batak itu keren

Ini Tarutung, Lae…..

Posted on: 5 September, 2008

Selama bulan Juni lalu saja, maling yang lihai itu sukses besar menggulung kabel Telkom sepanjang 1,4 kilometer. Sebuah prestasi yang sungguh “mengagumkan”. Pasalnya, bukan perkara gampang melepaskan kabel sepanjang itu dari ikatan di tiang-tiang tinggi, yang berjajar di sepanjang jalan raya yang cukup ramai.

Oleh : Raja Huta

JANGANLAH kalian anggap remeh Tarutung. Biarpun tergolong kota kecil, Tarutung tak kalah sangar dengan kota metropolitan, khususnya dalam perkara vandalisme dan pencurian fasilitas umum.

Kalau di Jakarta maling-maling kelas kutu kupret hanya berani mencolok-colok boks telepon umum untuk mencuri uang logam di dalamnya, pencuri di Tarutung luar bisa nekadnya, menggulung kabel telepon yang membentang di udara terbuka. Jangan tanya modus operandinya, karena polisi setempat sudah duluan penasaran, dan PT Telkom pun pusing tujuh keliling.

Siapa yang tidak pusing kalau terus-terusan “diajak” martulpe (main petak umpet) oleh si pencuri. Dan saking penasaran, lantaran selalu kalah dalam “perang gerilya” dengan maling yang tampaknya tak pernah tidur itu, kepolisian setempat dan PT Telkom sampai memberlakukan Siaga Satu.

.“Bahkan sampai dini hari kami sudah siapkan petugas untuk menjaga seluruh lintasan kabel yang dicurigai bisa jadi sasaran pencuri,” kata Jisman Siahaan, Koordinator SPV Plasa PT Telkom Tarutung.

Ternyata, tetap saja masih kecolongan. Selama bulan Juni lalu saja, maling yang lihai itu sukses besar menggulung kabel Telkom sepanjang 1,4 kilometer. Sebuah prestasi yang sungguh “mengagumkan”. Pasalnya, bukan perkara gampang melepaskan kabel sepanjang itu dari ikatan di tiang-tiang tinggi, yang berjajar di sepanjang jalan raya yang cukup ramai.

Memang, kabel sepanjang 1,4 kilometer itu raibnya tidak sekali pukul, tapi dibagi dalam enam termin. Termin pertama pada 5 Juni, hilang sepanjang 250 meter. Kemudian pada 14 Juni sepanjang 300 meter.

Tanggal 27 Juni terjadi sampai dua kali pencurian dengan total kehilangan 650 meter. Esok harinya raib lagi 100 meter. Dan pada termin keenam, tanggal 29 Juni 2008 dini hari, saluran komunikasi yang sangat vital itu kembali “disunat” sepanjang 100 meter .

Jisman Siahaan menjelaskan kepada harian SIB, masalah itu sudah dilaporkan ke Polsek Sipoholon, namun sampai saat ini belum ada pelaku yang tertangkap.

“Akibat hilangnya kabel udara itu pelanggan PT Telkom di Silangkitang dan Perumnas Sipoholon jadi terganggu. Kita harapkan, demi pelayanan yang baik kepada masyarakat, PT Telkom akan segera memperbaikinya,” ujarnya.

Pihaknya bersama aparat Polres Taput akan terus melakukan penyelidikan siapa-siapa pelaku pencurian kabel Telkom tersebut. Masyarakat di kecamatan Sipoholon dihimbau agar ikut memperhatikan orang-orang yang dicurigai di sepanjang lintasan kabel udara milik PT.Telkom.

Bah, sudah betul-betul merasa tak berdaya rupanya BUMN yang satu ini, sampai-sampai minta tolong masyarakat ikut menjaga barang miliknya. Bisa-bisa nanti masyarakat sana nyeletuk,”Ini Tarutung, Lae : Jagalah Sendirilah Kabel Telepon Kau.”

===============================================================================

http://www.tobadreams.wordpress.com

13 Tanggapan to "Ini Tarutung, Lae….."

Garangma na mambuat i ate … …
Ngeri kale … …

Kalau barang milik umum sampai dicuri, itu memang keterlaluan. Sarana komunikasi sangat penting saat ini, dan kalau kabel Telkom di curi, wah itu namanya sudah parah..
Parahnya, berarti tingkat kehidupan ekonomi sudah semakin sulit, sampai kabel telpon dicuri.. (Mungkin, karena sudah tidak makan, terpaksa curi kabel).

Atau pencurinya sudah semakin terorganisir?? (kalau begini, curi kabel untuk foya-foya).

Ayo pak polisi, gimana, kok katanya belum bisa tangkap pencuri kabel .

Tak terbayangkan olehku cem mana silap mata langsung gotap itu kabel2 :-D
Sementara adong na manjaga di toru, boi di putus nasida di toru *ketawa ngakak mode is ON*

Haha…..

ketawa asli gue membaca artikel ini !
Gimana pula PT Telkom Tarutung ingin mengharapkan kerjasama warga di Taput untuk menjaga barang kabel-kabel milik BUMN, …wong orang warga di Tarutung kebanyakan maling gitu !!!
Walaupun dijulukin kota “Salib”

Buktinya ikan kami aja ditambak di Huta masih sering Hilang dan beberapa Ayam ternak dicuriin orang ndak jelas…ntah siapa… :D

Kalau memang mereka (PT Telkom-red) yang korupsi sendiri kabelnya, jangan sok sok an menuduh dan mencurigai warga setempat dong… (maling teriak maling, kan udah biasa di negara ini)

Horasma,
Hutabarat / Medan

Dari segi keberanian, malingnya ini memang sangat menakjubkan. Tapi tetap aja perbuatan ini sangat tidak terpuji. Karena mengganggu kepentingan umum dan merugikan negara. Ini menjadi “PR” buat pak Polisi.. Dari pada memabukkan diri supaya bisa malakin pengguna kendaraan di Tarutung, lebih baik cari malingnya.. dengan begitu citra Polisi bisa terangkat kembali..

@ GORGA art photography
@ parlobutala
@ partalitoruan
@ Hutabarat

memang ngeri kalee bah. hurasa boi do pasudaon ni panangko kabel i Salib Kasih…

@ Farida Simanjuntak

sayangnya Ito, polisi di sana paling malas mengerjakan “PR” hehehe….

Horass………………

saya sangat terkesan dengan kota Tarutung, soalnya aku terlahir di Sumatra Utara, di Garoga.
Mungkin anda tau nama Kampung Garoga, setiap saya pergi ke Salib Kasih saya langsung mau menangis

si panakko dang puna telepon kabel antong di jabuna. jadi dang merasa rugi.

saya penduduk asli taruntung, dan lahir disana
mungkin malingnya bukan orang situ, objeknya aja kebetulan ada disana, jadi tidak bagus nuduh sembarangan…..ok!!!!!

Akh….polisi-polisi disana aja yang BEGO2, kalau TIDAK MAMPU nangkap itu “panakko2 kabel” ya udah pensiun dini aja lah.

hebat juga tu maling. bisa ngambil kabel sepanjang itu. di tempat terbuka pula

Mantap x lah itu maling, ntar kapan-kapan aq mau minta tolong aja diajarin gimana rahasianya!!!!!!! mana tau tiang teleponny juga bisa di embat, khan lumayan???

mantaplah tu maling LAE…
biarpun mantap, kita harus berantas juga
terlebih di Daerah kita Tapanuli Utara………..

kalo seperti di kota-kota sana tu bukan urusan kita…

kalo speperti di medan….
pencurian dah agak kurang memang….

Hidup kota TARUTUNG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 442,027 hits

Arsip

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: