Ada tiga fungsi lubang tadi, kita sebut saja lubang tiup …yaitu memasukkan sedikit minyak tanah, mencelupkan api yang membakar kain di ujung sebuah tongkat kecil, dan tempat untuk meniup api yang membakar minyak tanah di dalam tabung bambu.

Gas hasil pembakaran yang tersekap di dalam tabung bambu otomatis akan mencari jalan keluar. Karena ditekan oleh udara yang terus ditiupkan oleh si pemain mariam bambu, gas hasil pembakaran itu lantas bergerak ke arah ujung bambu yang bolong dan…tum tam dor…terdengarlah bunyi letusan mengglegar; yang kontan disambut sorak sorai para bocah dan remaja.

Memainkan mariam bambu ada juga kiat-kiatnya, supaya suara dentumannya menggelegar, dan terhindar dari “kebakaran lokal”…yaitu alis mata hangus atau rambut bagian depan gosong. Kecelakaan terjadi karena gas hasil pembakaran yang sudah ditiup ke arah lubang di ujung sana malah berbalik ke arah lubang tiup, dan menyemburkan api serta gas yang sangat panas…

Tapi, mana ada istilah kapok…setiap malam, asal sudah selesai tarawih…tak perduli dengan dinginnya Sipirok yang bikin menggigil dan “merinding disko”, para bocah pun dengan semangat mengggotong mariam bambu dari bawah rumah. Sedangkan yang poso-poso (remaja), bergabung seusai tadarusan di masjid.

Dengan amunisi peluru takar (takar atau bekas kaleng susu kental, wadah minyak tanah dan sekaligus alat menuangkannya ke dalam tabung bambu)… dimulailah perang mariam bambu antarkampung …

Suara tum tam dor antar satu kampung dengan kampung lain bersahut-sahutan. Saling adu … soara ni mariam bambu nise na paling gogo , ima na beteng (suara meriam bambu siapa yang paling keras, itu yang paling jago)

Kadang, karena terlalu semangatnya yang marmariam bambu ini… tak sadar kalo bulu hidung pun sudah terbakar alani pupu mangombusi hehehe… kalo cuma bulu hidung itu masih resiko kecil… kadang rambut depan dan alis mata pun ikut mosok …hehehe… jadilah pas atiha ari rayo ma songon alien… inda na mar salebon be (pas tiba hari raya orangnya sudah seperti alien, tak punya alis lagi)… hhihihihihih….

Pulang dari marmariam bambu, tak jarang kena omelin mamak … karena salebon (alis mata) sudah keriting paling tidak, kalo nggak yah mosok alias gosong…

Asmara subuh i aek milas bolakang masjid

SEHABIS SAHUR, biasanya tanggung kalo tidur dan bangun lagi untuk sholat subuh… dan kalo dibawa tidur abis sahur biasanya subuhnya pasti bablas… apalagi di Sipirok yang dingin itu… kalo sudah marulos sampulung (bergelung di dalam selimut)…

Biasanya angka na poso (para remaja) dohot nauli bulung (anak muda) di Sipirok habis sahur langsung jalan-jalan pagi, lalu diteruskan dengan marondam i aek milas… uiihh… mantafff kali kalo kuingat yang maraek milas on bahhh….

Mungkin kalo di tanya “ritual” asmara subuh ini gimana… kurasa tak jauh beda dengan di berbagai daerah di Indonesia…soalnya saat aku pulang ke Sipirok .. belum paham tentang urusan asmara subuh ini…hehehee…

Tapi biasanya, segitu mulai terang ompung suka ngajak aku maridi tu aek milas (mandi di air panas)….hm… nikmat banget,… sayang ompung sudah di surga… kalopun aku pulang ke Sipirok tak ada lagi yang ajak aku ke sana pagi-pagi…

* * *

ACH ITO….. berat kali kurasa membongkar kenangan bersama ompung di aek milas… karena semakin kubongkar semakin gila rasa rindu ini… besok-besoklah lagi kuceritakan seputar Sipirok na soli banua na sonang ini Ito… kasih aku jeda untuk melapangkan dada yg sesak ini….

Dan mauliate dah bikin aku sedikit berani untuk menulis…

Horas,

Halida Srikandini boru Pohan

============================================

**Tulisan ini kutampilkan nyaris seperti bahan aslinya, yaitu sebuah surat elektronik (email), agar Anda bisa merasakan suasana personal yang hangat dan intim; yang memancar dari sanubari Srikandini karena rindunya pada aek milas, pada mariam bambu, pada Sipirok, dan kepada ompungnya yang telah tiada.

Hanya sedikit bagian tulisan ini yang aku edit, lalu kutambahkan penjelasan “cara kerja” mariam bambu, terutama penyebab kecelakaan yang bisa mengakibatkan alis botak sebelah, hehehe…

Akhir kata, sekiranya di antara pembaca blog ini ada yang ingin berbagi cerita mengenai kebiasaan khas setempat dalam menjalani bulan puasa, terutama di kalangan Bangso Batak—umpamanya saja di lingkungan budaya Batak Karo, komunitas Batak muslim di Tanjung Balai, Labuhan Batu, Aek Nabara, Aceh, Bonjol, atau komunitas Batak Mandailing di Malaysia; silakan kirim lewat email ke : robertmanurung@yahoo.com atau merdekanews@gmail.com.

Salam hangat untuk semua Batak Keren di seluruh dunia.

Raja Huta

35 Tanggapan to "Asmara Subuh, Romantika Bulan Puasa di Sipirok"

sssttt…ini tip bikin suara mariam bambu menggelegar sampai ke langit: siramkan sejemput garam kasar ke minyak tanah dalam bambu itu. Lalu sulut..hmm, jantung pun serasa copot dengar suaranya. Resikonya: ompung-ompung tetangga teriak-teriak karna penyakit jantungnya kambuh..hehehehe..

Ole baya…sipirok tano hasorangon…I Love You.
Saat aku iseng2 “main-main” di dunia maya ini eh secara tak sengaja aku membaca cerita Romantika Bulan Puasa di Sipirok hehehehe….walaupun aku telah meninggalkan DESA Sipirok NAULI sejak tahun 1985 mengikuti orangtuaku merantau ke provinsi lain namun kenangan masa kecilku di lembah gunung sibualbuali itu tak akan pernah hilang…4 ever!
Aku tinggal di Kampung Tinggi (disamping rumah “Tangga 40″ yang sekarang jadi Wisma Adianmar) Jalan Simangambat-di depan Bioskop Sibualbuali, Bapakku dulu Kepala Sekolah STM Swasta Sipirok namanya Abdul Manaf Simanjuntak dan Ibuku Guru SKKP Negeri Sipirok namanya Delifah Harahap, keduanya sudah mendahului kami anak2nya.
Aku dan adikku dulu bersekolah di SD Negeri 1 Sipirok dari tahun 1979 – 1985 yang gurunya pintar2 (sehingga aku tau cara menggunakan Kalkulator baru pada saat SMA, itu karena guru2ku di SD 1 Sipirok yang mendidik muridnya ilmu matematika dengan baik…THANKS A LOT,bapak&Ibu. Salah satunya guruku adalah Ibu SR.Sitompul yang tinggal dibelakang pasar sipirok, setiap aku ke Sipirok pasti aku berkunjung ke rumah ibu itu. Kawan2 SDku banyak di sipirok walaupun ketika itu aku masih kecil tapi sudah main jauh2 sampai Bagas Nagodang, kalo kawan sekelas di sekolah ada Sonang-toko mas harahap,Sober-anak kapolsek Sipirok, Letty-RM.Bundo Kanduang,Purnama Pohan,Bambang-Pining Nabaris,Bollo Sitompul-Simaninggir,Zulkifli Nasution-depan SMP 1/jalan ke aek tipa2
Ketika kuliah dulu di Jakarta sering aku bawa kawan2 kuliahku berlibur semester di Sipirok dan daerah2 wisata di Sumatera Utara.
Selain main mariam bambu seperti yang diceritakan diatas sebenarnya masih banyak cerita2 yang tak akan terlupakan setiap yang namanya anak sipirok.Oya kalo cerita resikonya wah kami lebih dari sekedar hangus bulu mata hehehehe dulu ada kawan sampai terbakar hangus kakinya sehingga dia ke sekolah pake celana panjang terus hingga tammat SD Negeri 7, namanya lupa tapi rumahnya toko emas pasar marga sitompul/disamping rumah si Amir Husin alias si Bollo Sitompul, tapi kami masih dak kapok hahahaha
Ada lagi acara yang tak terlupakan kalo hari sabtu cepat pulang sekolah…bersama kawan2 pergi “MANGARSIK” ikan sungai2 kecil dekat sawah wah paling asyik karena semua kerjasama mengeringkan sungai kecil yang sudah dibendung, saat airnya sudah mulai kering tibalah menangkap ikan2 yang lagi megap2 kehabisan air hahahaha belum lagi kalo ada yang kena TANDING TIKKALANG waduh bisa sampe demam loh tapi ada antinya sebelum nangkap ikan selipkan dulu DURI BARGOT di pinggang (percaya atau tidak itulah yang kami lakukan dulu sehingga tak satupun dari TIM kami yg pernah kena Tanding Tikkalang,kalo udah ikan2 terkumpul tibalah saatnya membagi sebanyak anggota tim, urutan pertama ikan yang dibagi adalah ikan mas,Tikkalang,dll terus yang paling terakhir dibagi Haruting (ikan gabus) untuk dibawa pulang kerumah dan minta Emak untuk memasaknya…..wah bangga banget rasanya jadi petani kecil hahahaha
Kemudian ada lagi acara menangkap burung dimalam hari pake senter, main bola di Parbalan (lapangan bola kaki) di depan kantor Kepala Desa Sipirok,marrondam tu aek milas trus setelah mandi langsung makan goreng+teh manis khas simpang aek milas.Oya….mar ari rayo di Tor Simago-mago hahahaha.
Tarsaimajolo carito kenanganku on da, hurang lobi au mangido maaf na sangodang godang na, terimakasih untuk Mrs.Halidah Srikandini Boru Pohan

Wassalamualaikum Wr Wb

@Syahrul Hanafi Simanjuntak

sipirok memang memiliki segudang memori indah buat kita yg pernah ada dan berada di sana.

ito yang tumbuh besar di pelukan sipirok na soli banua na sonang pasti punya lebih banyak kisah yang bisa di ceritakan dibanding aku yang hanya sesekali ke sana di masa kecil dulu… berbagi cerita lah to dengan kami semua di sini ttg romantisme masa kecil di sipirok.

aku besar di rantau ito… kalopun pulang ke sipirok dulu tak pernah lebih dari 2 minggu… tp aku setuju kali dengan pisang goreng di simpang aek milas … emang enaaakkk tuh … sekarang masih ada ngk yahh????

soalnya lebaran aku HARUS pulang kampung nih… anak2 ku harus tau dimana dan gimana itu sipirok … supaya tak jadi batak lilu …hehehehe

@ boruenggannajogi

tentang pisang goreng di simpang aek milas itu…waduh Ito akupun ga tau lagi tapi terakhir tahun 2006 sih masih ada. Mudah2an masih ada agar anak2mu masih bisa nanti menikmatinya ya…..kan kasihan mereka kalo semua yang ada di sipirok dulu hilang tak bersisa oleh “kemajuan” (katanya sih kemajuan, tapi kalo aku bilang kemunduran karena kesejahteraan rakyatnya di pedesaan ga ada perubahan kok, yang kaya makin kaya dan yang nangis makin sedih)
Oke Ito ya….jangan lupa sesekali bawa anak2mu pagi2 ke tepian sawah menikmati udara segar yang berhembus di lembah gunung Sibualbuali hehehehe

Kami dari Millist Batak Muslim mengajak saudara² Batak Muslim untuk bergabung di millist kami. Untuk informasi lebih lanjut atau ingin bergabung silahkan kunjungi web kami di:

http://groups.yahoo.com/group/batakmuslim

atau untuk bergabung langsung silahkan kirimkan email kosong ke:

batakmuslim-subscribe@yahoogroups.com

Millist ini adalah wadah untuk mempermudah Komunitas Batak Muslim untuk saling berkomunikasi.

Salam,
Team Moderator

Aek milas sosopan….. Ada cerita tentang pemandian ini yg tak bisa saya lupakan, thn 2002 yl, saya yg tinggal di Bontang Kaltim mau cabut berkas mobil plat B ( jkt ) kebetulan teman saya sekantor menyarankan coba minta tolong sama teman yg di kantor perwakilan Jkt namanya Bp. Ramlan Sagala gitulah anjuaran teman ini sekaligus memberikan no. tlp bpk Ramlan tsb, pendekcerita saya telp lah bpk Ramlan ini karena kami belum saling kenal ceritalah asal usulkami di luat Sipirok ini. ternyata dia berasal dari Bunga Bondar, dan saya Berasal dari Sipagimbar. Urusan cabut berkas mbl tidak terlaksana karena dia tidak pernah berurusan seperti hal tsb, Ok, sampai disitu kami tdk pernah lagi komunikasi. Lucunya 5 thn kemudian persisnya 2 hari sebelum lebaran thn 2007 yl. kebetulan saya melewati pemandian tsb saya dan keluarga singgah dan mengajak anak2 turut menikmati pemandian tsb. Karena sudah menjelang sian yah..sekitar jan 10.00 pagi pemandian tsb sudah sepi hanya ada 2 keluarga lain. pikir2 tak ada salahnya saling kenalan apalagi sesama perantau bigutulah dalam benak saya. Saya kaget karena yg saya sapa itu menginformasikan bahwa dia dari Bontang juga, saya jadi penasaran setelah dia memberitau nama perusahaannya dan dia kerja dikantor perwakilan Jkt. Langsung saya dor sebut namanya pak Ramlan yah.. dia kaget juga dan seterusnya kami saling ketawa dan ingat pembicaraan tentang cabut berkas mbl thn 2002 yl. Pertemuan kami itu sangat lucu. Kenapa karena disamping temu dipemandian kami hanya pakai celana dalam saja, yah…maklumlah namanya juga mau mandi diaek milas…. dalam hatiku masih untungtuh.. pakai celana dalam… kalau seperti yg lain dimana dipemandian tsb ada orang2 yg mandi lepas semuanya alias telanjang.

[...]  gak putus-putus…  Hehehe..  Tapi ada 2 tulisannya yang di muat di blog ini tentang ramadhan dan hidangan lebaran di Sipirok yang sangat bagus  dan dijamin memikat hati orang2 yang tahu [...]

aslmkm,,,hai dongan….
karena mendengar cerita kamu membuat saya ingin sekali pulang kekampung…
sebelumnya perkenalkan nama ku anwar ramadhan ritonga.sebetulnya kampungku bukan disipirok tapi disimangambat…tau gak bang???
tapi sudah 8 tahun sejak meninggalnya opung ku,,saya tidak pulang lagi..saya tinggal dijakarta…apa boleh buat rasa kangen dengan simago-mago,,pasar poken dan aek simotung na ngali i tidak dapat saya rasakan lagi..mungkin dengan cerita dari abang dapat membuat rasa kangen saya sedikit terobati…

Assw.

salam kenal, seneng rasanya kenal ma perkumpulan ini.
g sengaja sich buka2 situs. eh….pikir2 buka kampung dulu… dapat yang ginian…!!! seneng banget dah…!!!
buat bang Syahrul Hanafi Simanjuntak thanks ya dah nyebutin salah satu nama ibu saya yang diatas (SR.Sitompul). terima kasih banyak. saya adalah anaknya yang terakhir yang sekarang ada di Kutai Timur sebagai dosen. n syukur juga bulan depan mungkin saya akan pindah tugas menjadi dosen di universitas negeri Mulawarman. buat abang2 saya juga semuanya. iya nech, kata “SIPIROK” memang ngangenin…!!! baik segala aktivitas sewaktu kecil ampe sekarang. kata yang tersiri dari 7 huruf itu memang menyimpan banyak arti.
7 tahun sudah kampung saya tinggalkan, dan merantau ke tanah orang. tapi tenang….bahasa sipirok masih kental koq, n mudah mudahan bahasa ibu tersebut akan kita tularkan ma anak2 nanti.
oh iya…bang Aman Sipahutar tinggal di bontang ya, dekat donk…? alamatnya dimana? siapa tau ada waktu ketemuan ma anggota dari kampung.

mungkin ini dulu yang bisa saya ceritakan, mudah2an ini ada awal dari perkenalan saya yang baik.

wassalam

Irwan Ramadhan Ritonga

Cerita yang bagus, dan cerita romantisme Ala sipirok ini melampungkan ingatan ku pada puluhan tahun lalu.
Cerita mariam bambu kita-kita yang lahir dan besar disana adalah pemain utamanya/ Salibon na mosok sabola ( alis yang hangus sebelah ) bukan masalah mencuri menyak tanah di dapur semua dilakukan untuk pesta perang kampung. Kalau pasang peluru takar jangan terlalu kencang nanti apinya nyembur ke maka.
Romantisme Asmara subuh selama nulan puasa akan diproklamirkan jadi Gandak ( pacar ) di Simago-mago arirayo nai ( lebaran nanti) ise magandak ni bayo i? paling paling bujing-bujing par huta sabola.

To. Irwan R ritonga

Alamat kami di bontang, jl. seroja no. 8 Komp. PKT.
Kami merasa senang jika berkenan berkunjung ke tempat kami.
wass.

olo maida salam kenal ma tu amu sude au pe manjadi ingin marcarito tentang sipirok sekitar 18 taon na lewat au sikola di Sipirok.Lahir di Sigalangan Kec.Batang Angkola tamat sd langsung sikola di sipirok sampai tamat SMA.sannari au tinggal di Kalimantan Timur Kab.Bulungan.

olo maida salam kenal ma tu amu sude au pe manjadi ingin marcarito tentang sipirok sekitar 18 taon na lewat au sikola di Sipirok.Lahir di Sigalangan Kec.Batang Angkola tamat sd langsung sikola di sipirok sampai tamat SMA.sannari au tinggal di Kalimantan Timur Kab.Bulungan.Salam buat seluruh dongan dongan na mambaca on.

Bila di ingat ,dua lima tahun yang lalu sipirok tidak akan terlupakan,kadang adakeinginan untuk mengulang masa lalu,,,ha ha,,ha sudah tak pantas . Perkembangan jaman tentang asmara subuh sudah mulai ditentang kalangan orang tua ,karena tidak sesuai lagi,dan melanggar kaidah Agama Islam, ada baiknya pada bualan Puasa kebiasaan itu sebaiknya ditiggalkan.Sebaiknya anak2 remaja diajak beramai2 menuju masjid untuk meningkatkan amal,yang tentunya sangat lebih baik dibandingkan Prilaku Asmara Subuh ( bukan contoh baik) tetapi merusak moral.

ass.w.w. saya juga dari sipirok, 19 tahun lalu tamat smp negeri 1 langsung merantau ke makassar. saya mencari dongan-dongan halak sipirok, tarutama alumni smp 1 angkatan ’87 dan dongan-dongan sapangajian di sd Muhammadiyah dohot masojid lombang. teman-teman yang mau bersilaturrami dengan saya kirim ke email : padangjae@yahoo.co.id atau bisa juga lewat facebook. sekarang saya kerja sebagai dosen di UIN Alauddin Makassar dan tinggal di BTN Minasaupa Blok G. 9 No. 6 Makassar. Saya tunggu. wassalam n sukses selalu.

Assalamu alaikum wr wb, saya sebagai putra sipirok merasa bangga karena putra sipirok banyak melanglang buana kekota orang untuk bersaing secara sehat demi kemajuan bersama, seperti dijambi banyak keturunan orang sipirok yang sukses baik dalam jabatan dipemerintahan ataupun ,sebagai pengusaha, semoga kesuksesan tersebut tidak membuat lupa akan kampung kelahiran kita serta orang – orang yang menyayangi kita menunggu disana nun jauh dimata di sipirok lembah gunung sibual-buali, semoga sai horas be ma hita sasudena, amin…

Olo da baya, Sipirok Nauli Banua Nasonang, Horas ………….
Salam Kenal semua ….

Saya tak sengaja buka ini ternyata ada berita tentang kampung halaman, yang buat saya teringat akan 18 tahun silam dimana saya sekolah di SMEA Neg. Sipirok. Memang Sipirok Kota yang menyimpan banyak kenangan baik suka maupun duka dimana cinta dan rindu terpaut disana.
Sipirok banyak menyimpan sejuta kenangan yang takkan lekang oleh waktu walaupun aku jauh di rantau orang….
bagi teman teman SMEA Angkatan 1991 tolong hubungi saya di Choky_cool45@yahoo.com okey………….

Imada ito hasian, gabe tar ingot do au nung hubaca carito mi mengenai huta ta. Apalagi iba na dao di pangarantoan on, sai lungun do roha giot marpupu mulak tu huta. Apalagi di Ari Rayo, terkadang ro do manetek ilu niba. Ape mangaligin akka surat2 ni dongan tong do giot manjalahi dongan2. Ua tamatan SMAN 1 Sipirok taon 1998, kemudian kuliah di UISU Fak. Hukum, dan sannari au karejo di PT Penerbit Erlangga Perwakilan Tebing Tinggi. Tarimokasi akka tu dongan2 na di jae dohot na dijulu. huseinpohan_sh@yahoo.com

Assalamua’lakum Wr Wb,

Sude hamu halak sipirok dongan sahuta !!
Madung mambaca carito munu sude, gabe
taringot mada doppak meneng imada Sipirok
tano hatubuanku.

Jadi muda adong dope dongan saparmayaman
Au sikola di SD 1,SMP N 1 dan STM Neg di P.Sidempuan (1982)
(hutinggalkon Sipirok tahun 1982).
Bagas nami di Banjar Tikus dua bagas tu ginjang sian RM.Siang Malam.

Wassalam

Rahmad bahagia Ritonga

HP FLEXI. 02170761963

tradisi mar mariam bammbu,?? membuat aku pingin banget pulang kampung,cerita mu kawan memeng betul2 banget……..heheheh asmara subuh paling gak bisa di lupakan

tradisi mar mariam bammbu,?? membuat aku pingin banget pulang kampung,cerita mu kawan memeng betul2 banget……..heheheh asmara subuh paling gak bisa di lupakan, dongan2 halak sipirok margabung(pasuo ma hita di facebook,emil di hamdani_siregar@yahoo.co.id

Kalau saya yang tidak bisa di lupakan adalah tradisi mangalomang menjelang Hari Raya Idul Fitri. Karena saya sangat suka makan lemang. Apalagi yang masih hangat ditambah dengan tangguli sebagai kuahnya.
emmm… nikmat.

MANGALOMANG
Ancogot ma Ari Rayo
Sadarionma halak mangalomang
Hami pe mangalomang do
Dainang mamasu sipulut
Au mangalap bulu dohot bulung
Tu aek salim batuk

Sudenaon mambaen iba malungun mulak tuhuta hatubuan, Bona pasogit, inganan tubu.
Dung magodang kehe mangaranto manjalahi hangoluan. Tai anggo rohangku dohot ingotonku sai tuhutangki do Sipirok Nauli.
Ikkon mulak do au tusi, pasae lungun ni rohakki. Amin…..

Jadi taringot iba baya mulak tu huta. Walaupun sebenarnya aku kelahiran sibolga, besar di p,sidempuan. Tapi aku still par-Sipirok… ima hutakku Baringin. Walaupun skrg aku tinggal dimana-mana.(harani karejo manjalahi ngolu-ngolu). Kalau ada yg bisa cerita tentang “SIRUNGGUK” aku tunggu dari teman2 angka koum2………Tar sai majolo…mudah2an ada yg merespons

salam kenal dr saya ika boru ritonga,,,wlopun sy lahir&bsr d pasid city yg jarakx cukup dekat dgn sipirok,,,sy cukup sering maridi tu aek milas sambil mangan sambal taruma,,,,sedaaap……

Boru ritonga lg neh,,,, sy ika aliana boru ritonga umur dah 25thn status jomlo abez,,, sekian bnyk komen yg sy baca smua ”ito” sy marga-a klu gak srg rtg lah,, sy pengen cari anak namboru y merantau nun jauh disana,,, yg merasa anak namboru sy hub az k-081263722384

sarupo hita…

Ass,,,, dah lm gk browsing,,,eh..eh…ad ito sobaruddin siregar yach?? Salam kenal N’
Btw busway ” sarupo ita ” artinya ap yach???

sai horas ma dhita sasudena…….., makasi ito da, madibaen ko songonon….mangubati lungun ni roha tu sipirok….nauli, au s ilham tinnggal di pining nabaris keluarga pardede, SD 1, smp 1 n Smu negeri 1 sipriok, sekarang di pelabuhanratu sukabumi, jawa barat menjadi segenggam berlian…………………………………………………………
hidup dirantau orang tidak akn menghilangkan kenangan manis n indahnya sipriok dengan nuansa: aek milasnya, udara dinginnya, mariam bambunya, simago-magonya, bioskopnya yang tinggal kenangan, aek bariba di panggulangan, panggelongnya, pIsang gorngnya, hijaunya padi di saba jae saba julu, mamasu dahanon di aek sijorni sanga aek simajambu, rasa tarutungnya yang khas, kumandang adzan dari masjid al munawwir maupun masijid sri alam dunia di bagas nagodang, salam tu bang si majuntak dht bg irwan….bu juar guruku di sd 1 n bg bambang sahutakku….!!!!! kenanglah sipirok sebgai mana mengengan seseorang yang kita sayangi yang tidak bisa digantikan dengan kenangan apapaun, ingat lah masa kecil kita, umak n bapak kita oppung2 qta yang lahir , tumbuh, besar n wafat disiprok….!!!! yang walaupun sejenak, secuil tapi mempunyai arti yang besar dalam kehidupan untuk kita msa2 kita yang akn datang, keep silatullrahmi dihita sasudena nadi sipirok bope nadirantau…!!! i just wanna say” i love u sipirok”

Asslm……
horas dihita sasudena….salam kenal tu abang2, kakak2, dohot dongan dongan sasudena……SIPIROK….memang tidak bisa terlupakan….tradisi yang ada semoga dapat dipertahankan sampai anak cucu kita nanti, mariam bambu, asmara subuh, mangan-mangan, mamasu dahanon, maridi aek milas, marlayang-layang, mangalomang, mangarsik (manimba parik-parik), marpike, marbal di lapangan merah,,,,, bahat dope nalain………
sulit rasanya dan tidak bisa kita lupakan kenangan2 manis waktu tinggal disipirok . 7 tahun sudah kutinggalkan SIPIROK…dulu aq tinggal di pasar belakang disamping mesjid taqwa muhammadiyah….SD 142789 (SD 7), SLTPN 1, SMU N 1 SIPIROK, USU, SINARMAS…

MARIDI (mandi) .Dari kecil kegiatan yang tidak terlupakan adalah maridi di aek lombang di mesjid taqwa..kami selalu dimarahi kalau masuk kedalam kolam(bak mandi) oleh pk rasba, alm ompu elo….kadang kolamnya kami kuras(bulak) untuk mendapatkan ikan tikkalang, ikan mas, haporas, sangape kapala timah…..kadang dari hulunya juga kami kuras juga,,,,sehingga orang untuk ngambil air wuduk untuk sholat
tidak bisa,,,,,ha,,,ha,,,takkang nai ateh…..

MARPIKE (menagkap burung),,, ini merupakan kegiatan yang paling mengasyikkan dan harus mempunyai kesabaran yang tinggi,,,karna kita harus menunggu burung yang datang dan masuk ke jerat atau jebakan kita,,,,,apporik, ambaroba, katullik, atcacopit,,,merupakan jenis2 burung yang paling sering ditankap,,,,caranya kita letakkan sangkar yang punya jebakan dan kita kasih umpan,misalnya pora2 tw bunga yg berwarna merah,,, dan kita bisa tinggalkan aja,,, tw kita tunggu…..

MARBAL(main bola)….ini merupakan kegiatan yang tidak bisa saya tinggalkan sampai sekarang,,,,banyak suka dan dukanya,,,,dari SD kami selalu main bola di balerong (Pasar) walupun ini digunakan untuk tempat jualan tiap hari poken(pekan) yaitu hari kamis…senang kali rasanya kalau kami bisa main bola kara(plastik) disana, dan disanalah awal saya bisa main bola…dari SD sampai SMU banyak kejuaran/pertandingan di sipirok,,,,mulai dari pertandingan 17 agustus, Naposo Nauli Bulung CUP, Simanosor CUP,,,dll,,pada piala naposo nauli bulung cup sering kali terjadi pertikaian diantara klub/kampung,,, palagi kami dari KLUB Pasar Sipirok sering kali berantam dengan bagas nagodang, pangurabaan, hutasuhut, dll tapi itu tidak membuat saya jera karena itu merupakan pengalaman dan kita bisa mengambil hikmah dari itu semua dan persaudaraan lebih penting dan harus kita jaga…supaya tidak saling marsibutcutaN/marlantung (tidak cakapan),,,

MANGAN-MANGAN
hahahahah………kalau dah dibilang mangan2 ini yang paling saya sukai….kemanapun diajak saya mau aja,, palagi waktu smp dan smu,,paling sering mangan2(makan-makan),,, siap ujian, menerima raport, dan waktu2 senggang,,,, palagi pigi sama cewek2 tw kawan satu kelas kita senang kali rasanya…poldung, arse, parhonasan, saba umak, hahahahah tagi nai,,,,nanti kalau pigi mangan2(makan-makan),,,mago manuk sanga itik (hilang ayam atau itik) pasti orang kampung dah tahu pasti yang ngambil naposo2(remaja) yang pigi mangan2 dah pasti tahu orang kampung itu, sebelum kita pigi mangan2 (makan-makan) kita bawa perlengkapan, misalnya beras, bumbu2, korek api, peralatan masak, dan perlengkapan lainnya…setelah sampai ditempat tujan kita bagi tuas masing2, ada yang masak nasi, ambil air, ambil kayu bakar, ambil daun pisang, dll,,,,setelah siap semua kita berkumpul dan siap menyantap makanan yang ada di daun pisang,,, kadang ada kawanyang jahil pas kita mau makan, misalnya pingin muntah, meludah, sehingga kawan kita kadang gk mau amakan kalau disipirok itu dibilang maila nabutong (malu tidak kenyang) hahahahah kotor nai…..itu merupakan kebersamaan yang sering dilakukan naposo nauli bulung di sipirok,,,,,,semoga selalu terjaga,,,,
banyak lagi yang belum bisa saya ceritakan masih banyak lagi tradisi2 yang dilakukan orang sipirok semoga dilain waktu saya tulis lagi,,,,,,kepada abang2 dan kakak2 yang sukses serta dongan2 sekalian kalau ada LOWONGAN PEKERJAAN TOLONG DIKASIH TAHU YA…OK…THANKS WASSALAM……

Saya harus jujur mengatakan bahwa memang Sipirok huta na soli banua na sonang itu tidak akan pernah terlupakan sebagai huta bonabulu. Bermacam ragam kenangan yang terjadi, kenangan pergaulan, kenangan maradat, kenangan marbada, kenangan na sikola, kenangan makkail, kenangan marsaba, kenangan maridi aek milas dan banyak lagi kenangan-kenangan lainnya. Bagi saya Sipirok adalah icon bahkan menjadi magnit untuk tetap setia pulkam diakhir tahun.
Saya lulusan SD Baringin ’79, SMP Neg 1 Sipirok ’83, SMA Neg 1 Sipirok ’86 dan saat ini saya merantau di Jakarta. Huta nami pas di toru ni gunung Sibual-buali ima Desa Hutaraja.

Harani cinta dan lungun na marhuta Sipirok on, hami dohot dongan-dongan madung membentuk Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Sipirok & sekitarnya (disingkat (IKAPSI) dan sudah dideklarasikan pada tanggal 24 November 2009 di Jakarta. Dalam kumpulan ini, tergabung teman-teman yang sama-sama cinta akan Sipirok. Sejak didirikan kami telah membuat 2 (dua) event yaitu Hala bi hala ’09 pada bulan November 2009 dan Tahun Baru Bersama 2010 bulan Januari 2010. BAnayk teman-teman yang senior maupun yang junior yang turut bergabung dalam wadah ini. Adapun tokoh-tokoh senior yang tergagung dalam IKAPSI yaitu Bpk Arifin Siregar (Mantan Gubernur BI, Bpk Anshari Ritonga (mantan Dirjend Pajak, Bpk Zuhdi Pane (mantan salah satu Direktur di Pertamina), Bpk Muslimin Siregar dll.
Pada tanggal 7 Februari 2010, akan dikukuhkan pengurus cabang Sumatera Utara di Medan. Bagi kawan-kawan eks alumni Sipirok yang ingin bergabung dengan DPP IKAPSI, silahkan hubungi kantor Sekretariat IKAPSI di Gd. Nindya Karya Lt 1 R.103 Cawang Jakarta Timur telp. (021) 8008 240 fax 8008 241 HP 08129027086 email bangunsiregar68@gmail.com.

Susunan pengurus DPP IKAPSI periode 2009-20014 adalah :
Ketua Umum : Ir. Siddik Siregar (asal Padangbujur)
Ketua 1 : Drs Parsaulian Tambunan, MPd
Ketua 2 : Drs Raja Parlindungan Pane
Ketua 3 : Henry Siregar, MBA
Ketua 4 : Elman Ritonga, SE, MM

Sekretaris Umum : Drs Ginda Tua Marpaung
Sekretaris 1 : Bangun Siregar, SH
Sekretaris 2 : Leni Marlina, SS

Bendahara Umum : Harlan MAnsur Sibarani, MBA
Bendahara 1 : Drs Sofyan Effendi Ritonga
Bendahara 2 : Syafril Pasaribu

Bidang Org dan Pengkaderan : Asri Joni Hutasuhut
Bidang Kerohanian : Abdul Azis Ritonga, S.Ag
Bidang Pelatihan dan Pendidikan : Patia Raja Siregar, SH
Bidang Sosbud &kesmas : Halomoan M Siregar
Bidang Pemuda dan Olahraga : Yugo Alpiano Pasaribu
Bidang Humas : Syafruddin Pulungan
Bidang Usaha dan Pengembangan : Manahan Pulungan
Bidang Hukum dan HAM : Jatmiko Girsang, SH
& Ridwan Nababan, SH
Bidang litbang : Zulkarmedi Siregar

Program kerja IKAPSI 2009-2014
1. Program Rutin
a. Halal bi halal setiap tahunnya
b. Acara Tahun Baru Bersama
c. Membuat media komunikasi Buletin IKAPSI

2. Program Jangka Pendek
a. Lokakarya maupun seminar
b. Pelatihan yang berkesinambungan
seperti keterampilan dan wira usaha
c. Pemberian santunan beasiswa

3.Program Jangka Panjang
a. Pulang bersama melalui program Martabe
b. Pekan Raya Seni dan Budaya
c. Pergantian Pengurus periode 2014-2019

Kerinduan kami para pengurus adalah turutnya teman-teman bergabung bersama kami di IKAPSI untuk secara bersama-sama memberikan sumbagsaran dan pemikiran untuk kemajuan Sipirok yang kita cintai di berbagai aspek kehidupan.

Mari kita wujudkan bersama kerinduan dan kecintaan akan Sipirok dengan aksi yang nyata. Sipirok dapat berkembang dan maju jika lintas generasi yang diperantauan memilik sence of belonging terhadap Sipirok.
Jadi antong akka dongan, keta hita margandeng tangan na laho pamajuhon huta Sipirok.

Salam/Wassalam,

BANGUN SIREGAR, SH/Sekretaris1 IKAPSI

Horas tondi madingin pir tondi matogu…!

ile baya… muda bulan puaso, habis mangan sahur mardalan-dalan ma hai tu aek milas sosopan….!!!! muda marbatu jambu na di topi dalan, nadi haroroan tu aek mials i, rap mambotal ma hai dohot remaja mesjid ni masojid Al-munawwir… habis i baru marpimpong di samping ni masojid Al-munawwir,,,,, mulak tu bagas langsung modom…. dipalambok lambok ma pamatang i, aso tanna na puaso padahal ma mambotal do di aek milas nakkin… hhhhmmmmm…….!!! sungguh asyik hidup ne…!!! andai bisa waktu di putar ulang…!!!!

HORAS,
Tu sude dongan2ku alumni SDN 1 SIPIROK ANGKATAN 92;marni rngkt+winarni+gadis+reni+erni+hanna+roni rahmat+roni “lalla”+gunawan+resti+barita+kornelia+fitri+mastiadin+anna leli+halim+andri “tantara botik”+andri p+nikmat+anti toko bata+sulvia..ma lupa au da goar2 na.pokok i mis yu all lah

buat murid2ku angktan 2005, SMAN 2 PLUS jg AKUNTANSI 1/2 SMKN 1 SIPIROK sukses slalu mnyertai langkah kalian smua to be a better person. MISS U

BBBBBBBBBBBBBBBBBOOOOOOOOOOOOOO…………HORAS TU ANGKA KOUM2 DOHOT KA HANGGI….KONGSI. BOTI DOHOT SUDE KOUM NA ADONG DISIPIROK NON …SEHAT DO HAMU..? SEHAT..RAP MAR TARIMO KASIH MA HITA TU TUHAN NI…ARA NA LEK DILEHEN DOPE NA DIHITA KESEHATAN DOHOT HASONANGAN NI ROHA ….HORAS..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 445,715 hits

Arsip

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: